DEVELOPMENT OF LKPD BASED ON ETHNOPEDAGOGY OF SINGOSARI TEMPLE ON CULTURAL LITERACY
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Al-Fa’izah, Z., Rahayu, Y. ., & Hikmah, N. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.
Aliyah, E. Z., & Wiradimadja, A. (2023). Desember 2023 (15)2:260-276 Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang (Diterima 30-10-2023. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2023(15), 27–38. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS
Ana, M. K. S., & Mariana, N. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Bentuk Bangunan Masjid Al-Akbar Surabaya Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(4), 902–913.
Aprilia, C., & Farel, O. (2024). Korelasi Keterampilan Menyimak dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Payakumbuh. 8, 8018–8027.
Diba Catur Putri, F., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2167–2173. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Fauziyah, I., & Mariana, N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Bangun Datar Pada Cagar Budaya Balai Pemuda Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(9), 49–55.
Fitriyana, A., & Mariana, N. (2022). Etnomatematika Pada Bangunan Bersejarah Masjid Besar Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik Sebagai Konsep Geometri Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10, 2035–2046.
Hunaifi, A. A., & Zaman, W. I. (2025). Analisis Keberhasilan Sekolah Dalam Mengatasi Kesulitan dalam Mengoptimalkan Capaian Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. 5(2), 398–413.
Lestari, P., Dwijayanti, I., & Siswanto, J. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pbl Bermuatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Pada Peserta Didik Kelas V Sd. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 328–342. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.705
Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002
Nilasari, S. P. (2023). Pengembangan Buku Teks Berbasis Etnomatematika Masjid Agung Jawa Tengah.
Norhaliza, N., Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Banjar Materi Segiempat Dan Segitiga. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 5(2), 105–118. https://doi.org/10.36269/hjrme.v5i2.980
Permata, J. I., Budiarto, M. T., & Ekawati, R. (2021). Ethnomathematics : Geometry and Values from Architecture of the Radakng House in Sahapm Village. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 611(ICoESM), 495–499.
Rahimi, R., & Selian, S. (2022). Pengembangan bahan ajar menulis berbasis model pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas smp. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 120. https://doi.org/10.29210/30031680000
Robbi’atna, L., & Subrata, H. (n.d.). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kebraon 1/436 Surabaya 2515.
Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Guepedia.
Widyaningrum, R., & Izzati, L. N. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Critical Thinking pada Materi Nafsu Syahwat dan Ghadlab. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 271–295. https://doi.org/10.21154/maalim.v4i2.8365