ANALISIS PENILAIAN KUALITAS WEBSITE SHOPEE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Ubaydillah Ubaydillah
Marlinda Sanglise
Alex De Kweldju


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5735

Abstract


Dengan berkembangnya teknologi seperti saat ini menghadirkan inovasi baru dalam melakukan transaksi pembelian yaitu hadirnya e-commerce. Shopee adalah salah satu e-commerce saat ini yang memiliki banyak pengguna. Tercatat 2,3 Miliar pengunjung pada tahun 2023. Faktor apa sehingga menjadikan shopee menjadi e-commerce dengan pengunjung terbanyak pada tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis situs web Shopee dari sudut pandang pengguna dan melihat  nilai kepuasan pengguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode webqual 4.0. dengan teknik pengumpulan data menggunakan Kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan untuk melakukan analisis data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada website shopee dalam penelitian ini variabel Usability yang mempunyai nilai tertinggi yaitu mencapai 43%,  Service Quality 27%, dan Information Quality 8%. Dari data ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Usability atau Kegunaan lah yang menjadi faktor yang paling menonjol dari website shopee ini, sedangkan untuk Information Quality atau kualitas informasi yang diberikan masih kurang dan  harus dilakukan peningkatan pelayanan, karena pada penelitian ini hanya memperoleh nilai sebesar 8% jauh dari Usability dan Service Quality. Untuk keseluruhan dari kualitas website shopee memperoleh nilai 78%.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


N. D. Dewi, “Pengaruh Kemudahan, Keamanan dan Pengalaman Pembelian terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Menggunakan Aplikasi Shopee,” J. EKOMAKS J. Ilmu Ekon. Manajemen, dan Akunt., vol. 8, no. 1, pp. 25–32, 2019, [Online]. Available: https://ekomaks.unmermadiun.ac.id/index.php/ekomaks/article/view/29

M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis,” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 171–182, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.374.171-182.

I. K. Reza Hermiati, Asnawati, “PEMBUATAN E-COMMERCE PADA RAJA KOMPUTER MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PHP DAN DATABASE MYSQL jurnal pendukung,” J. Media Infotama, vol. 17, no. 1, pp. 54–66, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/1317

M. D. Abdurrahman Sidik, S.Sn., Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain. Banjarmasin: Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari, 2019. [Online]. Available: https://repository.uniska-bjm.ac.id/504/1/Abdurrahman Sidik - Teori, Strategi, dan Evaluasi Merancang Website dalam Perspektif Desain.pdf

A. A. H. A. Meriyati, “Pengaruh Promo Flash Sale 3.3 4.4 Pada Aplikasi Shopee Terhadap Minat Pembelian Mahasiswa Aktif Prodi Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang,” J. Bisnis Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 655–666, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.lapad.id/index.php/jurbisman/article/view/236

K. A. D. Syafutra, “PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN DENGAN APLIKASI SURVEI PADA PDAM KOTA BENGKULU.pdf,” J. TEKNOSIA, vol. 1, no. 1, pp. 16–21, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/teknosia/article/view/15542

Y. Oslan and H. Kristanto, “Analisis Kualitas ssat.ukdw.ac.id dengan Metode Pendekatan Webqual 4.0,” Juisi, vol. 07, no. 01, pp. 1–10, 2021, [Online]. Available: https://journal.uc.ac.id/index.php/JUISI/article/view/2092

Sendianto, “ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK BESERTA PERAMALAN PENJUALANNYA (STUDI KASUS PADA PT. ASKOTAMA INTI NUSANTARA),” J. Manaj. Bisnis, vol. 16, no. 2, pp. 85–94, 2021, [Online]. Available: https://journal.stimaimmi.ac.id/index.php/aliansi/article/view/103

D. A. M. F. M. J. Hutajulu, “Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 1, p. 34, 2020, doi: 10.24843/jim.2020.v08.i01.p04.

N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023, [Online]. Available: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

N. Mu’afiah, “PENGARUH OPINI AUDIT DAN PERGANTIAN AUDITORTERHADAP AUDIT DELAYPADA PT. BUMIMAS NUSANTARAPERIODE 2015-2019,” J. Mitra Manaj. (JMM ONLINE), vol. 4, no. 11, pp. 1558–1572, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/483

F. A. H. S. I. A. S. Barkah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menarik Kesimpulan Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Teks Tanggung Jawab Warga Negara melalui Metode Mind Mapping.pdf.” Stikip Kusumua Negara, Jakarta, pp. 45–50, 2020. [Online]. Available: http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/514

Sumartini, K. S. Harahap, and Sthevany, “Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Di Perusahaan Pembekuan Tuna X,” Aurelia J., vol. 2, no. 1, pp. 29–38, 2020, [Online]. Available: http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/aureliajournal/article/view/9392

R. Al Hakim, I. Mustika, and W. Yuliani, “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, pp. 263–268, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7249.

F. M. F. E. Ahman, “PENGARUH PELATIHAN SDM DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DISIPLIN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ATTARAKHA PHOTOGRAPHY BANDUNG.pdf,” JEMSI (jurnal Ekon. Manaj. Sist. informasi), vol. 2, no. 1, pp. 35–46, 2020, [Online]. Available: https://dinastirev.org/JEMSI/article/view/324

M. Erida, “Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Motivasi Pengidap HIV/AIDS,” J. Ilm. Bina Edukasi, vol. 1, no. 1, p. 18, 2021, [Online]. Available: http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3196474&val=28136&title=UJI VALIDITAS DAN UJI RELIABILITAS INSRUMEN MOTIVASI PENGIDAP HIVAIDS

Minarwati and I. Hidayah, “Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna,” J. Inform. Komputer, Bisnis dan Manaj., vol. 20, no. 2, pp. 87–99, 2023, doi: 10.61805/fahma.v20i2.36.

N. A. J. P. R. Setyadi, “Analisis Kepuasan Pengguna Website TVCCTube Menggunakan Metode Webqual 4.0.pdf,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 714–722, 2023, [Online]. Available: http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josh/article/view/2951

I. N. Muslimah, “PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PELAYANAN FISKUS TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN VARIABEL INTERVENING KEPUASAN WAJIB PAJAK.pdf,” Prism. (Platform Ris. Mhs. Akutansi), vol. 1, no. 2, pp. 81–96, 2020, [Online]. Available: http://www.ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/370