OPTIMALISASI OPERASIONAL BANK SAMPAH KOTA MALANG MELALUI BUSINESS PROCESS REENGINEERING

Eka Adelia Azizah
Ilyas Nuryasin


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.6188

Abstract


Bank Sampah telah menjadi elemen kunci dalam upaya pengelolaan sampah yang berkelanjutan di berbagai kota, termasuk Kota Malang. Namun, seringkali tantangan terkait efisiensi operasional menghambat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Business Process Reengineering (BPR) sebagai strategi untuk meningkatkan efisiensi operasional Bank Sampah di Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan fokus pada Bank Sampah di daerah Sukun, Kota Malang. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan pengelola Bank Sampah, dan analisis dokumen terkait proses bisnis yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BPR pada Bank Sampah dapat meningkatkan efisiensi operasional melalui penyederhanaan proses, pemanfaatan teknologi informasi yang tepat, dan peningkatan koordinasi antar unit kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Business Process Re-engineering (BPR) telah berhasil meningkatkan efisiensi operasional Bank Sampah Kota Malang hingga 90%. Penelitian ini menegaskan bahwa dengan menerapkan BPR, Bank Sampah di Kota Malang dapat mencapai peningkatan efisiensi yang signifikan, yang pada akhirnya mendukung tujuan lingkungan dan sosial yang lebih luas.

Keywords


Bank Sampah ; Bank Sampah Malang ; Business Process Reengineering ; Efisiensi ; Pengelolaan Sampah ; Kota Malang

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Suryani, A. S. Studi Kasus Bank Sampah Malang; A Case Study of Malang Waste Bank. Sanitasi Lingkungan, 5(1). (2014)

Wattimena, H., & Nugraha, D. A. Sistem Informasi Pengolahan Bank Sampah Malang. Bimasakti. (2014)

Davenport, T. H., dan Short, J. E., “The New Industrial Engineering :Information Technology and Business Process Rede-sign”, Sloan Management Review, Volume 31, No. 4, 1990.

Turban, et al., Information Technology for Management, John Wiley, New York, 1996.

Andresen, J., et al, “A framework for measuring IT innovation benefits”, ITcon, Vol. 5, 2000.

Yusniah, Y., Putri, A., & Simatupang, A. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi: Akar Revolusi dan Berbagai Standarnya. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2). (2022). https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i2.2460

Agustin, F. Bussiness Process Reengineering Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Waktu Secara Paperless (Study Kasus : Stmik Potensi Utama). CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 6(3). (2015). https://doi.org/10.22303/csrid.6.3.2014.159-170

Hammer, M., & Champy, J. (1993). Reengineering the Corporation: A Manifesto for Business Revolution. Harper Business.

Wibowo, A., & Sutanto, J. (2015). "Implementasi Business Process Re-engineering di Sektor Manufaktur Indonesia". Jurnal Teknik In-dustri, 20(2), 42-49.

Rozaqi, F. F., Suharso, W., & Nuryasin, I. (2020). Business Process Reengineering (BPR) Pada Perusahaan Pdam Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan. Jurnal Repositor, 2(5). https://doi.org/10.22219/repositor.v2i5.514

J. Smith, "Qualitative Methods in Business Research," Journal of Business Research, vol. 12, no. 4, pp. 34-45, 2014.

D. Silverman, Interpreting Qualitative Data: Methods for Analyzing Talk, Text and Interaction, 5th ed. London, UK: SAGE Publications, 2016.

M. B. Miles, A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 4th ed. Thousand Oaks, CA, USA: SAGE Publications, 2019.

R. K. Yin, Case Study Research and Applications: Design and Methods, 6th ed. Thousand Oaks, CA, USA: SAGE Publications, 2018.

W. C. Booth, G. G. Colomb, and J. M. Williams, The Craft of Research, 4th ed. Chicago, IL, USA: University of Chicago Press, 2016.

B. R. Kothari, Research Methodology: Methods and Techniques, 2nd ed. New Delhi, India: New Age International Publishers, 2004.