ANALISIS UI/UX UNTUK PERANCANGAN WEBSITE E-FASILITAS RUMAH TANGGA UNIVERSITAS SEMARANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER CENTRED DESIGN
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah perguruan tinggi beroprasi dan memberikan perubahan besar bagi perguruan tinggi, termasuk Universitas Semarang. Bagian Rumah Tangga (RT) di universitas bertanggung jawab dalam pengelolaan fasilitas umum, termasuk peminjaman fasilitas. Di tengah perubahan teknologi. Sistem peminjaman fasilitas masih menggunakan cara konvensional dan menyebabkan kesulitan dalam mengetahui ketersediaan fasilitas, kurangnya efisiensi, dan potensi kesalahan dalam proses peminjaman. Untuk mengatasi tantangan ini, dilakukan perancangan antarmuka ( UI/UX ) dengan pendekatan User Centered Design dan evaluasi menggunakan SUS (System Usability Scale) yang melibatkan 10 pengguna. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dengan skor rata-rata SUS sebesar 85, memperoleh skala nilai (B) yang menandakan tingkat kepuasan “ Sangat Baik ”. Demikian pula dalam perancangan website E-fasilitas Universitas Semarang berhasil memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna, menunjukkan kesesuaian website dengan kebutuhan mereka. Hasil penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk melakukan perancangan dan implementasi lebih lanjut pada sistem E-fasilitas, memastikan kesesuaian yang lebih baik dengan kebutuhan pengguna.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
F. Febrika et al., “Perancangan UI/UX Fitur Asrama Mahasiswa Berbasis Website dengan Pendekatan User Centered Design,” vol. 10, no. 3, 2023.
M. Multazam, I. V. Paputungan, and B. Suranto, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design”.
I. G. P. A. Pradnyani Wulantari, N. K. A. Wirdiani, and P. W. Buana, “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” jitter, vol. 2, no. 3, p. 459, Sep. 2021, doi: 10.24843/JTRTI.2021.v02.i03.p05.
A. R. Novianto and S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendeka-tan User Centered Design,” SNATI, vol. 2, no. 1, Sep. 2022, doi: 10.20885/snati.v2i1.16.
D. L. Kaligis and R. R. Fatri, “PENGEMBANGAN TAMPILAN ANTARMUKA APLIKASI SURVEI BERBASIS WEB DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” JUSTIT, vol. 10, no. 2, p. 106, Jun. 2020, doi: 10.24853/justit.10.2.106-114.
M. H. Hamdanuddinsyah, M. Hanafi, and P. Sukmasetya, “Perancangan UI/UX Aplikasi Buku Online Mizanstore Berbasis Mobile Menggunakan User Centered Design,” vol. 4, no. 4, 2023.
O. V. Tuah and M. A. I. Pakereng, “PENGEMBANGAN UI/UX GAME ‘SWEET CITY’ MENGGUNAKAN METODE UCD DAN UNITY GAME ENGINE,” vol. 8, no. 4, 2023.
A. A. Puji and V. Engraini, “Perancangan User Interface Website E-Commerce Pada Usaha Kuliner Menggunakan User Centered Design,” CoSciTech, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2021, doi: 10.37859/coscitech.v2i1.2196.
Z. Munawar and D. Z. Musadad, “PERANCANGAN INTERFACE APLIKASI PENCATATAN PERSEDIAAN BARANG DI KIOS BUKU PALASARI BANDUNG DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN MENGGUNAKAN BALSAMIQ MOCKUPS,” Jurnal Informatika, vol. 06.
S. Ernawati and A. D. Indriyanti, “Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Medical Tourism Indo-nesia Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) (Studi Kasus: PT Cipta Wisata Medika),” vol. 03, no. 04, 2022.
C. Lim, A. C. Sumarlie, F. Fernando, and D. A. Haris, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ABSENSI ‘JIKAN’ DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN,” Computatio : J. Comput. Science and Inf. Syst., vol. 5, no. 1, p. 16, Sep. 2021, doi: 10.24912/computatio.v1i1.12992.
C. Veronica and I. A. Musdar, “IMPLEMENTASI PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN PADA PERANCANGAN UI/UX WEBSITE WORKER’S,” Jurnal Ilmu Komputer.
Y. D. Safitri and A. Sucipto, “PERANCANGAN USER INTERFACE (UI) DAN USER EPERINCE (UX) SISTEM PENGADUAN PENCEMARAN LINGKUNGAN,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 3, no. 3.
S. L. Ramadhan, “Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP menggunakan Metode UCD pada Ke-lurahan Tanah Baru,” JATISI, vol. 8, no. 1, pp. 287–298, Mar. 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.633.
A. Herlambang, A. S. R. Ansori, and M. H. Syahbani, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI DESTINASI WISATA DAN TEMPAT KULINER BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE USER-CENTERED DESIGN”.