EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP FLEARN UKSW MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) SEBAGAI TINJAUAN TERHADAP PENGALAMAN PEMBELAJARAN MAHASISWA

Exellino Bramasta Chrisna
Penidas Fiodinggo Tanaem - [ https://orcid.org/0000-0001-5151-0746 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.6187

Abstract


FLearn UKSW adalah sistem pembelajaran berbasis online yang digunakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sejak tahun 2008. FLearn UKSW merupakan salah satu jenis Learning Management System (LMS) yang digunakan untuk memudahkan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi mahasiswa dan dosen. Penelitian ini akan berfokus pada evaluasi tingkat kepuasan mahasiswa dalam penggunaan F-Learn UKSW. Dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk mendapatkan tanggapan dari mahasiswa terhadap pengalaman/pengaruh saat menggunakan Flearn UKSW dengan enam skala yang ada pada metode UEQ. Metode ini menggunakan kuesioner untuk menguji dan mengevaluasi tingkat pengalaman pengguna, yang terdiri dari 26 item yang mencakup aspek-aspek metode UEQ. Berdasarkan evaluasi dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ) pada Flearn UKSW, ditemukan kesan yang lumayan positif secara keseluruhan terhadap aplikasi tersebut. Hasil dari uji benchmark UEQ, Flexible Learning Universitas Kristen Satya Wacana (Flearn) pada skala daya tarik (attractiveness), kejelasan (perspicuity), efisiensi (efficiency), ketepatan (dependability), stimulasi (stimulation), dan kebaruan (novelty) memperoleh nilai evaluasi normal dan dikategorikan dalam benchmark Kurang Baik.


Keywords


Flexible Learning UKSW, User Experience Questionnaire, UEQ, Learning Management System

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Abdillah, L. A. (2019). Analisis Aplikasi Mobile Transportasi Online Menggunakan User Experience Questionnaire pada Era Milenial dan Z. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 9(2). https://doi.org/10.21456/vol9iss2pp204-211

Aditya Pebrialdy Arswanda, M., Caesar, C., Sihombing, J., Andri, A., & Prima Laia, A. (2022). Evaluasi Pengalaman Mahasiswa Mikroskil pada Aplikasi OneDrive Menggunakan UEQ. Jurnal SIFO Mikroskil, 23(1). https://doi.org/10.55601/jsm.v23i1.876

Ratmoko, E., & Pakereng, M. (2022). ANALISIS USER EXPERIENCE MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI SIASAT MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(1), 11–18. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i1.498

Maharani, A., Intan, B., & Susilo, A. T. (2021). ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SMK NEGERI TUGUMULYO BERBASIS USER EXPERIENCE QUESTIONAIRE (UEQ. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 6(2). https://doi.org/10.32767/jusim.v6i2.1479

Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. Jurnal Komputer Terapan, 6(1). https://doi.org/10.35143/jkt.v6i1.3582

Maricar, M. A., Pramana, D., & Putri, D. R. (2021). Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2). https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824443

Schrepp, M. (2023). User Experience Questionnaire Handbook v10(03.05.2023). URL: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/303880829 User Experience Questionnaire Handbook Version 2.(Accessed: 02.02. 2017).

Wijaya, H. O. L., & Armanto, A. (2022). USER EXPERIENCE PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DENGAN METODE USABILITY TESTING DAN UEQ. Jurnal Teknologi Informasi Mura, 14(2). https://doi.org/10.32767/jti.v14i2.1841

Prasetyaningsih, S., & Ramadhani, W. P. (2021). Analisa User Experience pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire. JURNAL INTEGRASI, 13(2). https://doi.org/10.30871/ji.v13i2.3180

Gitajayanti, N. L. D., Satwika, I. P., & Paramitha, A. A. I. I. (2021). Evaluasi Sistem Informasi Skripsi dan Tugas Akhir STMIK Primakara (PRISKA) Menggunakan Metode Usability Testing. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1). https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31770

Wiwesa, N. R. (2021). User Interface dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(2).

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). ESENSI PERBEDAAN METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2). https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Talitha Fendya Wimona, & Chendra Wibawa Setya. (2018). Pengembangan Sistem Kuesioner Daring Dengan Metode Weight Product Untuk Mengetahui Kepuasan Pendidikan Komputer Pada Lpk Cyber Computer. Jurnal Information Technology and Education, Vol 3(Vol 3 No 01 (2018): No 01 Volume 03 2018).

Kurniawan, A. (2021). Kuesioner adalah Instrumen untuk Mengumpulkan Data, Ketahui Jenis dan Kelebihannya. Merdeka.Com.

Hendajani, F., Saputra, G. E., & Ramadhana, A. P. (2021). EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA UJIAN ONLINE BERBASIS KOMPUTER PADA PELATIHAN PEMROGRAMAN WEB DASAR DI UT SCHOOL MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNARE (UEQ). Prosiding Seminar SeNTIK, 5(1).

Suastini, N. K., Putra, A. R., & Satwika, P. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna Pada Website Distro Management System (Dimans). Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(3).

Khanza Pangestu, K., Lathif, T., Suryanto, M., & Pratama, A. (2023). User Experience Questionnaire (Ueq) Sebagai Metode Pengukuran Evaluasi Pengalaman Pengguna Virtual Campus Tour Upn. 442 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 7(2).

Suryadi, S. (2019). PERANAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PERKEMBANGAN DUNIA PENDIDIKAN. JURNAL INFORMATIKA, 3(3). https://doi.org/10.36987/informatika.v3i3.219

WIRAGUNAWAN, I. G. N. (2022). PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING PADA SATUAN PENDIDIKAN. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1). https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.981

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas penggunaan e-learning moodle, google classroom dan edmodo. I-STATEMENT: Information System and Technology Management, 2(1).