PEMBUATAN SISTEM REKOMENDASI RETARGETING PADA TOKO OFFLINE DENGAN YOLOV8 DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING BERBASIS WEB (STUDI KASUS CV.BATOLA JAYA)
Abstract
Retargeting merupakan salah satu teknik marketing yang sangat efektif bahkan dalam beberapa literatur konsep ini melebihi teknik marketing lain seperti pemberian diskon, promosi kualitas barang dan bahkan banting harga. Retargeting sendiri secara konsep adalah dimana barang yang ditawarkan kepada user merupakan barang yang sebelumnya pernah dilakukan interaksi atau tanpa melakukan proses pembeliaan. Dengan konsep retargeting ini penjualan dapat ditingkatkan dan menciptakan hubungan kuat antara penjual dan pembeli. Namun sayangnya konsep retargeting ini hanya ada di e-commerce, tidak seperti beberapa teknik marketing lainya yang bisa diaplikasikan dimana saja. Retargeting membutuhkan faktor interaksi user pada produk dan hal seperti itu sangat sulit dilakukan dan diterapkan secara langsung pada toko offline. Pada penelitian ini, peneliti hendak menciptakan sebuah sistem yang mana toko offline dapat melakukan teknik marketing retargeting dengan sedikit modifikasi konsep. konsep dari sistem ini nanti adalah bagaimana pelanggan dapat dilakukan tracking dengan YOLOv8 dan dari hasil tracking aktivitasnya akan dikombinasikan dengan sejarah pembelian dari user tersebut sehingga memungkinkan untuk dilakukan rekomendasi retargeting. Untuk komparasi dan rekomendasi dari kriteria yang disebutkan akan dilakukan dengan metode Simple Additive Weighting.