ANALISIS TINGKAT ADOPSI PENGGUNAAN MOBILE PAYMENT DI UMKM BINAAN JAWA TIMUR MENGGUNAKAN EXTENDED TECHNOLOGY-ORGANIZATION-ENVIRONMENT (TOE)

Siwi Wiratna
Alifiansyah Arrizqy Hidayat
Noerma Pudji Istyanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i3.6278

Abstract


Teknologi informasi memiliki banyak manfaat dalam mendukung dan mendorong keputusan organisasi. Namun survei Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur tahun 2022, menyatakan penggunakan teknologi pembayaran oleh UMKM binaan masih dibawah 10%. Penggunaan mobile payment mampu mempermudah proses transaksi, beberapa pembeli meminta pembayaran transfer, dan tidak khawatir dengan uang kembalian. Akan tetapi UMKM Binaan yang menyesalkan adanya potongan biaya, pemahaman yang kurang, terbiasa dengan pembayaran manual, dan keterbatasan penggunaan. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengujian model extended Technology-Organization-Environment (TOE) oleh Tran Hung melalui teknik ana-lisis CB-SEM. Mobile payment yang dikaji merupakan penyesuaian dari penggunaan paling banyak oleh UMKM binaan dengan ruang lingkup Provinsi Jawa Timur yaitu mobile banking, QRIS, dan Sho-peePay. Berdasarkan hasil penelitian pada UMKM binaan di Jawa Ti-mur, menunjukkan bahwa adopsi mobile payment dipengaruhi secara positif signifikan oleh technological orientation. Relative advantage, Observability, Perceived tren, dan Legal framework memberikan pengaruh secara positif namun tidak signifikan pada adopsi mobile payment. Sedangkan untuk hubungan negatif tidak signifikan di-pengaruhi oleh Compatibility, Top manajement support, Firm size, En-trepreneurial orientation, Competitive pressure dan Government sup-port. Sementara itu Business performance dari UMKM binaan di-pengaruhi oleh Mobile Payment Adoption Intention, dan firm age secara positif signifikan, serta dipengaruhi secara negatif tidak signif-ikan oleh Number of employee.

Keywords


Mobile payment; TOE Framework; UMKM

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


B. Mediyanto and I. Mahendra, “Penerapan Metode Utaut Untuk Memprediksi Behavioral Intentions User Dalam Menggunakan Aplikasi Zabbix,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 3, no. Mediyanto, p. 10, 2017.

A. L. Kilay, B. H. Simamora, and D. P. Putra, “The Influence of E-Payment and E-Commerce Services on Supply Chain Performance: Implications of Open Innovation and Solutions for the Digitalization of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia,” J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 8, no. 3, 2022, doi: 10.3390/joitmc8030119.

M. Farizd, R. Sabila, I. R. Martapura, and A. Wulansari, “Analisis Pengaruh Adopsi Media Sosial Bagi Kinerja UMKM Kota Surabaya TOE Framework,” J. Sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, pp. 245–252, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.minartis.com/index.php/jsit/article/view/863.

L. Soelaiman and A. R. Utami, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Instagram Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Umkm,” J. Muara Ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, p. 124, 2021, doi: 10.24912/jmieb.v5i1.11104.

L. Setiyani and Yeny Rostiani, “Analysis of E-Commerce Adoption by SMEs Using the Technology - Organization - Environment (TOE) Model: A Case Study in Karawang, Indonesia,” Int. J. Sci. Technol. Manag., vol. 2, no. 4, pp. 1113–1132, 2021, doi: 10.46729/ijstm.v2i4.246.

D. Jayani, “Kontribusi UMKM terhadap Ekonomi Terus Meningkat,” katadata.co.id, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/13/kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-terus-meningkat (accessed Nov. 05, 2023).

A. Anastasya, “Data UMKM, Jumlah dan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia,” ukmindonesia.id, 2023. https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/data-umkm-jumlah-dan-pertumbuhan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-di-indonesia (accessed Nov. 05, 2023).

A. Rahmawati, “Laporan Perhitungan Nilai Tambah Bruto Koperasi UMKM Jawa Timur,” no. July, pp. 1–23, 2022.

A. Florita et al., “Pembinaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang,” vol. 1, no. 1, pp. 143–153, 2018.

K. Sedyastuti, “Analisis Pemberdayaan UMKM Dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 1, pp. 117–127, 2018, doi: 10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65.

A. Sani and N. Wiliani, “Faktor Kesiapan Dan Adopsi Teknologi Informasi Dalam Konteks Teknologi Serta Lingkungan Pada Umkm Di Jakarta,” JITK (Jurnal Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 49–56, 2019, doi: 10.33480/jitk.v5i1.616.

D. Apasrawirote and K. Yawised, “The Factors Influencing the Adoption of E-Payment System by SMEs,” Int. J. Innov. Creat. Chang. www.ijicc.net, vol. 15, no. 8, p. 2021, 2021, [Online]. Available: www.ijicc.net.

R. A. Softina, F. M. Amin, and N. Wahyudi, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Innovation Resistance dan Intention to Use Terhadap Penerapan Pembayaran Non Tunai,” JSINBIS (Jurnal Sist. Inf. Bisnis), vol. 01, pp. 26–35, 2022.

R. L. Sari, A. B. Habibi, and E. P. Hayuningputri, “Impact of Attitude, Perceived Ease of Use, Convenience, and Social Benefit on Intention to Use Mobile Payment,” Asia Pacific Manag. Bus. Appl., vol. 011, no. 02, pp. 143–156, 2022, doi: 10.21776/ub.apmba.2022.011.02.2.

A. Setiobudi and T. Wiradinata, “Intensi Ukm Dalam Adopsi Financial Technology Di Jawa Timur,” Natl. Conf. Creat. Ind., no. 2622, pp. 5–6, 2018, doi: 10.30813/ncci.v0i0.1233.

Tegar Tri Aji Wibowo and R. Dermawan, “The Influence of Perceptions of Convenience and Perception of Benefits on Interest in Use of Gopay E-Wallet in Surabaya,” J. Ekon. dan Bisnis Digit., vol. 2, no. 3, pp. 723–734, 2023, doi: 10.55927/ministal.v2i3.4769.

N. R. Shantika, A. L. Ardiatama, Oktania Purwaningrum, Y. Y. Putra, and A. O. Syafira, “Analisis Adopsi Inovasi Teknologi Informasi Dompet Digital DANA Menggunakan Innovation-Diffusion Theory (IDT),” J. Inf. Syst. Artif. Intell., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2022, [Online]. Available: http://jisai.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/jisai/article/view/80%0Ahttp://jisai.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/jisai/article/download/80/32.

A. Savira Rismadayanti, R. Rahayu Kurniati, and R. Nikin Hardati, “Pengaruh Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Dan Persepsi Kemampuan Finansial Terhadap Minat Penggunaan Pembayaran Elektronik,” Jiagabi, vol. 14, no. 2, pp. 114–121, 2023.

O. B. Saputri, “Preferensi konsumen dalam menggunakan quick response code indonesia standard ( qris ) sebagai alat pembayaran digital Consumer preference in using the Indonesian standard quick response code ( qris ) as a digital payment instrument,” Journals Econ. Bus. Mulawarman, vol. 17, no. 2, pp. 237–247, 2020.

F. Bima Anandia and N. Aisyah, “Analysis Of The Application Of The Utaut2 Model On The Use Of Mobile Banking In Sharia Banks Analisis Penerapan Model Utaut2 Terhadap Penggunaan Mobile Banking Pada Bank Syariah,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 1, pp. 264–275, 2023, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

T. H. Nguyen, X. C. Le, and T. H. L. Vu, “An Extended Technology-Organization-Environment (TOE) Framework for Online Retailing Utilization in Digital Transformation: Empirical Evidence from Vietnam,” J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 8, no. 4, p. 200, 2022, doi: 10.3390/joitmc8040200.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, 2018.

R. Paramita, N. Rizal, and R. Sulistyan, Metode Penelitian Kuantitatif. 2014.

A. M. A. Ausat, E. S. Astuti, and Wilopo, “Analysis Of Factors That Influence On E-Commerce Adoption And Their Impacts For Sme Performance In Subang District,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, pp. 333–346, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202295422.

A. L. Perdana and S. Suharni, “Analisis Adopsi Inovasi Teknologi Informasi Menggunakan Innovation and Diffusion Theory (IDT) Pada PPDB Online SMKN 3 Gowa,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 7, pp. 269–274, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.57.

S. Malik, M. Chadhar, and M. Chetty, “Factors affecting the organizational adoption of blockchain technology: An Australian perspective,” Proc. Annu. Hawaii Int. Conf. Syst. Sci., vol. 2020-Janua, pp. 5597–5606, 2021, doi: 10.24251/hicss.2021.680.

D. A. Agung and L. A. Widyarini, “Multi-Group Analysis Innovation Diffusion dan Technology Acceptance Factors Terhadap Niat Mengadopsi Wearable Technology dengan Gender sebagai Moderator,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 4, no. 2, pp. 189–204, 2021, doi: 10.31842/jurnalinobis.v4i2.177.

R. P. Sari, A. Ayu, R. Nabila, A. F. Hadining, and D. T. Santoso, “Pengaruh keputusan adopsi cloud computing dari segi kerangka teknologi, organisasi, dan lingkungan terhadap kinerja UMKM,” J. Appl. Ind. Eng., vol. 12, no. 3, pp. 273–282, 2020.

F. Hikmawati, Metodologi Penelitian. Rajawali Pers, 2020.

S. Santoso, Analisis Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan AMOS 26. PT Elex Media Komputindo, 2021.

J. H. V. Purba, “Informasi Ringkas Tentang Goodness Of Fit Pada Analisis SEM,” Res. Gate, p. 3, 2010.

L. P. Mahyuni and I. W. A. Setiawan, “Bagaimana QRIS menarik minat UMKM? Sebuah model untuk memahani intensi UMKM menggunakan QRIS,” Forum Ekon., vol. 23, no. 4, pp. 735–747, 2021, doi: 10.30872/jfor.v23i4.10158.

L. Namira, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Kota Padang Menggunakan e-Payment sebagai Metode Pembayaran,” Owner, vol. 6, no. 1, pp. 212–224, 2022, doi: 10.33395/owner.v6i1.553.

Y. Andriariza and A. Sukma, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan K-Cloud Di Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Factor Affecting the Use of K-Cloud in the Ministry of Communications and Information Technology),” J. IPTEK-KOM J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komun., vol. 18, no. 1, pp. 1–14, 2016.

M. A. Almaiah et al., “Measuring Institutions’ Adoption of Artificial Intelligence Applications in Online Learning Environments: Integrating the Innovation Diffusion Theory with Technology Adoption Rate,” Electron., vol. 11, no. 20, pp. 1–19, 2022, doi: 10.3390/electronics11203291.


Tips Main yang Aman dan Seru

judi bolavipbet88vipbet88bolago88clubjudi