PENGEMBANGAN APLIKASI TRYOUT BERBASIS KOMPUTER DI SMKN 1 POGALAN

EKA ADI FIRMANDA
Rikie Kartadie - [ http://orcid.org/0000-0003-1947-353X ]


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jipi.v4i1.711

Abstract


Ujian nasional (UN) menurut peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) 0031/BSNP/III/2015 tentang
Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah kegiatan pengukuran dan penilaian
pencapaian standar kompetensi lulusan SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA/SMAK/SMTK, SMALB, SMK/MAK secara nasional
meliputi mata pelajaran tertentu. UN dapat dilaksanakan dengan 2 (dua) cara. Pertama, UN dilaksanakan dengan mekanisme
secara tertulis atau Paper Based Test (PBT). Kedua, UN dapat dilaksanakan dengan mekanisme berbasis komputer atau yang
dikenal dengan Computer Based Test (CBT). Penelitian ini bermaksud untuk membuat sistem aplikasi tryout berbasis komputer yang dapat digunakan di sekolah penyelenggara ujian nasional berbasis komputer. Penelitian ini menggunakan metode
waterfall yakni, tahap analysis, design, implementasi, testing dan maintence. Langkah langkah dalam pembuatan produk ini
adalah mempersiapkan data data soal dan siswa dengan wawancara kepada guru, mendesain topologi aplikasi, membuat file
server virtual dan melakukan konfigurasi pada virtual server, memasang dan mengkonfigurasi moodle pada server, memasukkan data data kedalam server, uji media oleh ahli media pada aspek functionality, analisis hasil uji ahli media, uji kelompok
kecil pada aspek portability, analisis hasil uji kelompok kecil, uji lapangan pada aspek usability, analisis hasil uji lapangan,
analisis hasil dan revisi produk. Berdasarkan hasil pengujian diketahui : uji ahli media pada aspek functionality aplikasi
dinyatakan layak digunakan karena setiap fungsi berjalan dengan baik dan memperoleh skor 100%, uji kelompok kecil pada
aspek portability aplikasi juga dinyatakan layak digunakan karena dapat berjalan dengan baik pada beberapa komputer
dengan spesifikasi yang berbeda dan memperoleh skor 100%, uji lapangan pada aspek usability apl ikasi juga dinyatakan
layak untuk digunakan dengan perolehan skor 81%.


Full Text:

PDF

Article Metrics :

Abstract view : 80 times
PDF View : 55 times