ANALISA LAYANAN PADA APLIKASI KESEHATAN DENGAN FRAMEWORK ITIL V3 DOMAIN SERVICE OPERATION DAN STANDAR SKM (STUDI KASUS: PUSKESMAS KLAMPIS)

Astari Shofaatul Azhar
Riza Akhsani Setyo Prayoga
Muhammad Ilham Alhari


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.6050

Abstract


Kementerian Kesehatan melakukan transformasi digitalisasi kesehatan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencatatan dan pelaporan di puskesmas. Tetapi layanan penggunaan aplikasi pada Puskesmas Klampis belum maksimal, banyaknya aplikasi yang harus digunakan tetapi kurangnya integrasi dapat mengakibatkan tidak efisien dan kesalahan saat manajemen data. Hal ini dapat mempengaruhi pelayanan pada Puskesmas Klampis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis layanan penggunaan aplikasi yang ada pada Puskesmas Klampis untuk meminimalisir kendala, meningkatkan pelayanan untuk mencapai visi & misi puskesmas dan Peraturan Kementerian Kesehatan Permenkes. Maka dari itu keluaran penelitian ini mengimplementasikan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 domain service operation dan analisis standar Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang sudah diuji oleh Puskesmas Klampis dalam bentuk rekomendasi perbaikan pada layanan yang telah divalidasi oleh Dinas Kesehatan Bangkalan dan Kepala Puskesmas Klampis. Penelitian ini menerapak metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil persentase variabel event management 74,5%, incident management 75,5%, request fulfillment 74,5%, problem management 79%, dan access management 79% yang berarti jawaban responden “setuju” terhadap layanan aplikasi kesehatan. Meskipun demikian, pada variabel event management dan request fulfillment memerlukan rekomendasi perbaikan, dan hasil analisa SKM mendapatkan indeks 87,25 yang berarti kualitas pelayanan Puskesmas Klampis sangat baik.

Keywords


ITIL V3; Application Services; Public Health Center; Service Operation; SKM

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 31, “PERMENKES no 31 tahun 2019,” Peratur. menteri Kesehat. nomer 31 tahun 2019, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

Y. Y. Nabuasa, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS SEBAGAI SARANA PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS OESAPA KOTA KUPANG,” JASISFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 2, no. 1, pp. 40–46, 2021, doi: 10.15408/aism.v2i1.20209.

Z. A. Golo, S. Subinarto, and E. Garmelia, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Puskesmas Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di Puskesmas,” J. Rekam Medis dan Inf. Kesehat., vol. 4, no. 1, pp. 52–56, 2021, doi: 10.31983/jrmik.v4i1.6789.

S. Rahmadani, A. M. Darwis, N. A. Hamka, A. P. HR, and M. Al Fajrin, “Analisis Penggunaan Sistem Rujukan Terintegrasi (SISRUTE) di Puskesmas Kota Makasar,” J. Manaj. Kesehat. Yayasan RS.Dr. Soetomo, vol. 7, no. 2, p. 321, 2021, doi: 10.29241/jmk.v7i2.651.

A. F. Deyantoro, R. Setyadi, and Y. Saintika, “Penerapan Framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) Versi 3 pada Domain Service Operation untuk menganalisa Manajemen Layanan Teknologi Informasi,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 3, p. 629, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i3.4232.

M. I. Alhari, A. Ramadan, F. Rahman, and P. H. Safitri, “Analisis Manajemen Layanan Domain Service Operation Itil V3: Pada Perusahaan Software House: Service Management Analysis in Itil V3 Service Operation Domain At Software House Company,” J. Sist. Inf. dan Bisnis Cerdas, vol. 17, no. 1, pp. 50–58, 2024.

M. K. Anam, N. Lizarti, and A. N. Ulfah, “Analisa Tingkat Kematangan Sistem Informasi Akademik STMIK Amik Riau Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation,” Fountain Informatics J., vol. 4, no. 1, p. 8, 2019, doi: 10.21111/fij.v4i1.2810.

M. I. Alhari, F. Rahman, D. Muhajir, and ..., “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Itil V3 Pada Perusahaan Pt. Prudential Life Assurance (Sj-I) Cabang Sidoarjo,” J. Mirai …, vol. 8, no. 3, pp. 444–453, 2023, [Online]. Available: https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/6078

Alfira Rezky Fajriati Rahmad, A. Tawai, and Suhadi, “Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas Kemaraya Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari,” J. Publicuho, vol. 6, no. 2, pp. 671–682, 2023, doi: 10.35817/publicuho.v6i2.125.

D. F. Ilyas, A. Asriati, and L. O. Alifariki, “Unsur Pelayanan Sesuai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Dengan Kepuasan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Liya,Wangi-Wangi Selatan Kabupaten Wakatobi,” Gaster, vol. 18, no. 2, p. 119, 2020, doi: 10.30787/gaster.v18i2.450.

A. F. Wijaya, M. N. N. Sitokdana, and P. Hapsari, “Analysis of Information Technology Services Management using the ITIL V3 Domain Service Operation Framework on SIMDA (Case Study: Boyolali Regency Inspectorate),” vol. 100, no. 41, pp. 126–131, 2019, doi: 10.2991/icoi-19.2019.23.

S. Y. R. Esearch, B. A. R. Hevner, S. T. March, J. Park, and S. Ram, “Design Science in Information,” MIS Q., vol. 28, no. 1, pp. 75–105, 2004.

A. Pragholapati, “Parents Anxiety Levels With Children Hospitalization In RSUD Majalaya Bandung District,” UrbanGreen J., vol. 1, no. 2, pp. 40–44, 2020.

F. A. Rahma, M. A. Ratnawati, S. O. N. Hidayah, F. F. Diniyati, and I. Setiawan, “Pemanfaatan Metode Itil V3 Domain Service Design Dalam Menganalisis Manajemen Layanan Shopee (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Amikom Purwokerto),” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 8, no. 1, pp. 47–52, 2023, doi: 10.51876/simtek.v8i1.168.

E. Arribe, F. I. Komputer, and U. M. Riau, “Analisis Maturity Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Domain Service Operation Framework Itil V3,” J. Softw. Eng. Inf. Syst., vol. 3, no. 1, pp. 36–42, 2021, doi: 10.37859/seis.v3i1.4628.

R. N. Amalia, R. S. Dianingati, and E. Annisaa’, “Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi,” Generics J. Res. Pharm., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022, doi: 10.14710/genres.v2i1.12271.

N. M. Janna and Herianto, “Konsep Uji Validitas dan Reabilitas dengan Menggunakan SPSS,” J. Darul Dakwah Wal-Irsyad, no. 18210047, pp. 1–12, 2021.

N. Ratnaduhita, Y. Sudianto, and A. Kusumawati, “ISO/IEC 25010 : Analisis Kualitas Sistem E-learning sebagai Media Pembelajaran Online,” J. Inf. Syst. Hosp. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 8–20, 2023, doi: 10.37823/insight.v5i1.302.