Penerapan IT Strategic Alignment dan IT Governance untuk Mengukur Kematangan Helpdesk Layanan TI

Frans Nilwan Apriadi
Alva Hendi Muhammad


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.6276

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kematangan Helpdesk Layanan TI pada Diskominfo Kabupaten XYZ melalui penerapan IT Strategic Alignment dan IT Governance. Masalah utama yang diteliti adalah rendahnya efektivitas dan efisiensi Helpdesk Layanan TI, yang berpotensi menghambat kelancaran operasional dan pelayanan publik. Metode yang digunakan melibatkan analisis IT Strategic Alignment untuk memastikan bahwa strategi TI selaras dengan tujuan organisasi, serta penerapan kerangka kerja IT Governance untuk menilai dan meningkatkan kematangan layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk mengevaluasi tingkat kematangan Helpdesk Layanan TI pada Diskominfo Kabupaten XYZ. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tingkat kematangan Helpdesk Layanan TI saat ini, serta memberikan rekomendasi strategis untuk peningkatan layanan. Hasil sementara menunjukkan bahwa tingkat kematangan Helpdesk Layanan TI Diskominfo Kabupaten XYZ berada pada level 2 dari skala 5, yang menunjukkan bahwa proses masih belum memiliki struktur dan prosedur yang solid, dan operasionalnya lebih bersifat mendadak dan berdasarkan kebutuhan saat itu. Temuan ini menekankan perlunya peningkatan dalam pengelolaan TI, termasuk pengembangan prosedur standar operasional, pelatihan staf, dan peningkatan teknologi pendukung. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi pengambil keputusan dalam upaya peningkatan Helpdesk Layanan TI di sektor publik, khususnya di Diskominfo Kabupaten XYZ.

Keywords


IT Strategic Alignment; IT Governance; Ke-matangan Helpdesk Layanan TI; Diskominfo Kabupaten XYZ

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Elma Yulia and Shinta Ratnawati, “Analisis Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Sebagai Sisdm Di Pemerintah Kota Magelang,” 2020.

L. Ramadani, B. Maulidya Izzati, and Y. Mayagita Tarigan, “INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION journal homepage : www.joiv.org/index.php/joiv INTERNATIONAL JOURNAL ON INFORMATICS VISUALIZATION Managing Information Technology Risks to Achieve Business Goals: A Case of Pharmaceutical Company,” 2023. [Online]. Available: www.joiv.org/index.php/joiv

I. D. Lesmono and D. Erica, “Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Metode COBIT 4.1 (Studi Kasus : PT.IMI),” vol. 18, no. 1, 2018, [Online]. Available: www.bsi.ac.id

S. D. Gantz and S. Maske, “The Basics of IT Audit Purposes, Processes, and Practical Information Title page Copyright Dedication Acknowl-edgments,” 2013.

R. Aulia and P. Nerisafitra, “PENILAIAN KEMATANGAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (STUDI KASUS : BAPPEDA KABUPATEN GRESIK),” 2024.

D. K. M. D. V. S. HOSSEINBEIG, Combination of IT strategic alignment and IT governance to evaluate strategic alignment maturity. 2011.

Syinsyina Arifa, Rizal Isnanto, and Rinta Kridalukmana, “ANALYSIS OF UNIVERSITY HELPDESK INFORMATION TECHNOLOGY GOVERNANCE USING COBIT 2019 AND FUZZY AHP,” 2023.

A. Justitia, B. Zaman, and D. K. Putra, “Evaluating the quality of a help-desk complaint management service using six-sigma and cobit 5 frame-work,” in AIP Conference Proceedings, American Institute of Physics Inc., Feb. 2021. doi: 10.1063/5.0042166.

F. Muttaqin, M. Idhom, F. A. Akbar, M. H. P. Swari, and E. D. Putri, “Measurement of the IT Helpdesk Capability Level Using the COBIT 5 Framework,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Jul. 2020. doi: 10.1088/1742-6596/1569/2/022039.

S. A. Wulandari, A. P. Dewi, M. Rizki Pohan, D. I. Sensuse, M. Mishbah, and Syamsudin, “Risk assessment and recommendation strategy based on COBIT 5 for risk: Case study sikn Jikn helpdesk service,” in Procedia Computer Science, Elsevier B.V., 2019, pp. 168–177. doi: 10.1016/j.procs.2019.11.112.

H. M. Astuti, F. A. Muqtadiroh, E. W. T. Darmaningrat, and C. U. Putri, “Risks Assessment of Information Technology Processes Based on COBIT 5 Framework: A Case Study of ITS Service Desk,” in Procedia Computer Science, Elsevier B.V., 2017, pp. 569–576. doi: 10.1016/j.procs.2017.12.191.

D. Budiyanto and D. B. Setyohadi, “Strategic Information System Plan For The Implementation of Information Technology at Polytechnic ‘API’ Yogyakarta,” 2017.

J. H. Hadari Nawawi and K. Barat, “Penerapan Framework COBIT 2019 pada Audit Teknologi Informasi di Politeknik Sambas,” 2021.

E. Hartati, “Analisis Rencana Strategi Teknologi Informasi Perusahaan,” 2018.

P. H. Jimmy Foris dan Ronny Mustamu, “ANALISIS STRATEGI PADA PERUSAHAAN PLASTIK DENGAN PORTER FIVE FORCES,” 2015.

E. A. Zamora, “Value Chain Analysis: A Brief Review,” Asian Journal of Innovation and Policy, vol. 5, no. 2, pp. 116–128, Aug. 2016, doi: 10.7545/ajip.2016.5.2.116.

B. Raghunathan, T. S. Raghunathan, and Q. Tu, “Dimensionality of the Strategic Grid Framework: The Construct and its Measurement,” Infor-mation Systems Research, vol. 10, no. 4, pp. 343–355, 1999, doi: 10.1287/isre.10.4.343.

R. S. Kaplan, “Conceptual Foundations of the Balanced Scorecard,” Handbooks of Management Accounting Research, vol. 3. Elsevier BV, pp. 1253–1269, 2009. doi: 10.1016/S1751-3243(07)03003-9.

J. A. Moraga, L. E. Quezada, P. I. Palominos, A. M. Oddershede, and H. A. Silva, “A quantitative methodology to enhance a strategy map,” Int J Prod Econ, vol. 219, pp. 43–53, Jan. 2020, doi: 10.1016/j.ijpe.2019.05.020.

D. Ortega, E. Uzcátegui, and M. M. Guevara, “Enterprise architecture and web services,” in Proceedings of the 2009 4th International Conference on Internet and Web Applications and Services, ICIW 2009, 2009, pp. 24–29. doi: 10.1109/ICIW.2009.12.

S. U. Lesmono, A. Setiawan, and I. Gunawan, “Perencanaan Enterprise Architecture pada Perusahaan Personal Care PT X,” 2018.

M. O. Riku and D. B. Setyohadi, “Strategic Plan with Enterprise Architecture Planning For Applying Information System at PT. Bestonindo Central Lestari,” 2017.

D. L. Gibson, D. R. Goldenson, and K. Kost, “Performance Results of CMMI ®-Based Process Improvement,” 2006.

L. D. Fitrani and R. V. H. Ginardi, “Analysis Improvement of Helpdesk System Services Based on Framework COBIT 5 and ITIL 3rd Version (Case Study: DSIK Airlangga University),” 2018.

D. Vahdat, R. Askari, S. Hosseinbeig, D. Karimzadgan-Moghadam, D. Vahdat, and R. Askari Moghadam, “IT strategic alignment maturity and IT governance,” 2011. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/252043431