PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI VALIDASI SERTIFIKAT KOMPETENSI BERBASIS DIGITAL

Erwan Dani
Novi Setiani - [ https://orcid.org/0000-0002-4953-7904 ]


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.5758

Abstract


Dampak teknologi informasi pada kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan, semakin penting seiring berlalunya waktu. Di Indonesia, sistem pendidikan terus maju dengan pengenalan kurikulum baru yang berfokus pada keahlian, sehingga sertifikat kompetensi menjadi sangat penting dalam mendukung perkembangan karier dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Namun, proses validasi sertifikat kompetensi menghadapi beberapa kendala seperti proses verifikasi yang kompleks dan lambat, serta meningkatnya kasus pemalsuan sertifikat. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem informasi yang dapat mempercepat dan menyederhanakan proses validasi dengan tingkat akurasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk sistem informasi validasi sertifikat kompetensi berbasis digital dengan melibatkan calon pengguna yaitu siswa dan guru SMK. Metode yang digunakan meliputi pembuatan storyboard, sketsa kasar, evaluasi dan revisi, serta sketsa detail yang dievaluasi dengan metode cognitive walkthrough. Hasil evaluasi berupa indikator keberhasilan waktu penyelesaian tugas oleh siswa dan guru digunakan sebagai perbaikan akhir sebelum implementasi, sehingga menghasilkan desain antarmuka yang sesuai kebutuhan pengguna.

Keywords


: Antarmuka Pengguna (UI), Pengalaman Pengguna (UX), Sertifikat Kompetensi, Sis-tem Informasi, Validasi

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Suryatni, “Teknologi Pendidikan Sebagai Pelaksanaan Sistem Informasi Dalam Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid-19,” JURNAL SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS SURYADARMA, vol. 8, no. 1, Jun. 2021, doi: 10.35968/jsi.v8i1.607.

E. Selvia, “Manajemen Sumber Daya Manusia Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ummi Kota Bengkulu,” 2021.

L. Amon and H. Harliansyah, “Analisis Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Perencanaan Peningkatan Mutu Pendidikan Menengah Kejuruan,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, pp. 147–162, Jan. 2022, doi: 10.55606/jimak.v1i1.258.

Sunarto and Priyanto, “Pengaruh Sertifikasi Kompetensi terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Siswa SMK,” Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 8, no. 2, pp. 121–132, 2020.

Badan Standar Nasional Pendidikan, “Laporan Tahunan Proses Sertifikasi Kompetensi Siswa SMK,” 2022.

F. Ari, “Sistem Informasi Pengolahan Sertifikat Berbasis Web Di Divisi Training SEAMOLEC ,” Jurnal Masyarakat Informatika, 2017.

B. Sutanto and R. Hidayat, “PEMROGRAMAN ULANG IC eMMC PADA SMARTPHONE MENGGUNAKAN UFI BOX,” Jurnal Teknik Elektro dan Informatika, vol. 17, no. 1, pp. 56–65, 2022.

M. Fadil and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” LOGIC : Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan , vol. 1, no. 4, 2023.

Andhihar, “REKONSTRUKSI PENANGGULANGAN KEJAHATAN PROSTITUSI DAN PERDAGANGAN ORANG MELALUI CYBER CRIME,” 2024.

Faisal Maulana Akbar, Ayouvi Poerna Wardhanie2, and Tan Amelia, “Implementasi Re-design UI/UX Website Fumigasi Untuk Meningkatkan Customer Experience,” Journal of Applied Computer Science and Technology, vol. 4, no. 2, pp. 90–99, Nov. 2023, doi: 10.52158/jacost.v4i2.488.

R. Taufik, Hermila, A. Kasim, and A. Leonardi, “Pemanfaatan Sistem Poin dalam Aplikasi Mobile untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengurangan Dampak Food Waste,” FEBRUARI : JURNAL PENELITIAN SISTEM INFORMASI , vol. 02, no. 01, 2024.

M. M. E. Abdilah, J. N. Fadila, and F. Nugroho, “Metode Pose to Pose untuk Membuat Animasi 3 Dimensi Islami ‘Keutamaan Ber-buka Puasa,’” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 145–154, Dec. 2021, doi: 10.34128/jsi.v7i2.314.

I. W. W. N. Kusuma, I. G. J. E. Putra, and B. P. W. Nirmala, “GuideAR: Aplikasi Berbasis Augmented Reality dan Global Positioning System untuk Pengenalan Daya Tarik Wisata,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 10, no. 1, p. 78, Mar. 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i1.31988.

C. Atika, C. Jatmoko, and D. Ryan, “Membangun Media Pembelajaran Animasi 3D dengan Plotagon untuk Guru SMA-SMK,” Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer, vol. 02, no. 02, 2023.

N. Rachmawati and S. Sumargiyani, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Konstektual Pada Materi Persamaan Linear Satu Vari-abel Kelas Vii Smp,” LINEAR: Journal of Mathematics Education, p. 1, Jun. 2021, doi: 10.32332/linear.v2i1.3106.

S. Hidayat and M. Rosidin, “Visualisasi Desain Karakter Mahasiswa Jurusan Desain Komunikasi Visual Pada Papan Permainan Kuliah Seni Desain,” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), vol. 3, no. 02, p. 278, Sep. 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1552.

Y. Tri and A. Islam, “Penerapan Design Thinking Dengan Menggunakan Gaya Desain Monoline Pada Perancangan Logo D’papo Su-rabaya,” Jurnal Barik, vol. 01, no. 02, pp. 261–274, 2020.

C. Husnul and F. Rahma, “Evaluasi dan perbaikan Tampilan Desain Antarmuka pengguna Web Jogja Center dengan Metode Human-Centered Design,” AUTOMATA, vol. 03, no. 01, 2022.

T. N. A. Amini, H. Fabroyir, and R. J. Akbar, “Desain dan Evaluasi Antarmuka Mobile App MyITS Alumni pada Platform Android dan Ios Melalui Pendekatan User-Centered Design,” Jurnal Teknik ITS, vol. 10, no. 2, Dec. 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i2.63024.

Rizal and Jesdyka, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Toko Kelontong Berbasis WEB (Studi Kasus Toko Semoga Jaya),” Jurnal Manajemen, Pendidikan Dan Ilmu Komputer, vol. 01, no. 01, 2024.

P. Wicaksono, Indah Retno, and A. Rachmadi, “Evaluasi dan Desain Perbaikan Antarmuka Pengguna Pada Situs Web Funtech Plaza Menggunakan Metode Goal-Directed Design (GDD),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 04, no. 03, 2020.

Marghescu, “User-centered design for an online learning platform: A case study,” J Educ Techno Soc, vol. 25, no. 2, pp. 19–33, 2022.

Singh, “Designing an accessible mobile health application for users with disabilities,” Int J Hum Comput Interact, vol. 36, no. 6, pp. 548–562, 2020.