RANCANG BANGUN GAME ADVENTURE 2D BELAJAR BERHITUNG USIA DINI

Maulana Muhamad Asrofi
Cindy Taurusta
Suhendro Busono


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.5729

Abstract


Game edukasi sangat menarik untuk dikembangkan, Permainan edukatif memiliki beberapa keunggulan dibandingkan metode pengajaran tradisional. Salah satu keunggulan utama permainan edukasi adalah visualisasi permasalahan nyata. Perkembangan dan dukungan teknologi digital telah menawarkan peluang baru bagi anak-anak untuk belajar dalam bentuk permainan edukatif digital. Dari hasil penelitian ini telah selesai dibuat sebuah aplikasi game edukasi berbasis Android yang sangat bermanfaat bagi anak usia dini, karena selain untuk pendidikan sekolah formal, anak-anak juga dapat belajar sambil bermain dengan aplikasi ini. Oleh karena itu penulis membuat sebuah game pembelajaran berbasis petualangan dengan harapan anak-anak dapat segera menggunakan aplikasi game tersebut dan menambah pengetahuan serta mengubah metode belajarnya agar tidak bosan. tidak hanya untuk bersenang-senang dan menghilangkan kebosanan dalam belajar, namun banyak juga permainan mengasah berpikir dan logika yang dapat memberikan materi yang lebih menarik untuk diterima dan dipahami terutama bagi anak-anak yang masih dalam usia dini. Pada anak usia dini, anak usia 3 hingga 6 tahun merupakan masa emas perkembangan otaknya.

Keywords


Game Adventure 2D; Learn To Count; Early age.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


c. flores, “No TitleΕΛΕΝΗ,” Αγαη, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

M. Shofia and S. Dadan, “Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 05, no. 01, p. 1561, 2021.

H. Apriyanti, “Pemahaman Orang Tua Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini,” Educ. J. J. Educ. Res. Dev., vol. 3, no. 1, pp. 13–18, 2019, doi: 10.31537/ej.v3i1.137.

E. K. Wardani and D. Suryana, “Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1790–1798, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1857.

S. Asma, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berhitung Melalui Permainan Mencari Harta Karun di TK Pertiwi Kota Banda Aceh,” Serambi PTK, vol. VI, no. 2, pp. 45–54, 2019, [Online]. Available: http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/view/1144

P. M. Hasanah, B. Martati, and A. P. Rahayu, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, p. 116, 2021, doi: 10.30651/pedagogi.v7i1.6999.

F. N. Fatimah, “Analisis Faktor Penyebab Anak Usia Dini Mengalami Kesulitan dalam Berhitung di TK Siaga Muda Kec. Percut Sei Tuan,” J. Ashil J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 1–23, 2023.

N. W. U. Ratna Dewi, N. M. Asril, and D. G. F. Wirabrata, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini Melalui Video Animasi,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 99, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i2.36800.

N. P. Eviyanti, F. Fitriawan, R. A. Ulfa, and N. Krisnawati, “Peningkatan Berhitung Anak Usia Dini Menggunakan Alat Permainan Edukatif Apron Hitung Improving Early Childhood Numeracy Using the Apron Counting Educational Game Tool,” Absorbent Mind J. Psychol. Child Dev. Absorbent Mind, vol. 2, no. 2, pp. 111–122, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/absorbent_mind

R. Windawati and H. D. Koeswanti, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 1027–1038, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.835.

Y. Kalaka, Y. A. Mustofa, and H. Dalai, “Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar,” J. Ilm. Ilmu Komput. Banthayo Lo Komput., vol. 2, no. 1, pp. 78–82, 2023, doi: 10.37195/balok.v2i1.542.

K. A. Febiola, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Angka,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 3, no. 2, p. 238, 2020, doi: 10.23887/jippg.v3i2.28263.

A. Rukajat and M. Makbul, “Risalah : Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Strategi Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Pohon Hitung,” Risal. J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 8, no. 4, pp. 1386–1398, 2022.

R. T. Humaida and M. Z. Abidin, “Penggunaan Media Busy Book Terhadap Kognitif Pengenalan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia Dini,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 9, no. 1, p. 135, 2021, doi: 10.21043/thufula.v9i1.10293.

K. T. Jaya, M. G. An’Ars, A. Surahman, and S. Sintaro, “Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran PeJaya, Kadek Tame, M. Ghofur An’Ars, Ade Surahman, and Sanriomi Sintaro. 2023. ‘Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Untuk Anak Usia Dini.’ Jurnal Med,” J. Media Borneo, vol. 1, no. 1, pp. 12–20, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.kertekmedia.com/index.php/mediaborneo/article/view/7%0Ahttps://jurnal.kertekmedia.com/index.php/mediaborneo/article/download/7/2

S. Janah and D. Ariyani, “Pemanfaatan Game Edukasi Marbel Angka Berbasis Android Sebagai Media Pengenalan Angka Pada Anak Usia Dini,” Skripsi, vol. 6, no. 2, pp. 24–32, 2021.

S. N. Wahyuni, “Pengembangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis Mobile Menggunakan Construct 2,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 2, pp. 264–269, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i2.1140.

S. Sulistyowati, E. Gunawan, and L. Rusdiana, “Aplikasi Game Edukasi Matematika Tingkat Dasar Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 16, no. 1, p. 107, 2022, doi: 10.33365/jti.v16i1.806.

J. Y. Beli, F. Hariadi, and D. A. Sitaniapessy, “Permainan Edukasi Mengenal Angka dan Berhitung untuk Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Berbasis Android,” Blend Sains J. Tek., vol. 2, no. 1, pp. 46–55, 2023, doi: 10.56211/blendsains.v2i1.289.

M. Fauzan Febriansyah and Y. Sumaryana, “Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Informatics Digit. Expert, vol. 3, no. 2, pp. 61–68, 2021, doi: 10.36423/index.v3i2.838.