Business Process Reengineering (BPR) Pada PT. Sakari Sumber Abadi
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada PT. Sakari Sumber Abadi, perusahaan pengolahan kayu di Surabaya, yang sedang menerapkan Business Process Reengineering (BPR). Perusahaan ini menghadapi sejumlah tantangan operasional seperti kurangnya integrasi teknologi, keterbatasan tenaga kerja berpengalaman, dan proses manufaktur yang lambat, yang secara signifikan dapat mempengaruhi efektivitas dan efisiensi mereka. Melalui observasi dan wawancara, ditemukan bahwa PT. Sakari belum memiliki sistem pemesanan online, yang mengharuskan pelanggan untuk melakukan pemesanan secara langsung di kantor. Penelitian ini menggunakan metode BPR untuk menganalisis dan merancang ulang proses bisnis mereka dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Awalnya, proses pemesanan menunjukkan efisiensi throughput sebesar 61%, dengan waktu total 257 menit. Namun, setelah implementasi BPR, termasuk penyederhanaan, penghilangan, pengurangan, standarisasi, dan otomatisasi proses, efisiensi throughput meningkat menjadi 92% dengan waktu total hanya 138 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi dan otomatisasi proses pemesanan melalui rekayasa ulang proses bisnis dapat meningkatkan efisiensi throughput sebesar 31%. Hasil temuan ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi PT. Sakari Sumber Abadi dalam upaya mereka untuk meningkatkan proses bisnis dan mengatasi tantangan operasional yang mereka hadapi.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
A. Yunani.(Juni 2023).Rencana Kapasitas Produksi.[Online].Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/372557891
R. Fajriah and S. Nazar.(Januari 2020).Analisa Business Prosess Reengineering Dalam Pengembangan Sistem Distribusi Produk Lensa Mata PT.Galeri Mata Indonesia Berbasis Mobile Application.CESS (Journal of Computer Engineering System and Science).[Online].Vol. 5 No. 1.
doi:https://doi.org/10.24114/cess.v5i1.14353
S. Juniyanti, I. Nuryasin and W. Suharso.(Agustus 2023).Business Process Reengineering Pada PT Cahaya Mega Grup Tour Travel.REPOSITOR.[Online].Vol. 5, No. 3.hal 767-784. doi: https://doi.org/10.22219/repositor.v5i3.32072
D. Wimpertiwi, A. H. Sasongko and A. Kurniawan.(November 2014).Konsep Business Process Reenginering Untuk Memperbaiki Kinerja Bisnis Menjadi Lebih Baik: Studi Kasus Perusahaan Susu Kedelai “xyz”.BINUS BUSINESS REVIEW.[Online].Vol. 5 No. 2.hal 658-668.
doi:https://doi.org/10.21512/bbr.v5i2.1189
D. A. P.M, W. Suharso and M.(Desember 2019).Business Process Reengineering Pada Kejaksaan Negeri Batu.REPOSITOR.[Online].Vol. 1, No.2.hal 159-170. doi:https://doi.org/10.22219/repositor.v1i2.30384
H. Wasiati.(Maret 2015).Rekayasa Ulang Layanan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa Menggunakan Business Prosess Reenginering Di STMIK AKAKOM Yogyakarta.JTI Respati (J-urnal T-eknologi I-nformasi Respati).[Online].Vol . X Nomor 28. doi:https://doi.org/10.35842/jtir.v10i28.142.g133
H. Dinata.(Januari 2020).Business Process Reengineering: The Role of Information Technology as a Determinant of Success for Improving Performance.INFORM : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.[Online].Vol. 5 No. 1.hal 25-31
doi:https://doi.org/10.25139/inform.v5i1.2255
R. D. Pasaribu, G. Anggadwita, R. Hendayani, R. B. Kotjoprayudi and D. I. Nur Apiani.(Juni 2021).Implementation of Business Process Reengineering (BPR): Case Study of Official Trip Procedures in Higher Education Institutions.Journal of Industrial Engineering and Management.[Online].Vol. 14(3).hal 622-644. doi: https://doi.org/10.3926/jiem.3403
M. A. B. Rohman, W. Suharso and E. D. Wahyuni.(Maret 2024).Business Process Reengineering Sistem Laporan Harian Kru Jalan Pada PO.Pelita Mas.Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI).[Online].Vol. 8 Nomor 1.hal 215-229. doi: http://dx.doi.org/10.30645/j-sakti.v8i1.780
R. Yusuf, E. D. Wahyuni and Z. Sari.(November 2023).Business Process Reengineering (BPR) Pada Penerbitan Buku di UPT. Universitas Mataram Press.REPOSITOR.[Online].Vol. 5, No.4. hal 865-884. doi : https://doi.org/10.22219/repositor.v5i4.32087
F. F. Rozaqi, W. Suharso and I. Nuryasin.(Mei 2020).Business Process Reengineering Pada Perusahaan PDAM Kabupaten Mojokerto Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Perusahaan.REPOSITOR.[Online].Vol. 2, No. 5.hal 635-648. doi : https://doi.org/10.22219/repositor.v2i5.30629
M. R. A. Romadhana, . I. Nuryasin and W. Suharso.(April 2024).Business Process Reengineering Pada Pengukuran Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Maskapai Lion Air.Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis.[Online].Vol. 6 No. 2. hal 410-421. doi : https://doi.org/10.47233/jteksis.v6i2.1323