PENGUJIAN USABILITY WEBSITE TIME EXCELINDO MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (sTUDI KASUS: WEBSITE TIME EXCELINDO)

Danar Wahyu Ramadhan


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jipi.v4i2.977

Abstract


Pengujian usability website Time Excelindo menggunakan System Usability Scale (SUS) merupakan penelitian aksi yang bertujuan untuk mengukur tingkat kebergunaan (usability) dari website Time Excelindo.  Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan akan dianalisa lebih jauh lagi untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan website untuk meningkatkan usability. Pengujian dilakukan dengan menggunakan kuesioner SUS yang berisi 10 pernyataan dan menggunakan skala Likert untuk jawabannya.

Pengujian dilakukan 2 tahap, pengujian pertama dengan menggunakan kuesioner SUS untuk mengukur tingkat usability website. Dari hasil pengujian pertama kemudian dianalisa untuk menghasilkan rekomendasi perbaikan. Pengujian kedua menggunakan kuesioner SUS yang telah diberikan perlakuan dengan menambahkan hasil rekomendasi pada pernyataan yang ada.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah website Time Excelindo memiliki usability yang masih dapat diterima. Namun dengan diberikan rekomendasi perbaikan, mampu meningkatkan usability website lebih baik lagi.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 44 times
PDF View : 40 times