PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) PADA MATERI SISTEM KOMPUTER MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS IX SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
I. Prameswara and D. A. Pramudita, “Perbandingan Pendekatan Computer Science Unplugged dan Plugged-In Learning pada Pembelajaran Informatika,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 28–35, Jun. 2024, doi: 10.29408/edumatic.v8i1.25058.
Y. P. Anggermawan, W. Sukmo Wardhono, and A. Suharsono, “PENGEMBANGAN E-MODUL MATA PELAJARAN INFORMATIKA MATERI SISTEM KOMPUTER DAN KOMPONEN PENYUSUNNYA DENGAN MODEL PENGEMBANGAN BORG & GALL (STUDI KASUS: SMA),” 2017. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
S. Hutabarat, Hanifah Nur Nasution, and Ahmad Zainy, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA,” Jurnal Vinertek Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, vol. 4, no. 1, 2024.
A. Shofiyuddin, P. A. R. Devi, and A. Muthi’uddin, “PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) MATERI HAJI DAN UMRAH FASE D,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pem-belajaran Informatika), vol. 9, no. 4, pp. 2499–2510, Dec. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.7046.
S. Djafar and D. Novian, “Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Pengembangan Media Pembelaja-ran Perangkat Keras Komputer,” JAMBURA JOURNAL OF INFORMATICS, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.37905/jji.v2i2.10440.
Tohir Ahmad, Fitriah Handayani, Ria Sulistiana, Vandan Wiliyanti, Teguh Arifianto, and Liza Husnita, “ANALISIS PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PROSES PEMAHAMAN PEMBELAJARAN,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 7, pp. 8096–8102, Jun. 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30132.
A. F. Ramadhan, Ade Dwi Putra, and Ade Surahman, “APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY (AR),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), Jun. 2021.
Mf. Adnan, P. Sonang Siregar, and S. Rokania, “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR,” 2020. [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu
Y. Dela Carolina, “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, pp. 10–16, Oct. 2022, doi: 10.51169/ideguru.v8i1.448.
Hariyono, “Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran Ekonomi: Inovasi untuk Meningkat-kan Keterlibatan dan Pemahaman Siswa,” Nov. 2023. doi: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2894.
D. Yulianto, A. Fitriansyah, H. Herman, and M. I. Prasasti, “Pembuatan Aplikasi Berbasis Augmented Reality se-bagai Media Edukasi Virus secara Atraktif dan Interaktif,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran In-formatika), vol. 9, no. 4, pp. 1789–1798, Nov. 2024, doi: 10.29100/jipi.v9i4.5478.
L. Siva Fauziyah, Sugiman, and Detalia Noriza Munahefi, “Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Me-dia Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual,” in PRISMA, Prosiding Seminar Nasion-al Matematika, Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2024, pp. 936–943. [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
A. Febriyanto, R. M. H. Bhakti, and P. Wahyuningsih, “IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BENDA LANGIT DI SMP N 1 TANJUNG,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, Aug. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i3.4996.
Sugiarso B. A. et al., “PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DALAM MENYAJIKAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 7, pp. 4999–5004, Apr. 2024, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.27550.
S. Akbar, Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
M. Rahman, “Perancangan Augmented Reality Perangkat Jaringan sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Designing Augmented Reality for Network Devices as an Android-based Learning Medium,” Dec. 2023.
Q. T. Setiawan, Galih Yudha Saputra, and Fahmi Romisa, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reali-ty Berbasis Android Pada Materi Perangkat Keras Komputer,” PETIK : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Sep. 2024.
A. Subagiyo et al., “Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Nov. 2023, doi: 10.5281/zenodo.10210117.
Sugiyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R &. D. 2015.
G. Y. Abdillah, S. Andryana, and Agus Iskandar, “AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER DENGAN FAST CORNER DAN NATURAL FEATURE TRACKING,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), Dec. 2020.