PEMANFAATAN FLASHCARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KONVERSI BILANGAN BINER KELAS IX SMP

Maghfiro Nuzula Fidinda Putri
Heru Wahyu Herwanto
Eka Rakhmawati Wardhani


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.8026

Abstract


Konversi bilangan biner merupakan salah satu materi dalam mata pelajaran informatika yang bersifat abstrak dan seringkali menimbulkan kesulitan pemahaman bagi peserta didik. Salah satu alternatif solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang konkret dan menarik, seperti flashcard. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard dalam pembelajaran konversi bilangan biner ke desimal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan angket skala Likert yang disebarkan ke ahli media, ahli materi, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan google form kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, dan 32 peserta didik kelas IX SMPN 16 Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa validator dan sebagian besar peserta didik memberikan respon positif terhadap penggunaan media flashcard. Persentase rata-rata hasil validator angket media sebesar 83,3%, hasil validator ahli materi 92,3%, dan respon peserta didik terhadap media mencapai lebih dari 90%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran konversi bilangan biner mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dan dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan pengalaman belajar peserta didik Dengan demikian, media flashcard layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran dalam memperkuat pemahaman konsep matematika digital seperti konversi bilangan.

Keywords


ADDIE;Flashcard;Konversi Bilangan Biner;Media Pembelajaran;RnD

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Siahaan, R. M., Sinaga, B., & Lubis, A. H. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis visualisasi pada materi logika matematika. Jurnal Pen-didikan Informatika dan Sains, 9(2), 45–52.

Sari, I. P., & Nugroho, B. S. (2021). Inovasi media pembelajaran berbasis visual untuk pembelajaran daring Informatika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(1), 65–73.

Adhani, M. R., & Wahyuni, S. (2022). Pengaruh media visual terhadap pemahaman konsep sistem bilangan dalam pembelajaran Informatika. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 5(1), 34–42.

Mulyana, R., Firmansyah, R., & Kurniawan, B. (2020). Visualisasi materi sistem bilangan menggunakan media interaktif. Jurnal Informatika dan Pen-didikan, 12(1), 21–28.

Syahrial, M., & Prasetyo, T. (2023). Penggunaan media interaktif dalam pembelajaran konversi bilangan pada jenjang SMP. Jurnal Pendidikan In-formatika Indonesia, 5(1), 17–25.

Kemendikbudristek. (2022). Laporan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2022. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Nuraini, A., Rukayah, R., & Wibowo, A. (2023). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 9(1), 55–63.

Rahayu, S., & Hidayat, A. (2021). Implementasi media berbasis kartu dalam pembelajaran logika matematika. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 9(2), 101–109.

Fadilah, L., & Hartati, S. (2021). Pengembangan media flashcard untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 89–98.

Wulandari, T., & Pramudita, B. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis permainan terhadap pemahaman materi konversi bilangan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar, 6(2), 40–48.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Anggaraksa, Ardra Naufal. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Teks Tanggapan Berbasis Kearifan Lokal Malang Melalui Media Google Site Pada Pembelajaran Daring Bagi Siswa Kelas 9 SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Brawijaya

Violensia. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bagi Mahasiswa BIPA 5 untuk Pembelajaran Daring. Tesis tidak diterbitkan. Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta

Fauziyah, S., Ali, E. Y., & Ismail, A. (2024). Pengaruh fun learning berbantuan media flash card terhadap pemahaman konsep siswa kelas V di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 1–10.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudi