PENGEMBANGAN E-COMMERCE PADA PT GIRI DADI MULYO BERBASIS WEBSITE DIGITAL MARKETING

Ardian Ibnurosyidianto
Khanun Roisatul Ummah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i4.5495

Abstract


Perkembangan era digital telah mendorong sejumlah perusahaan untuk memanfaatkan platform website e-commerce dalam upaya penjualan produk mereka. Sebagai contoh, PT Giri Dadi Mulyo, meskipun telah memiliki website e-commerce, fungsinya terbatas hanya pada branding produk tanpa sistem penjualan terintegrasi. Guna menangani kondisi ini, studi ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan situs web pemasaran digital berbasis e-commerce oleh PT Giri Dadi Mulyo. Dalam proses pengembangannya, metode waterfall digunakan untuk mengatur tahapan mulai dari analisis hingga pengujian, memberikan kerangka kerja yang terstruktur. Situs web ini memiliki fitur pengelolaan data yang meliputi data pembelian, data produk, dan data kategori, untuk memudahkan administrasi dan manajemen produk yang ditawarkan. Selanjutnya, metode Black Box Testing digunakan untuk mengevaluasi kinerja sistem, khususnya dalam hal login, logout, dan pengelolaan data. Hasil pengujian SystemzUsabilityzScalez(SUS) yang telah diuji, dengan skor mencapai 75,67, yang telah diuji oleh karyawan dan pelanggan PT Giri Dadi Mulyo, menunjukkan tingkat kelancaran yang dapat diterima. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan pengalaman pengguna dan meningkatkan keandalan sistem e-commerce yang dikembangkan

Keywords


E-commerce, Digital Marketing, Waterfall Method

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Gammayani, Dimas A. Irham Hanif Nabawi, Muhammad Irsyad Alfatih. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Koordinasi antara Perpustakaan Nasional dengan Perpustakaan Provinsi.” J. Record and Library Journal. Vol 1. No 2, pp 120-128. 2015

A. Dwijayanti, R. Komalasari, B. Harto, P. Pramesti, and M. W. Alfaridzi, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 6, no. 2, pp. 68–75, 2022, doi: 10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2408.

Nurritanto, Mohammad Aziz and , Azizah Fatmawati, S.T., M.Cs (2023) E-Commerce Pada Perseroan Terbatas Haziz Mebel Berbasis Website Digital Marketing. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Available: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/116707.

Z. Kedah, “Use of E-Commerce in The World of Business,” Startupreneur Bus. Digit. (SABDA Journal), vol. 2, no. 1, pp. 51–60, 2023, doi: 10.33050/sabda.v2i1.273.

Alfiansyah, Mochamad Iqsal and Mochamad Bagoes Satria Junianto. “Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Web Information System Development Methodology (Studi Kasus: Jaks Store.Id).” J. JTSI, Vol. 4, No. 1, pp 1-10. 2023.

IIsa, Indra Griha Tofik. “Perancangan Aplikasi E-Commerce Penjualan Kayu Pada Pt. Sekar Gayanti Utama Berbasis Web.” J.JASISFO (Jurnal Sistem Informasi). Vol. 2, No. 1, pp 127-139. 2021.

M. R. Handi, M. Taufiq, and R. S. Wijaya, “Peningkatan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Upaya Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Program KKNT-MBKM Di Kel. Rungkut Tengah, Kec. Gunung Anyar, Kota Surabaya,” vol. 01, pp. 64–74, 2023.

R. Hermiati, "Pembuatan E-Commerce pada Raja Komputer Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database MySQL,"J. Media Infotama Vol.17 No. 1 , pp. 54-66, 2021.

H. Xie, S. Chang, Y. Wang, and A. Afzal, “The impact of e-commerce on environmental sustainability targets in selected European countries,” Econ. Res. Istraz. , vol. 36, no. 1, pp. 230–242, 2023, doi: 10.1080/1331677X.2022.2117718.

R. Tiwari, “Impact of Demonetization on Indian Economy: A Survey,” IOSR J. Econ. Financ., vol. 08, no. 02, pp. 01–05, 2017, doi: 10.9790/5933-0802010105.

M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.

J. A. Ramadhan, D. T. Haniva, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall , Agile , dan Hybrid,” vol. 07, pp. 36–42, 2023.

K. ’Afiifah, Z. F. Azzahra, and A. D. Anggoro, “Analisis Teknik Entity-Relationship Diagram dalam Perancangan Database Sebuah Literature Review,” Intech, vol. 3, no. 2, pp. 18–22, 2022, doi: 10.54895/intech.v3i2.1682.

A. Voutama, “Pemanfaatan Uml ( Unified Modeling Language ) Dalam Perancangan Sistem Penyewaan Baju Adat Berbasis Website,” J. Inform. Manaj. dan Komputer, Vol. 14 No.2,Desember 2022 eISSN 2580-3042 pISSN 1979-0694, vol. 4, no. 2, pp. 38–44, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.stmikdumai.ac.id/index.php/path/article/view/445

A. Fu’adi, A. Prianggono, A. Komunitas, N. Pacitan, A. A. Id, and A. A. Id, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Akademi Komunitas Negeri Pacitan Menggunakan Diagram UML dan EER,” J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 16, no. 1, pp. 45–54, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.stmikasia.ac.id/index.php/jitika/article/view/650

Siddiq, “Exploring the Effectiveness of Large Language Models in Generating Unit Tests,” pp. 1–13, 2023, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/2305.00418

A. Fahrezi, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Inventori Barang Berbasis Web di PT. AINO Indonesia,” J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2022, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic

A. R. Erika Ifalinda, “Sistem Informasi Penjualan Toko Raja Bunga Anggrek Desa Pakopen Dengan Menggunakan Metode Waterfall,” J. Mhs. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2023, doi: 10.35473/jamastika.v2i1.2145.

L. A. N. Wibisono and D. A. P. Putri, “Pembuatan Aplikasi Persewaan Kamera Pada Toko Sewa Kamera Solo Berbasis Web,” Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 1, p. 9, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i1.4176.

M. A. Kosim, S. R. Aji, and M. Darwis, “Pengujian Usability Aplikasi Pedulilindungi Dengan Metode System Usability Scale (Sus),” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 1–7, 2022, doi: 10.31326/sistek.v4i2.1326.