PENGARUH KEAMANAN DATA, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TIKTOK SHOP DAN FACEBOOK MARKETPLACE PADA KOTA SALATIGA

David Egi Tamba
Wiwin Sulistyo


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v10i1.5526

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh Keamanan Data, Kepercayaan, dan Kinerja Website terhadap Keputusan Pembelian pada platform E-Commerce TikTok Shop dan Facebook Marketplace di Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan kuesioner terhadap 120 responden yang pernah melakukan transaksi di kedua platform tersebut. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif statistik, regresi berganda, uji t, dan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan linear antara variabel Keamanan Data, Kepercayaan, Kinerja Website, dan Keputusan Pembelian baik pada TikTok Shop maupun Facebook Marketplace. Korelasi antara variabel-variabel tersebut juga menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan, dengan pengaruh yang lebih besar pada Facebook Marketplace dibandingkan dengan TikTok Shop. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang diteliti memberikan kontribusi yang lebih besar pada Keputusan Pembelian di Facebook Marketplace (74,9%) daripada TikTok Shop (51,2%). Dalam konteks uji hipotesis, variabel Keamanan Data dan Kepercayaan secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian baik pada TikTok Shop maupun Facebook Marketplace. Namun, Kinerja Website hanya berpengaruh signifikan pada Facebook Marketplace. Implikasi temuan ini adalah bahwa sementara Facebook Marketplace memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap Keputusan Pembelian, preferensi individu dan aspek lain seperti keamanan data dan kepercayaan juga perlu dipertimbangkan dalam memilih platform E-Commerce yang sesuai.

Keywords


Facebook Marketplace; Keputusan Pembelian; Kota Salatiga; Penelitian Kuantitatif; TikTok Shop

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep & Kinerja (Pertama). Jakarta: Mitra Wacana Media

Abdulhakim, A. (2019). Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua-Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-anak di Media So-sial TikTok. (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Weiss, G. (2020). TikTok added 12 million unique U.S visitors in March, as watch time surges in quarantine. Tubefilter https://www.tubefilter.com/2020/04/28/tiktok-added-12-million-unique-us-visitors-in-march

Rasyid, M. H. (2020). Pembelajaran Puisi Secara Daring Dengan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi (TikTok) Sma Negeri 3 Pati. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PRO SNAMPAS) Vol 13

Iinterworldstats. 2020. Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tahun 2020 Capai 196,7 Juta, Naik Karena WFH. Diakses pada tanggal, 30 Juli 2022. https://kumparan.com/kumparantech/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tahun-2020- capai-196-7-juta-naik-karena-wfh-1uYnJ729dTL/full.

Ardia, I. (2021). Apa itu Tiktok Shop? Ini Penjelasan dan Cara Berbelanja di Tiktok Shop. Beritadiy. https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-702635561/apa-itu-tiktok-shop-ini-penjelasan-dan-cara-belanja-di-fitur-baru-tiktok

Anggraeni, Elisabet Yunaeti ,dkk. 2022. Buku Ajar E-Business dan E-Commerce. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Asriani, Herdhiansyah, D, Yandi. (2022). Digital Marketing Produk Sagu. Penerbit NEM

Salmiah, Fajrillah, Sudirman , A., Siregar , M. N., Simarmata , J., Suleman , A. R., et al. (2020). Online Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Widyayanti ER, 2019. Pengaruh Marketplace terhadap Peningkatan Pendapatan pada UKM (Studi pada UKM di Daerah Istimewa Yog-yakarta. Jurnal optimum. 9 (1). 1-14.

Septi Mauludiyahwati.2017.Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online.Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta

Ady A, Mayla S, Agus P (2021). Pengaruh Kualitas Website E-Commerce, Kepercayaan, Persepsi Risiko dan Norma Subyektif terhadap Minat Beli Secara Online di bukalapak.com. Jurnal Unbari, Vol 21, No 3 (2021).

Suryani. S (2022). Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Sikap Pengguna E-Commerce. Ejournal Gunadarma, Vol 27, No 2 (2022).

Nawangsari S, Pramesti W. N (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com). Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Vol 4, No 3 (2017), Doi: https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i3.131

Utami H. R. A. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan, Keamanan Dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce. Jurnal Prisma. Vol 1, No 6 (2020)

Napitupulu M.H, Supriyono. Pengaruh Keamanan dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Lazada di Sura-baya. Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. Vol 5 No 2 (2023)

Chaffey, D. (2007). E-marketing. In The Marketing Book: Sixth Edition. https://doi.org/10.4324/9780080942544

Kotler, P. (2000). Marketing Management, Millenium Edition. Marketing Management. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T

Yunita, N. R., Sumarsono, H., & Farida, U. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pem-belian Online Di Buka Lapak (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo). ISOQUANT: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 90. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243

Yunitasari, D., & Lestariningsih, M. (2018). Pengaruh Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restaurant Kfc. 5, 1–16

Mutiara, M., & Wibowo, I. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 8(2), 10–20. https://doi.org/10.35137/jmbk.v8i2.419

Selly, & Rustam, T. A. (2022). Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Secara Online Oleh Mahasiswa Di Kota Batam meliputi : SCIENTIA JOURNAL : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(1)

Alverina, C., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bravo Engineering Batam. 20(1), 105–123.

Al-Qeisi, K., Dennis, C., Alamanos, C., &Jayawardhena, C. (2014). Website Design Quality and Usage Behavior: Unified Theory of Ac-ceptance and Use of Technology, Journal of Business Research, 67(11), 2282-2290.https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.06.016

Susanti, R., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Batam Bangun Prahtama. Jurnal Ekuivalensi, 8(1), 80–91. https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v8i1.661

A. Muhammad Aris, “Pengaruh promosi dan harga terhadap minat pembeli,” Lincolin Arsyad, vol. 3, no. 2, pp. 1–46, 2014, [Online]. Available: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127

Ivone, I., Wongnur, T., Arwin, A., Lisa, L., & Ciamas, S. E. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Jumlah Murid di Sempoa Sip Sumut Dan Aceh. Jurnal Ilmiah Simantek, 3(2).