DEVELOPMENT OF A MATHEMATICS-BASED MODULE AUGMENTED REALITY (AR) ON SPACE BUILDING MATERIAL IN CLASS V PRIMARY SCHOOL
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
A. D. Putra, M. R. D. Susanto, and Y. Fernando, “Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Chain J. Comput. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 32–43, 2023.
D. S. Laksono, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Android Sebagai Media Pembelajaran Huruf Aksara Jawa Bagi Anak Didik Setingkat Sltp,” Ubiquitous Comput, vol. 1, pp. 67–80, 2018.
U. Khadijah, “Pemanfaatan Augmented Reality untuk Meningkatkan Keterampilan Geometri dalam Pembelajaran Matematika,” J. Dunia Ilmu, vol. 3, no. 3, pp. 1–13, 2023.
R. R. F. Sinaga, “The Implementation of Fun Fishing to Teach Speaking for Elementary School Students,” J. English Lang. Teach. Learn, vol. 1 (1), pp. 1–6, 2020.
A. Ismayani, Membuat Sendiri Aplikasi Augmented Reality. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2020.
S. Pratama and E. Al, “Pengenalan Teknologi Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Dan Bangun Datar,” Community Dev. J., vol. 4, no. 1, pp. 217–221, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12137
F. Rozi, R. R. Kurniawan, and F. Sukmana, “Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Matematika,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., vol. 6 (2), pp. 436–447, 2021.
A. M. Arifin, H. Pujiastuti, and R. Sudiana, “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa,” J. Ris. Pendidik. Mat. Jakarta, vol. 7 (1), pp. 59–73, 2020.
I. S. Wardhani, “Geometri dan Permaslaahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelutuan Meta Analisis),” Pros. Semin. Nas. Integr. Mat. Dan Nilai Ilm., vol. 3 (1), pp. 124–129, 2020.
M. Chintia, R. Amelia, and N. Fitriani, “Ruang Sisi Datar,” J. Ilm. Iqra’, vol. 12 (2), p. 106, 2021.
Anugrah and H. Pujiastuti, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung,” J. Pendidik. Mat., vol. 11 (2), pp. 213–225, 2020.
V. H. Saputra and P. Permata, “Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang,” WACANA Akad. Maj. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 2, p. 116, 2018, doi: 10.30738/wa.v2i2.3184.
H. Triana, P. G. Yanti, and D. Hervita, “Pengembangan Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Interdisipliner Di Kelas Bawah Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka,” J. Ilm. Mandala Educ., vol. 9, no. 1, pp. 504–514, 2023, doi: 10.58258/jime.v9i1.4644.
N. L. Fauziyah, N. A. P. Trisna, and G. S. Maulidya, “Systematic Literature Review: Pembelajaran Matematika pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar Kelas Tinggi,” Snhrp, pp. 975–996, 2023, [Online]. Available: https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/648
I. Mustaqim, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Dan Kejuru., vol. 13 (2), p. 174, 2016.
D. Septriyanti, E. Lestari, S. Pgri, B. Lampung, and S. Kristen, “Studi Literatur: Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Augmented Reality Dengan Pendekatan Saintifik,” vol. 10, no. 2, p. 180, 2022.
Purnamawati, Panduan Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Augmented Reality (MAR). Makasar: Universitas Negeri Makasar, 2021.
E. Tasrif, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Menggunakan Aplikasi Ar_Jarkom Pada Mata Kuliah Instalasi Jaringan Komputer,” J. Konseling dan Pendidik., vol. 8 (3), pp. 217–223, 2020.
Setyawan, “Augmented Reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD,” J. Teknol. Pendidik., vol. 07 (01), pp. 78–90, 2019.
A. Ihsan, M. Munawir, and F. Amir, “Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Operasi Hitung Matematika Pada TK atau Paud Permata Bunda Langsa,” JURUTERA-Jurnal Umum Tek. …, 2017, [Online]. Available: https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jurutera/article/view/1580