PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BERWIRAUSAHA SANTRI DI ERA DIGITAL

Nur Habibah
Agus Suprijono
Muhammad Turhan Yani
Sarmini Sarmini


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.7212

Abstract


Perkembangan teknologi digital dan informasi dalam beberapa dekade terakhir telah memberikan dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu penerapan teknologi yang kini berkembang pesat dalam dunia pendidikan adalah penggunaan media berbasis teknologi, seperti video animasi, yang dapat memperkaya pengalaman belajar. Dalam konteks pendidikan kewirausahaan di pondok pesantren, video animasi berperan penting dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap materi kewirausahaan serta memotivasi mereka untuk berwirausaha. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri yang berlokasi di Sidoarjo, bertujuan untuk mengukur efektivitas video animasi motivasi bisnis dan kewirausahaan dalam meningkatkan literasi kewirausahaan di kalangan santri. Menggunakan metode survei dengan sampel 50 santri, hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas santri merasa video animasi sangat membantu dalam memahami materi kewirausahaan. Video animasi juga efektif dalam memotivasi santri untuk berwirausaha, dengan 83% santri merasa lebih termotivasi setelah menonton video tersebut. Selain itu, 80% santri menilai kewirausahaan sangat penting untuk masa depan mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video animasi merupakan media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pembelajaran kewirausahaan di pondok pesantren, serta dapat menjadi alternatif yang relevan untuk mempersiapkan santri menghadapi tantangan dunia usaha di masa depan.

Keywords


Media pembelajarn, pengalaman belajar, mo-tivasi bisnis, literasi kewirausahaan, teknologi informasi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


B. Stadlinger, S. Jepsen, I. Chapple, M. Sanz, and H. Terheyden, “Technology-enhanced learning: a role for video animation,” Br. Dent. J., vol. 230, no. 2, pp. 93–96, Jan. 2021, doi: 10.1038/s41415-020-2588-1.

Wulandari, Tiara Rani Santoso, Lakhmudin, Ratih Kumala Dewi, and Novita Sari, “Literasi Mahasiswa Mengenai Start up Business (Studi Kasus Di Universitas Nasional Karangturi Semarang),” Appl. Res. Manag. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.53416/arimbi.v1i1.53.

Suharyono, “Sikap Dan Perilaku Wirausahawan,” J. Ekon. Mod., vol. 10, no. 1, p. 38, 2017.

A. M. Syarofi, “Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Santri Melalui Ekonomi Kreatif dalam Menghadapi Tantangan Ekonomi Global (Studi di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Kota Malang),” Ekon. J. Ilmu Ekon. dan Stud. Pembang., vol. 17, no. 2, pp. 95–104, 2017, doi: 10.30596/ekonomikawan.v17i2.1793.

N. Kurnia, L. Asha, and A. Sahib, “Kepemimpinan Ketua Yayasan an-Naml Dalam Membentuk Usaha Kreatif Di Pondok Pesantren an-Naml Musi Rawas Utara,” J. Literasiologi, vol. 9, no. 4, pp. 83–96, 2023, doi: 10.47783/literasiologi.v9i4.544.

Suratno, F. Kohar, Rosmiati, and A. Kurniawan, “Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Media Sosial, Dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa/I Pada Smk Negeri 1 Kota Sungai Penuh,” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 1, no. 5, pp. 477–490, 2020, doi: 10.31933/jimt.v1i5.212.

A. S. M. Nur Hasan, “Model Pembelajaran Berbasis Pondok Pesantren dalam Membentuk Karakter Siswa (Penelitian pada Santri di Ponpes Raudhotut Tholibin Rembang),” J. Transform., vol. 12, no. 1, pp. 51–60, 2017.

N. A. Andrasari, Y. D. Haryanti, and A. Yanto, “Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru SD,” J. Kaji. Pendidik. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 36–44, 2022.

F. J. Lafau and E. S. Laoli, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Bawolato,” Idegusu J. Karya Ilm. Guru, vol. 10, no. 1, pp. 295–303, 2024.

L. Retnawati, F. Pratama, T. Widiartin, N. W. Karyanto, and A. K. Adisusilo, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya,” JPP IPTEK (Jurnal Pengabdi. dan Penerapan IPTEK), vol. 5, no. 1, pp. 35–44, 2021, doi: 10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700.

F. Ardhianti, “Efektifitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Naut. J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 1, p. 5, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/267023793.pdf

P. N. S. Hariarti, R. Lily, and S. Islamiani, “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa The Effect Of Using Animation Video Media On Student Responses In Mathematics Learning On Operating Number Of Round Numbers,” vol. 6, no. 1, pp. 18–22, 2020.

S. Dewi, E. Daningsih, and T. Titin, “Kelayakan Media Video Animasi Powtoon pada Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi Kelas X SMA dalam Pembuatan Biskuit Pisang Ambon Lumut,” Bioedusiana J. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 2, pp. 219–236, Dec. 2021, doi: 10.37058/bioed.v6i2.3160.

D. Seftiana and B. A. Delia, “Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Powtoon dan Game Interaktif Menggunakan Webside Oodlu Materi Pecahan Sederhana Kelas 3 Sekolah Dasar,” EduStream J. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 1, pp. 51–59, Dec. 2022, doi: 10.26740/eds.v5n1.p51-59.

R. Ayuni, R. Romadon, and A. I. Kusuma, “Pengembangan video animasi pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dasar,” JINoP (Jurnal Inov. Pembelajaran), vol. 8, no. 2, pp. 139–155, Nov. 2022, doi: 10.22219/jinop.v8i2.19462.

C. A. Sidarta and T. N. H. Yunianta, “Pengembangan Video Animasi Pola Konfigurasi Objek Untuk Pembelajaran Jarak Jauh,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 127–138, 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i2.p127-138.

A. Hita, A. F. A. Shifa, and M. R. M. Gumelar, “Peningkatan Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar,” Inov. Kurikulum, vol. 18, no. 1, pp. 115–127, Feb. 2021, doi: 10.17509/jik.v18i1.42680.

E. Mahayati, F. A. Firmansyah, K. K. Atok, S. R. Ariyanto, and F. Rozi, “Efektivitas Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Inov. dan Pembelajaran Fis., vol. 10, no. 1, pp. 102–108, 2023.

L. D. Putra, A. T. Assyifaningtyas, M. Jannah, and R. A. Pangestu, “Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Sarana Peningkatan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar,” NUSRA J. Penelit. dan Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 3, pp. 1616–1626, 2024.

V. F. Angela and D. Triadi, “Penggunaan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah pada Siswa SMA Isen Mulang Palangka Raya Kalimantan Tengah,” J. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 10, no. 2, pp. 441–451, Feb. 2022, doi: 10.47668/pkwu.v10i2.343.

A. T. Nugraha, A. Hidayat, and Ilyas, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Ekon. Akunt., vol. 5, no. 1, pp. 1–9, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/318

S. N. Laura and S. Sahronih, “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Bojongnegara,” PERISKOP J. Sains dan Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2022, doi: 10.58660/periskop.v3i2.36.

M. Cholik and S. T. Umaroh, “Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 8, no. 2, pp. 704–709, 2023, doi: 10.29100/jipi.v8i2.4121.

N. A. Pulungan, “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Video Animasi terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan,” J. Pembelajaran Dan Mat. Sigma, vol. 8, no. 2, pp. 562–568, 2022, doi: 10.36987/jpms.v8i2.3903.