IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING DALAM PERANCANGAN UI/UX BERBASIS MOBILE PADA WEBSITE SPEGALAN APIK

Safira Irfiana
R. Soelistijadi
Sariyun Naja Anwar


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.5799

Abstract


Pemanfaatan teknologi telah meluas ke berbagai sektor, termasuk sektor Pendidikan. Terlihat jelas dalam dunia Pendidikan, dimana sekolah - sekolah semakin menyadari pentingnya memanfaatkan teknologi untuk memperbaiki efisiensi dan mutu pelayanan kepada siswa, guru, dan pihak terkait lainnya. SPEGALAN APIK merupakan wujud pemanfaatan teknologi oleh SMP Negeri 39 Semarang sebagai sarana berbasis digital bagi siswa dan masyarakat dalam menyampaikan kritik dan saran.  Namun, untuk mencapai tingkat kepuasan pengguna yang optimal, diperlukan perhatian khusus terhadap efektifitas website tersebut terutama saat diakses melalui perangkat mobile. Design Thinking merupakan pendekatan yang fokus pada pengguna untuk menyelesaikan  masalah dan menghasilkan solusi inovatif. Pada tahap emphatize, penulis melakukan observasi langsung dengan beberapa pengguna. Tahap define, penulis mencoba menemukan inti permasalahan yang dialami pengguna dan mendefinisikan permasalahan tersebut menjadi sebuah pertanyaan. Tahap ideate, penulis membuat ideal solution dan memprioritaskan solusi – solusi tersebut berdasarkan value dan effort yang dipelukan.  Tahap prototype, penulis mengimplementasikan solusi – solusi yang sudah di prioritaskan menjadi sebuah desain. Tahap test, penulis menggunakan Maze sebagai alat pengujian yang akan dilakukan oleh pengguna guna mengetahui hasil dari solusi yang sudah diterapkan mampu menyelesaikan masalah dan memenuhi kebutuhan pengguna. Hasil dari pengujian usability testing memperoleh nilai keseluruhan 98 dari 100 dengan kesimpulan bahwa desain yang diuji coba telah berhasil dan sangat baik  sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Keywords


Design Thinking; SPEGALAN APIK; Usa-bility Testing

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


M. D. Ariawan, A. Triayudi, dan I. D. Sholihati, “Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, hal. 161, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1896.

A. Fadillah dan K. Khairullah, “Application of the Codeigniter Framework and Webservice on the Application for Personnel Information at the University of Muhammadiyah Bengkulu,” J. Komputer, Inf. dan Teknol., vol. 1, no. 2, hal. 418–425, 2021, doi: 10.53697/jkomitek.v1i2.395.

M. T. HARYANTO, “Implementasi Design Thinking Untuk Meningkatkan Usability Iso 9241-11 Di Website Fakultas Teknik Unimma (Universitas …,” 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://eprintslib.ummgl.ac.id/3493/1/1605040009_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

M. Aswadi et al., “Rancangan UI/UX Start Up Catering Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Wilayah Kota Palembang,” J. Tek., vol. x, No.x, no. x, hal. 517–527, 2023.

S. H. Cho dan S. H. Kim, “Suggestion for Collaboration-Based UI/UX Development Model through Risk Analysis,” J. Inf. Process. Syst., vol. 16, no. 6, hal. 1372–1390, 2020, doi: 10.3745/JIPS.04.0200.

N. Setiyawati, H. D. Purnomo, dan E. Mailoa, “User Experience Design on Visualization of Mobile-Based Land Monitoring System Using a User-Centered Design Approach,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 16, no. 3, hal. 47–65, 2022, doi: 10.3991/IJIM.V16I03.28499.

M. A. Sidiq, “Penerapan Metode Design Thinking Untuk Perancangan Aplikasi Manajemen Penanganan Barang Bukti( Studi Kasus : Data Multimedia ),” Penerapan Metod. Des. Think. Untuk Peranc. Apl. Manaj. Penanganan Barang Bukti Digit., hal. 3–4, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta, 2020.

A. Camelia dan Z. Nadia, “Studi Literatur Tahapan Pembuatan Design User Interface Aplikasi Kesehatan Berdasarkan Metode Design Thinking,” J. Desain, vol. 11, no. 1, hal. 105–115, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.30998/jd.v11i1.15711

I. Indarti, “Metode Proses Desain dalam Penciptaan Produk Fashion dan Tekstil,” BAJU J. Fash. Text. Des. Unesa, vol. 1, no. 2, hal. 128–137, 2020, doi: 10.26740/baju.v1n2.p128-137.

K. KHADIJAH, “Studi Perbandingan Metodologi Ui/Ux (Studi Kasus: Prototype Aplikasi Pdbi Academic Information System),” Knowl. J. Inov. Has. Penelit. dan Pengemb., vol. 2, no. 4, hal. 292–301, 2023, doi: 10.51878/knowledge.v2i4.1808.

A. C. Priyantono dan F. Ardiansyah, “Perancangan Prototipe Mobile User Experience Aplikasi Peningkatan Sumber Daya Desa Menggunakan Metode Double Diamond,” J. Ilmu Komput. dan Agri-Informatika, vol. 7, no. 2, hal. 96–104, 2020, doi: 10.29244/jika.7.2.96-104.

B. Weksi, “The Measurement Scale and Number of Responses in Likert Scale,” J. Ilmu Pertan. Dan Perikan., vol. 2, no. 2, hal. 127–133, 2013.

Andrew Pressman, Design Thinking - A Guide To Creative Problem Solving For Everyone, 1st Editio. London: Routledge, 2018. doi: https://doi.org/10.4324/9781315561936.

R. A. Yudarmawan, A. A. K. O. Kompiang, dan D. M. S. Arsa, “Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan,” J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 1, no. 2, hal. 222–233, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://www.neliti.com/id/publications/351388/

Y. A. Prayogi dan N. Setiyawati, “Perancangan UI/UX Pada Aplikasi E-Learning UMKM Salatiga Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 9, no. 1, hal. 402–415, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://repository.uksw.edu/handle/123456789/31162%0Ahttps://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/31162/4/TI_672019336_Daftar Pustaka.pdf

S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, hal. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.