Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Maxim Mobile Menggunakan User Experience Questionnaire

Jeki Harya Permana
Megawati Megawati
Eki Saputra
Zarnelly Zarnelly


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.6192

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi Maxim Ojek dan Transportasi serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna aplikasi Maxim menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner UEQ. Subjek penelitian adalah mahasiswa pengguna aplikasi Maxim di Pekanbaru dengan rentang usia 20-23 tahun. Karena populasi pengguna tidak diketahui, penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden dan dianalisis menggunakan alat analisis data UEQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna memberikan nilai positif untuk sebagian besar variabel, seperti daya tarik (1.34), kejelasan (1.18), efisiensi (0.97), dan ketepatan (1.19). Namun, variabel kebaruan menerima skor yang lebih rendah dengan nilai 0.43. Diperlukan perbaikan pada aspek kebaruan dan akurasi lokasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna aplikasi Maxim. Studi ini memberikan wawasan tentang kepuasan pengguna dan menawarkan ide untuk mengoptimalkan aplikasi.

Keywords


kepuasan pengguna; pengalaman pengguna; aplikasi maxim; User Experience Question-naire (UEQ); Metode survei; Rumus Leme-show; Rekomendasi peningkatan.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. R. Henim and R. P. Sari, “User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. Vol. 6 No. 1 (2020), pp. 69–78, 2020, doi: 10.35143/jkt.v6i1.3582.

R. A. Tsalisa, S. P. Hadi, D. Purbawati, D. A. Bisnis, and U. Diponegoro, “KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE Pendahuluan Sumber : UPTD Trans Semarang,” vol. 11, no. 4, pp. 822–829, 2022.

F. F. Alawiyah and D. S. Canta, “Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 344–350, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1574.

T. J. Maulani, S. Suprapto, and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 6, pp. 2639–2645, 2021.

A. A. I. I. Paramitha, G. R. Dantes, and G. Indrawan, “The evaluation of web based academic progress information system using heuristic evaluation and user experience questionnaire (UEQ),” Proc. 3rd Int. Conf. Informatics Comput. ICIC 2018, pp. 1–6, 2018, doi: 10.1109/IAC.2018.8780430.

F. Rahman, A. Setyanto, and H. Henderi, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website Pemda Kabupaten Dompu,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 3, no. 4, pp. 495–501, 2022, doi: 10.47065/bits.v3i4.1306.

N. F. Syahrozad and A. P. Subriadi, “Evaluation of user experience : a systematic literature review,” vol. 02009, pp. 1–7, 2024.

C. Sylvia, A. Angela, and F. Halim, “Evaluasi User Experience Platform Video Communication dengan User Experience Questionaire (UEQ),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1412, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3263.

V. No, J. Hal, A. Shanaz, R. Wahyu, and A. Nugroho, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Transportasi Umum dengan Metode User Experience Questionnaire,” vol. 6, no. 1, pp. 76–83, 2024.

R. Artikel and D. Khuntari, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Gojek dan Grab dengan Pendekatan User Experience Questionnaire,” vol. 8, no. April, pp. 275–286, 2022.

J. G. Liwandouw, A. Yunus, Y. Saharaeni, S. Informasi, U. Experience, and K. Layanan, “ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI MAXIM MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE ( UEQ ),” no. 01, pp. 39–52, 2024.

I. Oktapianti, D. E. Hidayaty, and A. Tuhagana, “Transactions On Buana Perjuangan Karawang University Students Pengaruh Tarif Jasa Transportasi Online Maxim Terhadap Transaksi Keuangan Digital Pada Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang,” vol. 4, no. 5, pp. 5736–5742, 2023.

G. Tanjungan, “Perancangan Pertanyaan Indikator User Experience Aplikasi SIMPONI Mobile Universitas Multi Data Palembang Menggunakan User Experience Questionnare,” Jurnal.Mdp.Ac.Id, 2022.

J. Joosten, F. Halim, D. M. B. Pasaribu, and N. A. B. Panjaitan, “Penggunaan Metode MECUE 2.0 Dalam Mengukur User Experience Pada Aplikasi MAXIM,” Indones. J. Softw. Eng., vol. 9, no. 2, pp. 129–135, 2023.

L. Lathifah, S. Suaidah, M. B. F, M. K. Anam, and F. Suandi, “Pemodelan Enterprise Architecture Menggunakan Togaf Pada Universitas X Palembang,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 7, 2021, doi: 10.33365/jti.v15i1.865.

S. Hidayatullah, R. Kusumaningtyas, and Y. Aziati, “Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna,” Appl. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 77–80, 2022.

R. Banggoi, A. Y. Mendo, L. L. Asi, J. Manajemen, F. Ekonomi, and U. N. Gorontalo, “Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim Untuk Meningkatkan Loyalitas Pengguna Di Kota Gorontalo,” vol. 6, no. 1, pp. 242–249, 2023.

A. S. Ahda, C. I. Ratnasari, P. S. Informatika, F. T. Industri, and U. I. Indonesia, “Pengujian Pengalaman Pengguna pada Website Jurusan Informatika UII menggunakan User Experience Questionnaire User Experience Testing on the UII Informatics Department Website using,” vol. 12, pp. 527–536, 2023.

A. Yudhira and M. Yunita, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim Pada Mahasiswa Universitas Tjut Nyak Dhien The Influence of Service Quality and Trust on Customer Satisfaction Using Maxim Online Transportation Services for Tjut Nyak Dhien University Students,” vol. 6, no. 1, pp. 196–202, 2023, doi: 10.34007/jehss.v6i1.1787.

T. Online, S. R. Henim, and R. P. Sari, “Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire,” vol. 6, no. 1, pp. 69–78, 2020.

M. Christy and R. Andika, “Analisis user experience jogjakita menggunakan user experience questionnaire (ueq),” pp. 53–60.

M. F. Ramadhan, R. A. Siroj, and M. W. Afgani, “Validitas and Reliabilitas,” vol. 06, no. 02, pp. 10967–10975, 2024.

C. V Harindo and U. Bengkayang, “purposive random sampling,” pp. 53–59, 2008.

A. Lumembang et al., “EVALUASI USER EXPERIENCE APLIKASI M-COMMERCE SHOPEE DENGAN METODE USER EXPERIENCE EVALUATION OF THE USER EXPERIENCE OF THE M-,” pp. 26–33, 2023.