EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN BOOKWIDGETS TERHADAP HASIL BELAJAR

Diah Ayu Ratnasari
Yusuf Hanafi
Cahyaning Pininta Kustia


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.7799

Abstract


Pembelajaran bermakna menuntut strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Di SMP Negeri 3 Malang, rendahnya minat belajar dan kesulitan siswa dalam memahami materi konseptual seperti Keamanan Data menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media interaktif BookWidgets dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe one group pretest-posttest pada 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil menunjukkan rata-rata nilai meningkat dari 72 (pretest) menjadi 93 (posttest), dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05) dan skor N-Gain sebesar 0,7742 (kategori tinggi). Model TGT efektif diterapkan karena mampu meningkatkan partisipasi aktif melalui kompetisi positif dan kerja sama kelompok, sementara BookWidgets membantu memperjelas materi kontekstual melalui visualisasi dan refleksi. Dengan demikian, penerapan model TGT berbasis BookWidgets terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keamanan Data

Keywords


learning, experiment, effectiveness, Coopera-tive Learning, Team Games Tournament, BookWidgets

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abidin, Z., Hartono, H., & Soegita, S. (2023). EFEKTIVITAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN G-SUITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 1095-1101.

Anwar, C. R., Febriati, F., Nur, E. A., Runniarsiti, R., Nurhikmah, N., Putri, A. A., ... & Usman, K. (2024). Inovasi Pendidikan di Era Digital: Menumbuhkan Karakter dan Literasi Siswa.

Artini, N. W. B., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas pengembangan E-LKPD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar materi tematik siswa kelas V sekolah dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36-45.

Erta, M. N., & Zuryanty. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 607-618.

Lestari, K. I., Rasiman, Hartati, & Januar, H. (2024). Pengaruh Model TGT Berbantuan Media Tarik Gambar Dalam Peningkatan Prestasi Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Tawangmas 01. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4, 33-39.

Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pem-rograman dasar di smk muhammadiyah 1 padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20-24.

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriyani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5, 85-100.

Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723-731.

Puspitasari, M., & Farahiba, A. S. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Permainan Edukasi Berbasis Bookwidgets Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(1), 90-95.

Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., ... & Togatorop, M. (2023). Metodologi penelitian pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81

Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidi-kan), 1(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sulhiyati, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(1), 20-28.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.

Syahrizal, H., & Jailani, M. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial, & Humaniora, 113-23.

Wahyudi, W. (2024). Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Sekolah Da-sar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(01), 88-97.