IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA SISTEM INFORMASI ATLET BERBASIS WEBSITE DI KONI KABUPATEN KENDAL

Talitha Azaria Sani
Sariyun Naja Anwar
R. Soelistijadi R. Soelistijadi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i2.5975

Abstract


Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kendal merupakan badan olahraga di Provinsi Jawa Tengah yang bertanggung jawab dalam pembinaan atlet, pengelolaan kegiatan olahraga, dan penyediaan data untuk mendukung pencapaian prestasi hingga tingkat internasional. Pengelolaan data atlet saat ini di KONI Kabupaten Kendal masih bersifat semi-manual menggunakan berkas-berkas fisik dan microsoft excel yang menyebabkan beberapa kendala seperti kesulitan dalam mengakses data, tidak mendukungnya multi-user, serta berisiko kehilangan data. Oleh sebab itu perlu pengembangan sistem informasi atlet yang dapat merekap data atlet, pelatih, dan cabang olahraga agar memberikan kemudahan dalam manajemen serta penyajian informasi. Dalam proses pengembangan sistem menggunakan metode design thinking yang melibatkan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Data riset diperoleh dari kegiatan observasi dan wawancara terhadap calon pengguna sistem agar menghasilkan solusi yang lebih relevan dengan kebutuhan user. Prototype yang dihasilkan dari riset ini telah diuji menggunakan System Usability Scale (SUS) dan mendapatkan nilai akhir sebesar 80,7 dengan Grade A-. Hasil pengujian usability menunjukkan bahwa sistem informasi atlet memiliki tingkat kegunaan yang memuaskan, baik dari segi fungsionalitas maupun kemudahan penggunaannya

Keywords


Sistem Informasi Atlet; Website; Design Thinking; System Usability Scale; KONI Kabupaten Kendal

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


R. I. T. Linggadjaya, B. Sitio, dan P. Situmorang, “Transformasi Digital Pt Bank Jago Tbk dari Bank Konvensional menjadi Bank Digital,” Int. J. Digit. Entrep. Bus., vol. 3, no. 1, hal. 9–22, 2022, doi: 10.52238/ideb.v3i1.76.

T. Nathaniela Christy, N. Afia, N. Firdausi, E. Rosyidah, dan A. Purnomo, “Inovasi Model Bisnis Berkelanjutan: Teknologi, Gaya Hidup & Keberlanjutan,” J. Clean. Prod., vol. 45, hal. 9–19, 2022.

K. Henriksen et al., “Consensus statement on improving the mental health of high performance athletes,” Int. J. Sport Exerc. Psychol., vol. 18, no. 5, hal. 553–560, 2020, doi: 10.1080/1612197X.2019.1570473.

A. Sobarna, R. M. Rizal, S. Hambali, H. Asmara, dan D. Sunarsi, “Peningkatan Prestasi Olahraga Ditinjau Dari Konsep Ilmiah Dan Teknologi Di Koni Kota Cimahi,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 9, no. 2, hal. 173–176, 2022, doi: 10.32699/ppkm.v9i2.2752.

Sulastri, E. Zuliarso, D. A. Diartono, dan S. Eniyati, “Pemanfaatan Google Data Studio Untuk Visualisasi Data Atlit KONI Kabupaten Kendal,” J. Pengabdi. Masy. Intimas (Jurnal INTIMAS) Inov. Teknol. Inf. Dan Komput. Untuk Masy., vol. 3, no. 2, hal. 46–54, 2023.

F. Haris dan A. Afrianthonny, “Sistem Informasi Atlet Dilingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Katingan Berbasis Mobile,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, hal. 1–5, 2019, doi: 10.33084/jsakti.v1i2.869.

Padeli, Gustina, dan M. F. Firmansyah, “Sistem Informasi Pengolahan Data Atlet Berbasis Web Pada Disporabudpar Tangerang,” J. CERITA, vol. 8, no. 1, hal. 36–46, 2022, doi: 10.33050/cerita.v8i1.2129.

D. Risdiansyah dan D. Purwaningtias, “Penerapan Metode Prototype Dalam Pemodelan Sistem Informasi Atlet Pada Ipsi Kabupaten Kubu Raya,” J. Teknol. Informasi), vol. 6, no. 1, 2022.

Kodri, S. Mulyati, dan W. Adriana, “Sistem Informasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Provinsi Jambi,” J. Manajamen Inform. Jayakarta, vol. 4, hal. 6–14, 2024.

H. Listiyono, D. L. Sani, T. Khristianto, dan R. Soelistijadi, “Desain Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Stikubank Semarang Berbasis Web,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 15, no. 1, hal. 121–131, 2022, doi: 10.51903/pixel.v15i1.742.

S. S. Rosyda dan I. Sukoco, “Model Design Thinking pada Perancangan Aplikasi Matengin Aja,” Organum J. Saintifik Manaj. dan Akunt., vol. 3, no. 1, hal. 1–12, 2020, doi: 10.35138/organum.v3i1.69.

Y. Syahrul, “Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech,” J. Bhs. Rupa, vol. 2, no. 2, hal. 109–117, 2019, doi: 10.31598/bahasarupa.v2i2.342.

A. Pressman, Design Thinking: A Guide to Creative Problem Solving for Everyone, vol. 86, no. 6. 2019.

K. W. Cahyadi, I. G. Ayu, A. Diatri, dan P. Y. Pratiwi, “Desain Antarmuka dan Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Pencarian Instruktur Olahraga ‘ BeFind ’ berbasis Mobile menggunakan Design Thinking,” Sist. J. Sist. Inf., vol. 12, no. September, hal. 835–850, 2023.

D. Karlina dan D. R. Indah, “Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi E-learning Menggunakan Design Thinking,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 3, hal. 580–596, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i3.5412.

H. Ilham, B. Wijayanto, dan S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, hal. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

M. U. A. Iryanto, W. H. N. Putra, A. Dwi, dan Herlambang, “Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, hal. 7708–7716, 2019.

R. Ruhiyat, D. T. Idris, D. Indrawati, E. Indrawati, dan L. Siami, “Pelatihan Penyusunan Kanvas Model Bisnis Dengan Menggunakan Design Thinking Secara Daring Bagi Peternak Dan Petani Muda Di Desa Cibodas, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 3, hal. 508, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i3.35402.

I. Darmawan, “Design Thinking Approach for User Interface Design and User Experience on Campus Academic Information Systems,” Int. J. Informatics Vis., vol. 6, no. 2, hal. 327–334, 2022, doi: 10.30630/joiv.6.2.997.

F. R. Isadora, B. T. Hanggara, dan Y. T. Mursityo, “Perancangan User Experience Pada Aplikasi Mobile HomeCare Rumah Sakit Semen Gresik Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 5, hal. 1057–1066, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021844550.

V. A. Subarjah dan Ari Purno Wahyu, “Analysis and Design of User Interface and User Experience of Regional Tax Enterprise Resources Planning System with Design Thinking Method,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 7, no. 2, hal. 96–106, 2022, doi: 10.25139/inform.v7i2.4729.

E. Nor Kholida Wati et al., “Redesign the Ui/Ux of the Pt Mno Company Profile Website Using the Thinking Design Method,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima, vol. 7, no. 2, hal. 11–25, 2024.

L. M. Andiny, I. Fitri, dan A. Rubhasy, “Perancangan User Experience Pada Aplikasi Rumah Singgah CLOW Menggunakan Metode User-Centered Design,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 6, no. 2, hal. 241–249, 2021, doi: 10.29100/jipi.v6i2.2016.

E. R. Subhiyakto, M. R. Pratiwi, dan S. A. Hapsari, “Redesigning Family Education Media Website Using Design Thinking Method and System Usability Scale,” JST (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 12, no. 1, hal. 81–94, 2023, doi: 10.23887/jstundiksha.v12i1.52791.

D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 3, hal. 1615–1626, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1356.