PERANCANGAN USER EXPERIENCE PROTOTYPE E-FOODCOURT MENGGUNAKAN METODE DOUBLE DIAMOND UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNA

Riyan Putra Firjatullah
Wahyu Andhyka Kusuma


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i3.5332

Abstract


Food court merupakan tempat umum yang menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman yang populer bagi para pelanggan yang mencari pilihan menu sesuai dengan selera mereka dan sering dijumpai di berbagai institusi seperti kampus, kantor, atau pusat perbelanjaan. Namun, kepopuleran food court pada jam makan siang seringkali berdampak pada terjadinya antrian panjang yang dapat mengganggu pengalaman pelanggan. Solusi untuk mengatasi permasalahan antrian ini dan menciptakan pengalaman yang lebih baik pada para pelanggan yaitu dengan menggunakan teknologi seperti aplikasi pemesanan menu food court untuk membantu pelanggan dalam memesan menu tanpa perlu mengantri. Akan tetapi, perancangan aplikasi food court yang pernah dilakukan sebelumnya masih belum menggunakan metode yang fokus pada user experience. Penerapan metode yang fokus pada user experience dapat mempengaruhi perilaku pengguna untuk setia menggunakan aplikasi dan kemudahan menggunakan layanan. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode Double Diamond yang fokus pada user experience dengan mengeksplorasi secara menyeluruh atau mendalam terhadap masalah (divergen) dan diikuti dengan pengambilan tindakan yang difokuskan (konvergen) dengan tujuan untuk dapat meningkatkan layanan dan kemudahan pengguna berdasarkan user experience dengan pengujian System Usability Scale (SUS) pada solusi desain prototype aplikasi. Hasil rata-rata pengujian prototype e-foodcourt adalah 95 yang menunjukkan bahwa hasil rancangan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Keywords


Double Diamond; Food Court; System Usability Scale; User Experience

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. C. Nugroho, G. R. Putra, and D. Fitriati, “Implementasi e-Kantin di Fakultas Teknik Universitas Pancasila,” pp. 301–306, 2019.

M. Farhan and A. Sujarwo, “Perancangan Prototipe Aplikasi Antrean Berbasis Mobile Menggunakan Metode Double Diamond,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, vol. 4, no. 1, 2022.

D. Fatrianto Suyatno, “Rancang Bangun Aplikasi Kantin Dengan E-Wallet Pada Kantin Baseball UNESA,” Journal Information Engineering and Educational Technology, vol. 03, 2019, doi: https://doi.org/10.26740/jieet.v3n1.p24-30.

M. Afiksih, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan Berbasis Web di Kantin PT. Pegadaian Kanwil I Medan,” JOURNAL OF COMPUTER SCIENCE AND INFORMATICS ENGINEERING (CoSIE), vol. 01, no. 2, pp. 66–77, 2022, doi: https://doi.org/10.55537/cosie.v1i2.61.

V. Revaldy, W. Hayuhardhika, N. Putra, and B. T. Hanggara, “Pengembangan Aplikasi E-Canteen Dengan Pembayaran Non-Tunai Berbasis Android Untuk Siswa (Studi Kasus: SMA Negeri 5 Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 6, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

D. S. Kania, D. M. Afirahmi, D. P. Nuria, and D. Yusup, “Perancangan dan Pengembangan Aplikasi E(AT)VERYDAY sebagai Sistem Pemesanan Kantin Berbasis Website,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 3, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2238.

W. C. Rong and N. Abdullah, “Development of Food Ordering Application in School Canteen,” Applied Information Technology and Computer Science, vol. 3, no. 1, pp. 341–349, 2022, doi: 10.30880/aitcs.2022.03.01.022.

H. B. Santoso and M. Schrepp, “The impact of culture and product on the subjective importance of user experience aspects,” Heliyon, vol. 5, no. 9, 2019, doi: 10.1016/j.heliyon.2019.e02434.

M. A. Camilleri and M. Kozak, “Utilitarian motivations to engage with travel websites: an interactive technology adoption model,” Journal of Services Marketing, vol. 37, no. 1, 2023, doi: 10.1108/JSM-12-2021-0477.

T. Sethjinda and S. Kitwimontrakul, “The influence of ‘smartwatch’ attributes towards users’ purchase intentions in the Bangkok metropolitan area,” Walailak J Sci Technol, vol. 18, no. 2, 2021, doi: 10.48048/wjst.2021.6506.

X. Zhang, H. Zhang, L. Zhang, Y. Zhu, and F. Hu, “Double-diamond model-based orientation guidance in wearable human-machine navigation systems for blind and visually impaired people,” Sensors (Switzerland), vol. 19, no. 21, 2019, doi: 10.3390/s19214670.

E. Saad, M. Elekyaby, E. Ali, and S. Hassan, “Double Diamond Strategy Saves Time of the Design Process,” International Design Journal, vol. 10, no. 3, 2020, doi: 10.21608/idj.2020.96345.

M. Del Rocio Sevilla-Gonzalez et al., “Spanish version of the system usability scale for the assessment of electronic tools: Development and validation,” JMIR Hum Factors, vol. 7, no. 4, 2020, doi: 10.2196/21161.

M. Hyzy et al., “System Usability Scale Benchmarking for Digital Health Apps: Meta-analysis,” JMIR Mhealth Uhealth, vol. 10, no. 8, 2022, doi: 10.2196/37290.

Design Council UK, “What is the framework for innovation? Design Council’s evolved Double Diamond,” Design Council UK, 2019.

M. T. Jauhari and Y. Prayudi, “IMPLEMENTASI METODE DOUBLE DIAMOND DALAM PERANCANGAN PROTOTIPE APLIKASI SISTEM ERP BERBASIS WEBSITE,” AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, vol. 5, no. 1, 2023, doi: 10.54783/jin.v5i1.699.

A. Ayuningtyas, E. F. Rahmawati, and T. Sagirani, “Penerapan Metode Double Diamond pada Desain User Interface Website,” Jurnal Komu-nika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 11–22, Jan. 2023, doi: 10.31504/komunika.v11i1.4991.

E. F. Rahmawati, Ayuningtyas, and T. Sagirani, “Analisis Dan Perbaikan User Interface/User Experience dengan Metode Double Diamond Pada Website CV. Bangun Bina Bersaudara,” JSIKA, vol. 11, no. 2, 2022.

M. Habib, A. Sukmaaji, D. Sunarto, ) Program, S. / Jurusan, and S. Informasi, “Analis Dan Perancangan User Interface/User Experience Website Layanan Transportasi Pada Yakurir Menggunakan Metode Double Diamond,” JSIKA, vol. 10, no. 03, 2021.

P. F. Hapsari, “Perancangan User Experience Website Layanan Kesehatan pada Puskesmas Sumberjo menggunakan Metode Double Dia-mond,” Universitas Dinamika, vol. 14, no. 1, 2021.

M. Arifin and T. Sagirani, “Pendekatan Double Diamond Untuk Meningkatkan Ketertarikan Pengguna Pada Portal Akademik,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 10, no. 2, 2023.

M. N. Permana, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Website Pembelajaran SNBT untuk Meningkatkan Pengalaman Bela-jar dan Kepuasan Pengguna,” Universitas Dinamika, vol. 4, no. 1, 2023.

J. Nielsen, “Why You Only Need to Test with 5 Users,” Jakob Nielsens Alertbox.

Z. Sharfina and H. B. Santoso, “An Indonesian adaptation of the System Usability Scale (SUS),” in 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS 2016, 2017. doi: 10.1109/ICACSIS.2016.7872776.

J. Sauro, “Measuring Usability With The System Usability Scale (SUS),” Measuring Usability, pp. 1–5, 2011.