PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) MATERI HAJI DAN UMRAH FASE D
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
N. K. Ilmawan Mustaqim, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY,” J. Edukasi Elektro, vol. 01, no. 01, pp. 36–48, 2017, doi: 10.17977/um034v29i2p97-115.
D. Anggara and R. M. Fahlevi, “Pembelajaran Agama Islam dengan Teknologi Augmented Reality untuk Kelompok Diniyah Anak,” Proc. Uin Sunan …, vol. 01, no. 50 (Desember), 2021, [Online]. Available: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/913
Y. Dela Carolina, “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 8, no. 1, pp. 10–16, 2022, doi: 10.51169/ideguru.v8i1.448.
M. Afdal, M. Irsyad, and F. Yanto, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Lapisan Permukaan Bumi Berbasis 3D,” J. Ilm. Rekayasan dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/RMSI/article/view/4602/2861
Y. Vari and B. Bramastia, “Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa,” INKUIRI J. Pendidik. IPA, vol. 10, no. 2, p. 132, 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v10i2.57256.
A. Sewell, “Designing an Augmented Reality Learning Experience for Library Instruction as a Technology Novice,” Int. J. Des. Learn., vol. 14, no. 2, pp. 42–57, 2023, doi: 10.14434/ijdl.v14i2.34299.
P. Stobiecki, “Augmented reality – challenges and threats,” Ekon. Probl. Usług, vol. 131, no. 2, pp. 197–205, 2018, doi: 10.18276/epu.2018.131/2-19.
M. Zulfahmi and S. C. Wibawa, “Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa,” It-Edu, vol. 5, no. 1, pp. 334–343, 2020.
Fauziyah, Sugiman, and Munahefi, “Transformasi Pembelajaran Matematika melalui Media Augmented Reality: Keterlibatan Siswa dan Pemahaman Konseptual,” Prism. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 7, pp. 936–943, 2024, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Y. Huda, E. Tasrif, R. E. Sari, R. Rahmi, and K. Costa, “Literature Review : Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pendidikan Kejuruan,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 9, no. 1, pp. 27–33, 2023.
M. S. Ahmad Shofiyuddin, Sukarman Purba, Muhammad Nurtanto Diah Puji Nali Brata, M. Masrid Pikoli, Maya Setia Priyadi, and J. S. Nobel Kristian Tripandoyo Tampubolon, Nuramila Nur Sakinah Aries, Nofita Lestariningsih, Sri Utami Julhim S. Tangio, Profesi Keguruan: Profil Guru di Era Society 5.0, vol. 7, no. 2. Yayasan Kita Menulis, 2024. [Online]. Available: https://kitamenulis.id/2024/11/01/profesi-keguruan-profil-guru-di-era-society-5-0/
N. E. A. N. Janner Simarmata, Salamun, Sukarman Purba, Mukmin Kartini Hutagaol, N. S. Yuannisah Aini Nasution, Budi Yusuf, Ria Candra Dewi Etriana Meirista, and S. K. Ahmad Shofiyuddin, Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Yayasan Kita Menulis, 2024.
J. S. Mitra Rahayu, Raudhah Awal and I. K. Nurhayati, Mangara Sihaloho, Nita Suleman, Ledy Nurlely Ahmad Shofiyuddin, Misran, Sutrisno Sadji Evenddy Muttaqin Choiri, Strategi Pembelajaran Interaktif di Era Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2024.
N. Sugihartini and K. Yudiana, “Addie Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (Mie) Mata Kuliah Kurikulum Dan Pengajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 2, pp. 277–286, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892.
A. Rachma, Tuti Iriani, and S. S. Handoyo, “Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 08, pp. 506–516, 2023, doi: 10.58812/jpdws.v1i08.554.
A. Rofi et al., “Implementasi Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa,” vol. 6, no. 1, pp. 344–350, 2023, doi: 10.31949/jee.v6i1.4754.
M. Kusandi, “Strategi Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran SMK,” Adiba J. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 221–226, 2024, [Online]. Available: https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/680
S. S. Darmansyah, S. K. A. Wibowo, and I. Fuady, “Analisis Citra Seksual pada Playable Characters Perempuan dalam Game Online Genshin Impact,” vol. 10, no. 2, pp. 151–162, 2024.
S. Abdullah and I. Noor, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Agama Islam,” J. Ekon. dan Perbank. Syariah, vol. 9, no. 204, pp. 1851–1862, 2024.
P. Inklusi et al., “Inovasi Media Augmented Reality Dalam Mengoptimalkan,” vol. 4, no. 5, pp. 878–885, 2024.