PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF AYO MENGANALISIS TUMBUHAN (ALTUM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Rohatul Fikriyah Safira
Yoyo Zakaria Ansori
Dede Salim Nahdi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.6318

Abstract


Kemampuan berpikir kritis penting untuk dikuasai pada abad 21, tetapi proses pembelajaran belum sepenuhnya mengintegrasikan pengembangan kemampuan berpikir kritis sehingga menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu yang menjadi kendala adalah kurangnya variasi media pembelajaran, bersifat monoton, dan kurang interaktif. Inovasi media digital multimedia interaktif dapat dijadikan alternatif solusi untuk menunjang pengembangan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif Ayo Menganalisis Tumbuhan (Altum) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan dan fotosintesis. Model pengembangan ADDIE mencakup Analysis, Development, Design, Implementation, dan Evaluation digunakan dalam penelitian ini. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi, lembar angket respons, dan butir soal berupa pretest-posttest. Hasil perolehan skor validitas sebesar 90,5% dari ahli materi dan 88,61% dari ahli media tergolong sangat valid. Sementara itu, hasil perolehan skor kepraktisan respons guru sebesar 81,15% dan siswa 85,97% tergolong sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor N-Gain 0,51 tergolong pada peningkatan sedang. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah menggunakan multimedia interaktif.

Keywords


Berpikir Kritis; Ilmu Pengetahuan Alam; Multimedia Interaktif

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat, and A. Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang, vol. 1, pp. 263–278, 2016.

E. Komara, “Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21,” SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, vol. 4, no. 1, pp. 17–26, 2018.

A. Aoife, D. Caroline, M. Ciaran, O. J. J, and P. Daniella, “A Literature Review of Critical Thinking in Engineering Education,” Studies in Higher Education, vol. 44, pp. 816–828, 2019.

D. Daniela, B. Dragos, E. Jan, A. Aoife, M. Ciaran, and O. J. J, “A European Review on Critical Thining Educational Practices in Higher Education Institutions,” Repository UTAD, 2018.

H. David, Critical Thinking, Fall 2018. Stanford University, 2018.

D. F. Halpern and D. S. Dunn, “Critical Thinking: A Model of Intelligence for Solving Real-World Problems,” Journal of Intellegence, vol. 9, no. 22, pp. 1–7, 2021.

X. Ren, Y. Tong, P. Peng, and T. Wang, “Critical Thinking Predicts Academic Performance beyond General Cognitive Ability: Evidence from Adults and Children,” Intelligence, vol. 82, p. 101487, 2020.

D. Gunawan, S. Sutrisno, and M. Muslim, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis,” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 11, no. 2, p. 249, Jul. 2020.

B. T. Miller et al., “Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education,” Journal of Intellegence, vol. 11, no. 54, pp. 1–32, 2023.

M. Solikhin and A. N. M. Fauziah, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA saat Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19,” Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 188–192, 2021.

Kemendikbudristek, Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta: Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2022.

H. Norrizqa, “Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, pp. 147–154, 2021.

P. Wahyuningsih and S. Fatonah, “Analisis Berkomunikasi dalam Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI di SDN 2 Negerikaton Pesawaran Lampung,” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian dan Pendidikan, vol. 8, no. 1, pp. 1–22, 2021.

S. Handayani, Suarni, and Arnyana, “Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD,” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, vol. 5, no. 1, pp. 12–22, 2021.

OECD, PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. Paris: OECD Publishing, 2023.

Y. R. Kurniasari and Y. Setyaningsih, “Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Mengadaptasi California Critical Thinking Skills Test pada Siswa Sekolah Dasar,” Lingua Didaktia: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa, vol. 14, no. 2, pp. 144–160, 2020.

Sarwanto, L. E. W. Fazari, and Chumdari, “Critical Thinking Skills and Their Impacts on Elementary School Students,” Malaysian Journal of Learning and Instruction, vol. 18, no. 2, pp. 161–188, 2021.

D. R. N. Jannah and I. R. W. Atmojo, “Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 1, pp. 1064–1074, 2022.

E. Wahyuni and Y. Fitria, “Media Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Siswa Sekolah Dasar,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 5116–5126, 2023.

F. Z. Firdaus, S. Suryanti, and U. Azizah, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 3, pp. 681–689, May 2020.

S. Sagita, W. Syahri, and Syamsurizal, “Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Laju Reaksi,” UNESA: Journal of Chemical Education, vol. 10, no. 3, pp. 268–273, 2021.

S. A. Hamdani, E. C. Prima, R. R. Agustin, S. Feranie, and A. Sugiana, “Development of Android-based Interactive Multimedia to Enhance Critical Thinking Skills in Learning Matters,” Journal of Science Learning, vol. 5, no. 1, pp. 103–114, Mar. 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta, 2023.

R. M. Branch, Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer, 2009.

S. F. Idris and H. Y. Suhendi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ‘GEMBI’ untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” DIFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, vol. 5, no. 1, pp. 24–36, 2023.

P. A. Facione, Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. 2020.

M. F. Mumtaza and Zulfiani, “Development of Student Worksheets Based on Science Process Skills on Excretory System Concepts,” JPPIPA: Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 9, no. 1, pp. 265–272, 2023.

W. Aulia and Mintohari, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 11, no. 1, pp. 220–234, 2023.

R. Ramadhani and N. Izzati, “Keefektifan dan Kepraktisan Modul Dasar Pemrograman,” Journal of Mathematics Education and Science, vol. 6, no. 1, pp. 47–53, 2023.

A. Fitri, A. A. Rasa, A. Kusumawardhani, K. K. Nursya’bani, K. Fatimah, and N. I. Setianingsih, Buku Guru dan Siswa: Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbudristek, 2021.

H. D. Surjono, Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press, 2017.

R. E. Mayer, “Cognitive Theory and the Design of Multimedia Instruction: An Example of the Two-Way Street Between Cognition and Instruction,” New Directions for Teaching and Learning, no. 89, pp. 55–71, 2002.

W. Junita, “Penggunaan Mobile Learning sebagai Media dalam Pembelajaran,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, pp. 602–609, 2019.

R. G. P. Panjaitan, Titin, and E. S. Wahyuni, “Kelayakan Booklet Inventarisasi Tumbuhan Berkhasiat Obat sebagai Media Pembelajaran,” JPSI: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 9, no. 1, pp. 11–21, 2021.

R. C. Clark and R. E. Mayer, e-Learning and the Science of Instruction, Fourth Edi. Hoboken: John Wiley & Sons, 2016.

S. Purnama, “Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam,” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, vol. 2, no. 1, 2010.

U. Nasril and Desyandri, “Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Kelas IV Sekolah Dasar,” Journal of Practice Learning and Educational Development, vol. 3, no. 1, pp. 77–88, 2023.

D. S. Sitorus and T. N. B. Santoso, “Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game pada Masa Pandemi Covid-19,” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan2, vol. 12, no. 2, pp. 81–88, 2022.

A. Huda and N. Ardi, Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press, 2021.

N. B. Haka, P. A. S. Asih, B. S. Anggoro, and A. Hamid, “Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Nilai Sains sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI Mata Pelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA,” Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 13, no. 1, pp. 1–13, 2021.

R. Moreno and R. E. Mayer, “Cognitive Principles of Multimedia Learning: The Role of Modality and Contiguity,” Jornal of Educational Psychology, vol. 91, no. 2, pp. 358–368, 1999.

N. Lestari, I. Basri, S. M. Yusuf, Suciati, and M. Masykuri, “Effect of Interactive Multimedia Based on PBL on Critical Thinking Ability and Science Literacy VII Junior High School Student at Kupang,” in 6th ICRIEMS Proceedings, 2019, pp. 1–8


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudisitus slot online