PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS INTERAKTIF VIRTUAL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN KAMERA 360°

Ferdy Eko Yuwantoro
Atiqoh Atiqoh
Hari Karyono


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5417

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran dasar desain grafis interaktif virtual berbasis web menggunakan kamera 360°. Pengembangan ini didasari atas kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh pengajar. dengan menggunakan pendekatan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model ini diharapkan dapat mengembangkan media pembelajaran yang efektif dan efisien.

Metode penelitian ADDIE terdiri dari beberapa tahapan, termasuk studi literatur tentang pendidikan berbasis web dan teknologi kamera 360, pengembangan konten pembelajaran yang sesuai, pengambilan gambar menggunakan kamera 360, pengolahan dan penyuntingan video, sebelum masuk dalam tahap terakhir dilakukan pengujian produk. Proses ini melibatkan ahli desain, ahli materi/isi dan ahli media serta dilakukan uji kecil menggunakan 12 peserta didik dan uji besar sebanyak 36 peserta didik, langkah terakhir adalah evaluasi instrumen pembelajaran yang telah dibuat. Hasil yang diperoleh dalam uji coba kelayakan didapat bahwa untuk ahli desain memperoleh 84,76%, untuk ahli materi/isi memperoleh 92,72%, untuk ahli media memperoleh 84,61%. Dari hasil uji kelayakan ahli dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dikatakan layak untuk dilakukan uji coba dalam proses pembelajaran. Untuk uji coba kelompok kecil diperoleh 86,83%, untuk uji coba kelompok besar memperoleh 83,4%.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa penggunaan kamera 360 sudah memenuhi dan layak untuk digunakan, serta memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik, pengembangan media video pembelajaran memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan imersif. Melalui penggunaan teknologi kamera 360, peserta didik dapat mengendalikan pandangan mereka dalam video pembelajaran, menjelajahi lingkungan belajar secara virtual, dan berinteraksi dengan konten pembelajaran melalui antarmuka web yang disediakan.

Keywords


media pembelajaran; video interaktif; virtual reality; kamera 360; web; pendidikan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. Maulidi, N. A. Handoyono, and Samidjo, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Menggunakan Hand Tools,” Edukasia J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 127–143, 2022.

S. Riyadi, I. Nurhaida, U. Mercubuana, P. Korespondensi, and U. M. Buana, “APLIKASI SISTEM VIRTUAL TOUR E-PANORAMA 360 DERAJAT VIRTUAL TOUR E-PANORMA 360 DEGREE SYSTEM APPLICATION BASED ON ANDROID FOR INTRODUCTION MERCU BUANA CAMPUS,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 17–24, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294209.

F. A. Hussin, A. Sharikin, and A. Bakar, “The Adoption of Virtual Reality Technology in Real Estate Marketing : A Review,” J. Adv. Res. Appl. Sci. Eng. Technol., vol. 32, no. 3, pp. 380–399, 2023.

H. Cardona, C. Lara-alvarez, and E. F. Parra-gonzález, “Virtual Tours to Facilities for Educational Purposes : A Review,” TEM J., vol. 12, no. 3, pp. 1725–1731, 2023, doi: 10.18421/TEM123.

A. Yaqoob, G. S. Member, and T. Bi, “A Survey on Adaptive 360 ◦ Video Streaming : Solutions , Challenges and Opportunities,” IEEE Commun. Surv. Tutorials, vol. 22, no. 4, pp. 2801–2838, 2020, doi: 10.1109/COMST.2020.3006999.

X. Liu, Q. Xiao, V. Gopalakrishnan, B. Han, F. Qian, and M. Varvello, “360 ° Innovations for Panoramic Video Streaming,” Assoc. Cumputing Mach., vol. November-, pp. 50–56, 2017, doi: 10.1145/3152434.3152443.

Y. Zhang, P. Zhao, K. Bian, Y. Liu, L. Song, and X. Li, “DRL360 : 360-degree Video Streaming with Deep Reinforcement Learning,” in IEEE INFOCOM 2019 - IEEE Conference on Computer Communications, IEEE, 2019, pp. 1252–1260.

A. F. Raharjayanti, “Keefektifan media video pembelajaran dari youtube terhadap keterampilan menyimak dan melagukan tembang macapat kelas IV,” Joyf. Learn. J., 2021.

J. Strickland, “Online Course Development Using the ADDIE Instruction Design Model : The Need to Establish Validity Jane Strickland Albert Strickland Paohsi Wang National Kaohsiung University of Hospitality and Tourism Lauralee Zimmerly and Shane Moulton Idaho State Univ,” in Proceedings of SITE 2013--Society for Information Technology & Teacher Education International Conference, LearnTechLib, 2012.

M. T. A. Ghani and W. A. A. W. Daud, “Adaptation Of ADDIE Instructional Model In Developing Educational Website for Language Learning,” Glob. J. Al-Thaqafah, vol. 8, no. 2, pp. 7–16, 2018.

M. Safitri and M. R. Aziz, “ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning,” J. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 50–58, 2022.

I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” J. IKA, vol. 11, no. 1, p. 16, 2013.

R. Arofah and H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model,” HALAQA Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–43, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Z. N. Adesfiana, I. Astuti, and E. Enawaty, “Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model Addie,” J. Khatulistiwa Inform., 2022.

A. Rustandi and R. Rismayanti, “Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda,” J. Fasilkom, vol. 11, no. 2, pp. 57–60, 2021, doi: 10.37859/jf.v11i2.2546.