EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN BOOKWIDGETS TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abidin, Z., Hartono, H., & Soegita, S. (2023). EFEKTIVITAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN G-SUITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 1095-1101.
Anwar, C. R., Febriati, F., Nur, E. A., Runniarsiti, R., Nurhikmah, N., Putri, A. A., ... & Usman, K. (2024). Inovasi Pendidikan di Era Digital: Menumbuhkan Karakter dan Literasi Siswa.
Artini, N. W. B., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas pengembangan E-LKPD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar materi tematik siswa kelas V sekolah dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36-45.
Erta, M. N., & Zuryanty. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 607-618.
Lestari, K. I., Rasiman, Hartati, & Januar, H. (2024). Pengaruh Model TGT Berbantuan Media Tarik Gambar Dalam Peningkatan Prestasi Belajar IPAS Kelas V SD Negeri Tawangmas 01. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4, 33-39.
Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pem-rograman dasar di smk muhammadiyah 1 padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20-24.
Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriyani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5, 85-100.
Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723-731.
Puspitasari, M., & Farahiba, A. S. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Melalui Permainan Edukasi Berbasis Bookwidgets Bermuatan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(1), 90-95.
Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., ... & Togatorop, M. (2023). Metodologi penelitian pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81
Solihah, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidi-kan), 1(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Sulhiyati, S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 10(1), 20-28.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: CV Eureka Media Aksara.
Syahrizal, H., & Jailani, M. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial, & Humaniora, 113-23.
Wahyudi, W. (2024). Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Sekolah Da-sar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14(01), 88-97.