PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI SISTEM KOMPUTER MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS IX SMP

Minggar Putra Dhea Ramadhan - [ https://orcid.org/0009-0001-0359-4241 ]
Heru Wahyu Herwanto
Eka Rakhmawati Wardhani


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.8028

Abstract


Penelitian ini berupaya untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada materi sistem komputer untuk siswa kelas IX SMP. Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu dengan adanya kesulitan peserta didik dalam me-mahami konsep sistem komputer yang bersifat abstrak dan kurangnya media visual yang konkret dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memanfaatkan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu : analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa aplikasi AR yang menampilkan objek tiga di-mensi (3D) perangkat sistem komputer yang dapat diakses melalui smartphone dan dilengkapi dengan fitur interaktif. Validasi melibatkan ahli materi dan media, serta uji coba yang dilakukan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil validasi pada penelitian ini menunjuk-kan bahwa media ini sangat valid dan dapat digunakan tanpa adanya revisi, dengan nilai rata-rata validasi 90,5%. Nilai skor ini termasuk da-lam kategori sangat layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil tersebut dihasilkan dengan berdasar-kan hasil berikut : (1) persentase dari ahli materi sebesar 91,25%, (2) persentase dari ahli media sebesar 95,83%, (3) persentase dari hasil uji coba kelompok kecil sebesar 89,51%, dan (4) persentase dari uji coba kelompok besar memperoleh skor sebesar 85,35%, berdasarkan hasil tersebut maka semuanya dapat dikategorikan sebagai sangat layak dan valid. Maka dengan itu, media pembelajaran berbasis AR dapat menjadi solusi inovatif dalam menyampaikan materi sistem komputer secara lebih interaktif, konkret, dan menarik bagi peserta didik.

Keywords


Augmented Reality, ADDIE, media pembelajaran, sistem komputer

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


I. Prameswara and D. A. Pramudita, “Perbandingan Pendekatan Computer Science Unplugged dan Plugged-In Learning pada Pembelajaran Informatika,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 28–35, Jun. 2024, doi: 10.29408/edumatic.v8i1.25058.

Y. P. Anggermawan, W. Sukmo Wardhono, and A. Suharsono, “PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN INFORMATIKA MATERI SISTEM KOMPUTER DAN KOMPONEN PENYUSUNNYA DENGAN MODEL PENGEMBANGAN BORG & GALL (STUDI KASUS: SMA),” 2017. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

S. Hutabarat, Hanifah Nur Nasution, and Ahmad Zainy, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA,” Jurnal Vinertek Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, vol. 4, no. 1, 2024.

A. Shofiyuddin, P. A. R. Devi, and A. Muthi’uddin, “PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) MATERI HAJI DAN UMRAH FASE D,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pem-belajaran Informatika), vol. 9, no. 4, pp. 2499–2510, Dec. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.7046.

S. Djafar and D. Novian, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Pengembangan Media Pembelaja-ran Perangkat Keras Komputer,” JAMBURA JOURNAL OF INFORMATICS, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.37905/jji.v2i2.10440.

Tohir Ahmad, Fitriah Handayani, Ria Sulistiana, Vandan Wiliyanti, Teguh Arifianto, and Liza Husnita, “ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 7, pp. 8096–8102, Jun. 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132.

A. F. Ramadhan, Ade Dwi Putra, and Ade Surahman, “APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), Jun. 2021.

Mf. Adnan, P. Sonang Siregar, and S. Rokania, “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR,” 2020. [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu

Y. Dela Carolina, “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, pp. 10–16, Oct. 2022, doi: 10.51169/ideguru.v8i1.448.

Hariyono, “Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkat-kan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa,” Nov. 2023. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894.

D. Yulianto, A. Fitriansyah, H. Herman, and M. I. Prasasti, “Pembuatan Aplikasi Berbasis Augmented Reality se-bagai Media Edukasi Virus secara Atraktif dan Interaktif,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran In-formatika), vol. 9, no. 4, pp. 1789–1798, Nov. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.5478.

L. Siva Fauziyah, Sugiman, and Detalia Noriza Munahefi, “Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Me-dia Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasion-al Matematika, Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2024, pp. 936–943. [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

A. Febriyanto, R. M. H. Bhakti, and P. Wahyuningsih, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA LANGIT DI SMP N 1 TANJUNG,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4996.

Sugiarso B. A. et al., “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 7, pp. 4999–5004, Apr. 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27550.

S. Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

M. Rahman, “Perancangan Augmented Reality Perangkat Jaringan sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Designing Augmented Reality for Network Devices as an Android-based Learning Medium,” Dec. 2023.

Q. T. Setiawan, Galih Yudha Saputra, and Fahmi Romisa, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reali-ty Berbasis Android Pada Materi Perangkat Keras Komputer,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sep. 2024.

A. Subagiyo et al., “Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Nov. 2023, doi: 10.5281/zenodo.10210117.

Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &. D. 2015.

G. Y. Abdillah, S. Andryana, and Agus Iskandar, “AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER DENGAN FAST CORNER DAN NATURAL FEATURE TRACKING,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), Dec. 2020.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudi