BUSINESS PROCESS REENGINEERING LAPORAN SERTIFIKASI PADA CV.AGROBAS

Muhammad Wahyu Yudiansyah
Wildan Suharso
Evi Dwi Wahyuni


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5393

Abstract


Rekayasa ulang sistem merupakan langkah untuk menguji sejauh mana kinerja sebuah sistem mampu memenuhi kebutuhan dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis. CV.AGROBAS merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. CV.AGROBAS perlu menata ulang sistem karena menyadari bahwa proses pelaporan sertifikasi yang dilakukan sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan teknologi saat ini, dan juga karena jumlah sertifikasi yang harus dilakukan untuk mencapai Standar Nasional Pertanian Indonesia semakin banyak. Selama ini agen lapangan harus melaporkan informasi sertifikasi ke kantor, namun saat ini proses tersebut dinilai kurang efektif. Salah satu solusi yang diambil adalah menerapkan business process reengineering (BPR) dengan mengintegrasikan teknologi informasi kedalam bisnis, sebuah konsep yang bertujuan untuk memodifikasi proses bisnis yang memiliki kelemahan agar dapat meningkatkan efisiensinya. Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan referensi yang berkaitan dengan business process reengineering. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi permasalahan, wawancara dengan pihak CV. AGROBAS, dan studi literatur yang relevan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian efisiensi throughput dan analisis proses dengan mengacu pada standar ASME (American Society of Mechanical Engineers). Pada penelitian ini didapatkan bahwa laporan sertifikasi memiliki nilai efisiensi sebesar 66,93%, namun pada saat dilakukan re-engineering didapatkan 11 proses yang dieliminasi dan 14 proses yang diotomatisasi secara online. Hasil akhir yang didapatkan adalah nilai efisiensi sebesar 95,40% setelah melakukan Business Process Reengineering. Dan menghasilkan sebuah system informasi yang dapat mendukung kegiatan laporan sertifikasi CV.AGROBAS

Keywords


Business Process Reengineering; Rekayasa Ulang Sistem; ASME; CV.AGROBAS; TI

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


B. Zuhaira and N. Ahmad, “Business process modeling, implementation, analysis, and management: the case of business process management tools,” Bus. Process Manag. J., vol. 27, no. 1, pp. 145–183, 2021, doi: 10.1108/BPMJ-06-2018-0168.

L. Yana Siregar and M. Irwan Padli Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 71–75, 2020.

Miswanto, H. Sulistiani, and Damayanti, “Penerapan Metode Cost And Benefit Analysis Dalam Pengukuran Investasi Teknologi Informasi,” J. TEKNOKOMPAK, vol. 14, no. 1, p. 54, 2020.

S. E. Chang, Y. C. Chen, and T. C. Wu, “Exploring blockchain technology in international trade: Business process re-engineering for letter of credit,” Ind. Manag. Data Syst., vol. 119, no. 8, pp. 1712–1733, 2019, doi: 10.1108/IMDS-12-2018-0568.

Y. Al-Anqoudi, A. Al-Hamdani, M. Al-Badawi, and R. Hedjam, “Using machine learning in business process re-engineering,” Big Data Cogn. Comput., vol. 5, no. 4, 2021, doi: 10.3390/bdcc5040061.

M. M. Ali, “Peran Teknologi Informasi dalam Usaha Meraih Kesempatan Masa Depan Organisasi,” J. Transform., vol. 15, no. 1, pp. 87–95, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/JT/article/view/187%0Ahttps://ejournal.stmikbinapatria.ac.id/index.php/JT/article/download/187/133

S. Nargesi and G. Ali Bazaee, “Evaluation of the use of business process reengineering (BPR) for improving business-IT alignment by utilizing the intelligent decision support system (IDSS),” Int. J. Nonlinear Anal. Appl, vol. 14, no. November 2021, pp. 2008–6822, 2023, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.22075/ijnaa.2022.26813.3417

H. Lizano-Mora, P. R. Palos-Sanchez, and M. Aguayo-Camacho, “The evolution of business process management: A bibliometric analysis,” IEEE Access, vol. 9, pp. 51088–51105, 2021, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3066340.

O. Rahayu, “Pengaruh Business Process Reengineering Terhadap Business Process Performance,” J. Publ. Ilmu Manaj., 2022, [Online]. Available: https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1127

S. Wildan and A. Damar, “Rekayasa Ulang Sistem Permintaan Informasi Pada Kejaksaan Negeri Batu,” J. Instek, vol. 3, no. 2, pp. 271–280, 2018.

D. S. Oetomo and R. F. Ramdhani, “Usulan Perbaikan Proses Bisnis Departemen J20 di PT Indorama Synthetics Tbk dengan Menggunakan Metode Business Process Reengineering,” J. Media Tek. dan Sist. Ind., vol. 5, no. 2, p. 63, 2021, doi: 10.35194/jmtsi.v5i2.1416.

R. Yusianto and P. N. Andono, “JITE ( Journal of Informatics and Telecommunication Engineering ) Business Process Reengineering for Red Onion E-Commerce System,” vol. 6, no. January, pp. 559–569, 2023.

R. N. Wuli, “Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia Pertanian Untuk Menciptakan Petani Unggul Demi Mencapai Ketahanan Pangan,” J. Pertan. Unggul, vol. Volume 2, no. Nomor 1, pp. 1–15, 2023.

R. Riyanto and H. Iswarini, “Studi Manajemen Usahatani Dan Dampak Diperolehnya Sertifikat Produk Prima Tiga Terhadap Usahatani Jeruk Siam Di Desa Budi Mulya Kecamatan Air Kumbang Kabupaten Banyuasin,” Societa, vol. 12, no. 1, pp. 26–34, 2023.

A. Dwi Yulianto, P. Sistem Informasi Kemetrologian, and D. Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah JlPahlawan No, “Perancangan Sistem Informasi Kemetrologian dalam Pendekatan Business Process Reengineering untuk Pelayanan Tera,” 174 Jnteti, vol. 03, no. 3, pp. 174–178, 2014.

R. Fajriah and S. Nazar, “Analisa Business Process Reengineering Dalam Pengembangan Sistem Distribusi Produk Lensa Mata Berbasis Mobile Application,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i1.14353.

M. Al Sadig, “Innovative Model of Conference Attendance Process Reengineering at Saudi University,” IJCSNS Int. J. Comput. Sci. Netw. Secur., vol. 20, no. 11, pp. 124–131, 2020, doi: 10.22937/IJCSNS.2020.20.11.16.

D. Y. M. Uppuluri Srinivasa venu, Dr. Saurabh Gupta Professor, “PROCESS REDESIGN AND INFORMATION TECHNOLOGY IMPACT ON PRODUCT QUALITY IN BICYCLE INDUSTRY : ASSESSMENT THROUGH BUSINESS PROCESS,” Int. J. Manag., vol. 11, no. 11, pp. 1816–1824, 2020, doi: 10.34218/IJM.11.11.2020.172.

I. Maryati, B. Purwandari, H. B. Santoso, and I. Budi, “Improving Research Support Services in Indonesian Academic Digital Libraries : A Recommendation for Business Process Reengineering Implementation Strategies,” Libr. Leadersh. Manag., vol. 37, no. 3, pp. 1–18, 2024.

E. Afnan, I. Sukoco, and H. A. Muhyi, “A Systematic Mapping Study of Business Process Reengineering,” Eur. J. Bus. Manag. Res., vol. 7, no. 6, pp. 214–220, 2022, doi: 10.24018/ejbmr.2022.7.6.1656.

H. Dinata, “Business Process Reengineering: The Role of Information Technology as a Determinant of Success for Improving Performanc,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 25–31, 2020, doi: 10.25139/inform.v5i1.2255.

M. N. Waluyo, E. Suhendar, and H. A. Suprapto, “Rancang Ulang Proses Bisnis Dengan Metode Business Process Reengineering Pada TLS Cargo,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 12, no. 3, p. 161, 2021, doi: 10.22303/csrid.12.3.2020.161-169.

D. A. Pradhipta, W. Suharso, and M. S.Kom., M.kom, “Business process reengineering pada kejaksaan negeri Batu,” J. Repos., vol. 1, no. 2, p. 159, 2020, doi: 10.22219/repositor.v1i2.255.

Z. Zaini and A. Saad, “Business Process Reengineering as the Current Best Methodology for Improving the Business Process,” J. ICT Educ., vol. 6, pp. 66–85, 2019, doi: 10.37134/jictie.vol6.7.2019.

F. Agustin, “Bussiness Process Reengineering Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Waktu Secara Paperless (Study Kasus : Stmik Potensi Utama),” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 6, no. 3, p. 159, 2015, doi: 10.22303/csrid.6.3.2014.159-170.

M. Raharjo, “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif,” Anim. Genet., vol. 39, no. 5, p. 561, 2008.

I. S. dan S. H. M. Abidin, “Observasi Penanganan dan Pengurangan Sampah di Universitas Singaperbangsa Karawang,” JUSTITIA J. Ilmu Huk. dan Hum., vol. 8, no. 4, pp. 872–882, 2021.

H. L. Purwanto and K. B. Pranata, “Payment Tutoring System Reengineering Using Business Process Reengineering,” Smatika J., vol. 13, no. 01, pp. 93–105, 2023, doi: 10.32664/smatika.v13i01.731.

P. Yoko, R. Adwiya, and W. Nugraha, “Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Aplikasi SIPINJAM Berbasis Website pada Credit Union Canaga Antutn,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 3, p. 212, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i03.p05.