PEMANFAATAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KONVERSI BILANGAN BINER KELAS IX SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Siahaan, R. M., Sinaga, B., & Lubis, A. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis visualisasi pada materi logika matematika. Jurnal Pen-didikan Informatika dan Sains, 9(2), 45–52.
Sari, I. P., & Nugroho, B. S. (2021). Inovasi media pembelajaran berbasis visual untuk pembelajaran daring Informatika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 65–73.
Adhani, M. R., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh media visual terhadap pemahaman konsep sistem bilangan dalam pembelajaran Informatika. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 5(1), 34–42.
Mulyana, R., Firmansyah, R., & Kurniawan, B. (2020). Visualisasi materi sistem bilangan menggunakan media interaktif. Jurnal Informatika dan Pen-didikan, 12(1), 21–28.
Syahrial, M., & Prasetyo, T. (2023). Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran konversi bilangan pada jenjang SMP. Jurnal Pendidikan In-formatika Indonesia, 5(1), 17–25.
Kemendikbudristek. (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2022. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Nuraini, A., Rukayah, R., & Wibowo, A. (2023). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 55–63.
Rahayu, S., & Hidayat, A. (2021). Implementasi media berbasis kartu dalam pembelajaran logika matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(2), 101–109.
Fadilah, L., & Hartati, S. (2021). Pengembangan media flashcard untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 89–98.
Wulandari, T., & Pramudita, B. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis permainan terhadap pemahaman materi konversi bilangan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 6(2), 40–48.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Anggaraksa, Ardra Naufal. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Berbasis Kearifan Lokal Malang Melalui Media Google Site Pada Pembelajaran Daring Bagi Siswa Kelas 9 SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Brawijaya
Violensia. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bagi Mahasiswa BIPA 5 untuk Pembelajaran Daring. Tesis tidak diterbitkan. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta
Fauziyah, S., Ali, E. Y., & Ismail, A. (2024). Pengaruh fun learning berbantuan media flash card terhadap pemahaman konsep siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 1–10.