PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) MATERI HAJI DAN UMRAH FASE D

Ahmad Shofiyuddin
Putri Aisyiyah Rakhma Devi
Ahmad Muthi'uddin


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.7046

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan modul berbasis teknologi augmented reality untuk materi haji dan umrah. Modul ini dirancang untuk membuat pembelajaran tentang Islam lebih interaktif dan menarik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada tahap Analisis, diidentifikasi kebutuhan dan permasalahan terkait literasi digital Islam di SMP Bojonegoro. Tahap Desain berfokus pada perancangan modul AR yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa. Fase Pengembangan melibatkan pembuatan dan pengujian modul AR dengan konten yang relevan. Pada tahap Pelaksanaan, modul dilaksanakan dalam kelas uji coba dengan lima siswa serta di kelas besar. Terakhir, tahap Evaluasi mengevaluasi hasil pelaksanaan modul berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan respon siswa. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penilaian materi oleh ahli materi mencapai 89,35%, penilaian media oleh ahli media mencapai 87,4%, dan respon mahasiswa dari kelas uji coba adalah 86,7%. Respon dari siswa kelas besar mencapai 81,4%, dengan persentase penilaian keseluruhan rata-rata 86,2%. Persentase ini menunjukkan bahwa modul AR yang dikembangkan cocok digunakan dan efektif dalam membantu siswa mempelajari materi haji dan umrah.

Keywords


Modul; Augmented Reality; Haji Umrah.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


N. K. Ilmawan Mustaqim, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY,” J. Edukasi Elektro, vol. 01, no. 01, pp. 36–48, 2017, doi: 10.17977/um034v29i2p97-115.

D. Anggara and R. M. Fahlevi, “Pembelajaran Agama Islam dengan Teknologi Augmented Reality untuk Kelompok Diniyah Anak,” Proc. Uin Sunan …, vol. 01, no. 50 (Desember), 2021, [Online]. Available: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/913

Y. Dela Carolina, “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 8, no. 1, pp. 10–16, 2022, doi: 10.51169/ideguru.v8i1.448.

M. Afdal, M. Irsyad, and F. Yanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Lapisan Permukaan Bumi Berbasis 3D,” J. Ilm. Rekayasan dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/4602/2861

Y. Vari and B. Bramastia, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa,” INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 2, p. 132, 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v10i2.57256.

A. Sewell, “Designing an Augmented Reality Learning Experience for Library Instruction as a Technology Novice,” Int. J. Des. Learn., vol. 14, no. 2, pp. 42–57, 2023, doi: 10.14434/ijdl.v14i2.34299.

P. Stobiecki, “Augmented reality – challenges and threats,” Ekon. Probl. Usług, vol. 131, no. 2, pp. 197–205, 2018, doi: 10.18276/epu.2018.131/2-19.

M. Zulfahmi and S. C. Wibawa, “Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa,” It-Edu, vol. 5, no. 1, pp. 334–343, 2020.

Fauziyah, Sugiman, and Munahefi, “Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 7, pp. 936–943, 2024, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/prisma

Y. Huda, E. Tasrif, R. E. Sari, R. Rahmi, and K. Costa, “Literature Review : Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pendidikan Kejuruan,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 9, no. 1, pp. 27–33, 2023.

M. S. Ahmad Shofiyuddin, Sukarman Purba, Muhammad Nurtanto Diah Puji Nali Brata, M. Masrid Pikoli, Maya Setia Priyadi, and J. S. Nobel Kristian Tripandoyo Tampubolon, Nuramila Nur Sakinah Aries, Nofita Lestariningsih, Sri Utami Julhim S. Tangio, Profesi Keguruan: Profil Guru di Era Society 5.0, vol. 7, no. 2. Yayasan Kita Menulis, 2024. [Online]. Available: https://kitamenulis.id/2024/11/01/profesi-keguruan-profil-guru-di-era-society-5-0/

N. E. A. N. Janner Simarmata, Salamun, Sukarman Purba, Mukmin Kartini Hutagaol, N. S. Yuannisah Aini Nasution, Budi Yusuf, Ria Candra Dewi Etriana Meirista, and S. K. Ahmad Shofiyuddin, Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Yayasan Kita Menulis, 2024.

J. S. Mitra Rahayu, Raudhah Awal and I. K. Nurhayati, Mangara Sihaloho, Nita Suleman, Ledy Nurlely Ahmad Shofiyuddin, Misran, Sutrisno Sadji Evenddy Muttaqin Choiri, Strategi Pembelajaran Interaktif di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2024.

N. Sugihartini and K. Yudiana, “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 277–286, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.

A. Rachma, Tuti Iriani, and S. S. Handoyo, “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 08, pp. 506–516, 2023, doi: 10.58812/jpdws.v1i08.554.

A. Rofi et al., “Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa,” vol. 6, no. 1, pp. 344–350, 2023, doi: 10.31949/jee.v6i1.4754.

M. Kusandi, “Strategi Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran SMK,” Adiba J. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 221–226, 2024, [Online]. Available: https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/680

S. S. Darmansyah, S. K. A. Wibowo, and I. Fuady, “Analisis Citra Seksual pada Playable Characters Perempuan dalam Game Online Genshin Impact,” vol. 10, no. 2, pp. 151–162, 2024.

S. Abdullah and I. Noor, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Agama Islam,” J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 9, no. 204, pp. 1851–1862, 2024.

P. Inklusi et al., “Inovasi Media Augmented Reality Dalam Mengoptimalkan,” vol. 4, no. 5, pp. 878–885, 2024.