PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) PENILAIAN SOFT SKILL GURU DALAM BELAJAR DI MTS. HIDAYATUL ULUMIYAH UJUNG KUBU

Muhammad Din Nawar
Fauriatun Helmiah
Chitra Latiffani


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.6082

Abstract


Mts. Hidayatul Ulumiyah Ujung Kubu adalah sebuah instansi sekolah Swasta yang berada di Kabupaten Asahan yang terdiri dari 12 guru. Sekolah ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan ditunjang dengan fasilitas teknologi dan sistem informasi yang cukup lengkap. Mts. Hidayatul Ulumiyah Ujung Kubu juga termasuk dalam Mts percontohan untuk sekolah lain, karena Mts. Hidayatul Ulumiyah Ujung Kubu memiliki banyak prestasi dalam berbagai bidang. Setiap tahunnya, Kepala Sekolah mengadakan Penilaian Soft Skill Guru Dalam Belajar untuk meningkatkan pendidikan yang bermutu. Cara ini bertujuan untuk mengetahui tingkat prestasi guru-guru di sekolah tersebut. Penilaian Kinerja Guru tidak hanya untuk mengetahui tingkat prestasi guru di sekolah tersebut, tetapi juga akan diikutsertakan dalam pemilihan guru berprestasi yang rutin diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Akan tetapi, kendala dari penentuan Penilaian Kinerja Guru di Mts. Hidayatul Ulumiyah Ujung Kubu masih bersifat subjektif dalam arti penilaian dilakukan secara konvensional menggunakan lembar penilaian karena belum adanya aspek-aspek penilaian yang digunakan dalam Penilaian Soft Skill Guru Dalam Belajar.

Keywords


Penilaian Soft Skill Guru; Metode Weighted Product (WP);

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


I. Fitriani, Integrasi Ilmu Untuk Peradaban. Alinea Media Dipantara, 2022.

M. P. Mukhid, “Disain Teknologi Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Budaya Organisasi Di Lembaga Pendidikan.” Pustaka Egaliter. Com, 2023.

P. S. Runtu and R. R. Kalalo, Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit NEM, 2021.

H. B. Uno and S. E. Nina Lamatenggo, Tugas Guru dalam pembelajaran: Aspek yang memengaruhi. Bumi Aksara, 2022.

U. Jabri and W. Naro, “Kedudukan Guru Sebagai Pendidik,” vol. 5, no. 1, pp. 7–12, 2023.

S. Suwatri, H. Herpratiwi, D. L. Dewi Lengkana, R. I. Husain, and R. I. Husain, “Penerapan Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) Menggunakan Aplikasi Berbasis Excel bagi Komunitas Guru di SMA,” edukatif J. ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1358–1369, 2022.

A. Yasmin and A. J. Wadud, “Memahami Penilaian Kinerja Guru,” vol. 8, pp. 627–634, 2023.

M. O. Mahendra and E. G. Sari, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Untuk Menunjang Keputusan Penilaian Kinerja Guru ( PKG ),” vol. 4, no. 1, pp. 232–243, 2024.

R. Pratama, R. A. Dalimunthe, and E. Saputra, “Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Soft Skill Guru Berbasis Web Menggunakan Metode Weight Product,” vol. 4, no. 2, pp. 787–795, 2022, doi: 10.47065/bits.v4i2.2070.

P. Pt and A. Bengkulu, “Penerapan Metode Weighted Product ( WP ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik,” vol. 19, no. 1, pp. 141–147, 2023.

I. J. Informatika and M. Teknologi, “IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED PRODUCT DALAM MENENTUKAN E-COMMERCE TERBAIK,” vol. 25, pp. 55–60, 2023, doi: 10.23969/infomatek.v25i1.7699.

M. A. Wibowo, M. T. Mustofa, M. Fauzan, and H. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Menggunakan Metode Weighted Product,” vol. 2, pp. 427–434, 2023.

M. Jannah, K. O. Putra, and I. Efendi, “Implementasi Metode Weighted Product ( WP ) Dalam Pengambilan Keputusan Kepala Laboraturium Komputer,” vol. 11, no. 2, pp. 53–57, 2023.

A. Metode et al., “G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan,” vol. 7, no. 3, pp. 1335–1344, 2023.

A. Sugiarto, R. Rizky, A. M. Yunita, and Z. Hakim, “Metode Weighted Product Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Bonus Pegawai Pada CV Bejo Perkasa,” vol. 8, no. 2, pp. 100–104, 2020.

W. A. Ramadhani, N. Irawati, and C. Maulana, “Penerapan Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) Untuk Menentukan Kelayakan Penerima Bantuan Pinjaman Modal Usaha Kecil Menengah,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 50–59, 2022.

N. N. Hasanah and A. S. Purnomo, “Implementasi Data Mining Untuk Pengelompokan Buku Menggunakan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus: Perpustakaan Politeknik LPP Yogyakarta),” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 300–311, 2022.

S. Gunawan, A. Aprilio, and R. Rhandy, “Implementasi k-means, suffix tree dan Dewey Decimal Classification untuk shelving buku perpustakaan,” J. Algoritm. Log. dan Komputasi, vol. 2, no. 1, 2019.

B. Intan, M. Irvai, and N. Efranda, “APLIKASI PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA CSR MENGGUNAKAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP),” J. Ilm. Betrik, vol. 14, no. 01 APRIL, pp. 156–165, 2023.

Y. F. Achmad, R. K. Laday, and D. A. P. Kusuma, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Penilaian Kinerja Karyawan Di Pt Cirill Indonesia,” Sebatik, vol. 25, no. 1, pp. 214–220, 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1169.

F. Natsir, T. Triyadi, and R. A. Sihombing, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan untuk Rekomendasi Penentuan Penerima Beasiswa,” J. Sist. Inf. Dan Teknol. Perad., vol. 3, no. 2, pp. 1–6, 2022.

G. Ginting, Mesran, and Y. F. Manalu, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) dalam Pemberian Reward Bagi Pegawai Honorer,” Pros. Semin. Nas. Ris. Dan Inf. Sci., vol. 5, no. 3, pp. 19–25, 2021.

K. Sandi, R. A. Yusda, W. M. Kifti, S. Tinggi, M. Informatika, and K. Royal, “Perbandingan Metode Simple Additive Weighting dan Weighted Product Dalam Pemberian Dana Pengembang Usaha Agribisnis Perdesaan,” 2021.

S. Rahayu and A. Sindar, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,” vol. 2, no. 2, pp. 103–112, 2022.