IMPLEMENTASI PEMBOBOTAN TF-IDF PADA CHATBOT TELEGRAM UNTUK SISTEM LAYANAN INFORMASI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
M. Furqan, S. Sriani, and M. N. Shidqi, “Chatbot Telegram Menggunakan Natural Language Processing,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 15–26, 2023, doi: 10.21580/wjit.2023.5.1.14793.
P. Marga, “JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia Implementasi Chatbot Sebagai Virtual Assistant di Universitas,” vol. 4, no. 2, pp. 133–148, 2022.
H. Husamuddin, D. B. Prasetyo, and H. C. Rustamadji, “Otomatisasi Layanan Frequently Ask Questions Berbasis Natural Langugae Processing Pada Telegram Bot,” Telematika, vol. 17, no. 2, p. 145, 2020, doi: 10.31315/telematika.v1i1.3383.
A. Azis Maarif, “Penerapan Algoritma Fuzzy,” Univ. Dian Nusant., 2015, [Online]. Available: repository.unair.ac.id/29371/3/15 BAB II.pdf
N. Arifin, U. Enri, and N. Sulistiyowati, “Penerapan Algoritma Support Vector Machine (SVM) dengan TF-IDF N-Gram untuk Text Classification,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 2, p. 129, 2021, doi: 10.30998/string.v6i2.10133.
Y. A. Putri Gabriella, “Optimasi Penerimaan Siswa Baru Dengan Penerapan Algortima Text Mining Dan Tf-Idf,” J. Comput. Informatics Res., vol. 2, no. 3, pp. 110–117, 2023, doi: 10.47065/comforch.v2i3.941.
R. Kosasih and A. Alberto, “Analisis Sentimen Produk Permainan Menggunakan Metode TF-IDF Dan Algoritma K-Nearest Neighbor,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 6, no. 1, pp. 134–139, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v6i1.3893
E. H. Y. K. Eben Haezer and N. Setiyawati, “Pembangunan Aplikasi Virtual Inventory System (Vis) Berbasis Web Menggunakan Flask Framework,” J. Mnemon., vol. 5, no. 2, pp. 128–135, 2022, doi: 10.36040/mnemonic.v5i2.4799.
G. H. Setiawan and I. M. B. Adnyana, “Improving Helpdesk Chatbot Performance with Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF) and Cosine Similarity Models,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 7, no. 2, pp. 252–257, 2023, doi: 10.30871/jaic.v7i2.6527.
R. Wati, S. Ernawati, and H. Rachmi, “Pembobotan TF-IDF Menggunakan Naïve Bayes pada Sentimen Masyarakat Mengenai Isu Kenaikan BIPIH,” J. Manaj. Inform., vol. 13, no. 1, pp. 84–93, 2023, doi: 10.34010/jamika.v13i1.9424.
B. B. Baskoro, I. Susanto, and S. Khomsah, “Analisis Sentimen Pelanggan Hotel di Purwokerto Menggunakan Metode Random Forest dan TF-IDF (Studi Kasus: Ulasan Pelanggan Pada Situs TRIPADVISOR),” INISTA (Journal Informatics Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 3, no. 2, pp. 21–29, 2021, doi: 10.20895/INISTA.V3.
D. W. Wibowo, M. Z. Abdullah, and J. D. Kristanto, “Penerapan Metode Tf-Idf Untuk Chatbot Pada Sistem Informasi Pelayanan Percetakan Online,” Semin. Inform. Apl. Polinema 2020, pp. 196–200, 2020.
L. Mustari S, A. Sa’ban Miru, and R. Amalia, “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010,” J. Mediat., vol. 3, no. 3, pp. 1–7, 2024.
R. Wijanarko and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Media Informasi Parenting Pola Asuh Anak Menggunakan Line,” Matrix J. Manaj. Teknol. dan Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.31940/matrix.v10i1.1805.
Fahmi Yusron Fiddin, A. Komarudin, and M. Melina, “Chatbot Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode FastText dan LSTM,” J. Appl. Comput. Sci. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 33–39, 2024, doi: 10.52158/jacost.v5i1.648.
K. Umam, “MENGANALISIS RESPONS NETIZEN TWITTER TERHADAP PROGRAM MAKAN SIANG GRATIS MENERAPKAN NLP METODE NAÏVE BAYES,” vol. 14, no. 3, pp. 201–208, 2024.