INTEPRETASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SIMBOL ARSITEKTUR MASJID AL-MIMBAR TULUNGAGUNG

Mochamad Rizqi Junianto
Ela Rolita Arifianti
Elby Putra Adrie Loho


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.8439

Abstract


Masjid Al Mimbar merupakan masjid tertua di Kabupaten Tulunga-gung yang berada di Desa Majan Kecamatan Kedungwaru. Akulturasi budaya tercermin pada bentuk arsitektur Masjid Al Mimbar. Kondisi ini merupakan implikasi perpaduan antara budaya Islam dan Jawa. Pengaruh Kesultanan Mataram yang kuat menjadikan masjid ini memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri. Keunikan tersebut ter-ungkap pada bentuk arsitektural dan interior masjid. Beberapa simbol unik memiliki maksud tetapi belum terungkap. Penerapan artificial intelligence sangat berpangaruh pada penelitian ini, karena melalui arti-ficial intelligence dapat diungkap makna dari simbol-simbol yang ada pada masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol-simbol apa saja yang ada di Masjid Al Mimbar dan makna apa yang terkan-dung didalamnya melalui intepretasi artificial intelligence. Penelitian bertujuan agar pengguna dapat mengetahui pesan yang disampaikan melalui sebuah karya arsitektur. Simbol dan makna ini sebagai bentuk kekayaan Arsitektur Nusantara dan dapat diaplikasikan pada desain bangunan baru. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskripsi kualitatif agar mendapatkan gambaran yang utuh atas masalah yang diidentifikasi. Menggunakan data spasial, data literatur, data hasil wa-wancara dan hasil penafsiran artificial intelligence yang akan dianalisis dan ditarik kesimpulan. Penelitian mengungkan bahwa artificial intelli-gence dapat menyampaikan simbol-simbol yang ada pada masjid. Makna simbol tersbut merupakan pesan sosial dan tuntunan dalam berkehidupan. Penggunaan elemen alam dan geometri dipilih agar tid-ak mengandung aspek figuritatif. Artificial intelligence mampu mengintepretasikan sebagian makna, namun masih dijumpai bias ka-rena keterbatasannya menangkap hal detail dan esensial

Keywords


-

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Rofiq, Aunur. 26 Januari 2023. Raden KH Khasan Mimbar dan Kisah Bersejarah Masjid Tertua di Tulungagung. Malang Times. https://www.malangtimes.com/baca/89844/20230126/093300/raden-kh-khasan-mimbar-dan-kisah-bersejarah-masjid-tertua-di-tulungagung

Septiadarma, Dhita. 8 Oktober 2021. Masjid Al Mimbar Tulungagung, Jadi Saksi Penyebaran Islam di Kabupaten Tulungagung. Koran memo. https://www.koranmemo.com/tulungagung/pr-1921374283/masjid-al-mimbar-tulungagung-jadi-saksi-penyebaran-islam-di-kabupaten-tulungagung?page=2

Hildayanti, A. (2023). Studi Transfigurasi Masjid melalui Periodisasi Pembangunan Masjid di Indonesia. Jurnal Lingkungan Binaan Indo-nesia, 12(2), 72-84.

Firmansyah, M. A., & Arfianti, A.(2023). Kajian Tampilan Arsitektur Simbolik pada Taman Budaya Jawa Timur. ARSITEKTURA, 21(2), 227-236.

Rozat, I. M. S. (2024). Bentuk dan Makna Simbolik Ragam Hias Pada Mihrab Masjid Besar Kanjeng Sepuh Sidayu. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(5), 138-143.

Husain, Z. A. F., Pratiwi, N., & Abdul, N. N. (2023). Penerapan Arsitektur Simbolis Dalam Perancangan Rumah Sakit Bedah Plastik Dan Estetika Di Kota Gorontalo. JAMBURA Journal of Architecture, 5(1), 40-44.

Saidi, N. N. H., Rosdi, N. M., & Jamal, D. H. D. (2021). Simbol pada Rekabentuk Masjid Muhammadi, Kota Bharu, Kelantan: Satu Penelitian Awal. International Journal of Creative Future and Heritage (TENIAT), 9(1), 94-108.

Xu, L., Hutter, A., & Liu, Y. (2024). Architectural semiotics in the renovation of rural architecture. Pollack Periodica.

Junianto, M Rizqi. Saputra, Wahyu. Saputri, Diyah A, dkk. (2024). Arsitektur Nusantara (Memahami Arsitektur Tradisional Indonesia). Padang: Get Press Indonesia.

Wibawa, M., Sunarmi, S., & Soewarlan, S. (2024). Transformasi Digital Sebagai Strategi Kenusantaraan Warisan Budaya: Studi AI Pada Kereta Kencana Paksi Naga Liman. MAVIS: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 6(01), 1-11.

Satwiko, P. (2021). Peran Artifical Intelligence dalam Tahap Perencanaan dan Perancangan Desain Arsitektur. Universitas, 1(1).

Cao, J., Li, M., Wen, M., & Cheung, S. C. (2025). A study on prompt design, advantages and limitations of chatgpt for deep learning pro-gram repair. Automated Software Engineering, 32(1), 1-29.

Fuentealba Cid, L. J., de la Fuente Vázquez, A., & Rojas Morales, S. (2024). The art of prompts' formulation: Limitations, potential, and practical examples in large language models. Salud, Ciencia y Tecnología, 4(2)

Muktiono, A. (2020). Mengungkap pesan semiotika arsitektur rumah Si Pitung. IKRA-ITH Teknologi Jurnal Sains dan Teknologi, 4(1), 32-41.

Calaza-Martínez, P., Freire-González, N., & Blanco-Pampín, C. (2019). Sacred landscapes in Galicia: Small religious architecture and symbolism. Acta Horticulturae et Regiotecturae, 22(1), 8-13.

Durgut, İ., & Akalın, A. (2022). Ornament in Architecture: Symbol & Representation. DEPARCH Journal of Design Planning and Aesthet-ics Research, 1(1), 27-38.

Octavia, L. (2021). Jelajah Pemikiran Josef Prijotomo terhadap Arsitektur Nusantara (Tahun 1999-2020): Kajian Sejarah Pemikiran. ATRIUM: Jurnal Arsitektur, 7(2), 141-160.

Munro, T. (1970). Form and style in the arts. cleveland. Cleveland: Ohio: The Press of Case Western Reserve University.

Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jogja: Rake Sarasin

Tonkin-Crine, S., Anthierens, S., Hood, K., Yardley, L., Cals, J. W., Francis, N. A., ... & GRACE INTRO/CHAMP consortium. (2015). Discrepancies between qualitative and quantitative evaluation of randomised controlled trial results: achieving clarity through mixed methods triangulation. Implementation Science, 11(1), 66.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudisitus slot online