Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pengenalan Peta Bagi Siswa Sekolah Dasar (Sd) Di Kabupaten Maluku Tengah

Reynaldi Siwalette - [ https://orcid.org/0000-0002-0595-1820 ]
Goldy Valendria Nivaan


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.5029

Abstract


Beranjak dari kondisi pembelajaran pada dunia pendidikan di sekolah dasar yang masih menggunakan buku teks sebagai media belajar bagi siswa di tengah gencarnya persaingan dan inovasi dari teknologi yang terus bermunculan maka dianggap perlu untuk menyediakan media pembelajaran bagi siswa yang lebih menyenangkan dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini diantaranya; (1) Menyediakan alternatif media pembelajaran bagi siswa untuk pengenalan peta menggunakan teknologi Augmented Reality. (2) Memberi inovasi bagi guru dalam pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran. Metode IMSDD (Interactive System Multimedia Design and Development) digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri 160 Maluku Tengah. Rancangan teknologi AR untuk pengenalan peta disesuaikan dengan materi dari kurikulum yang berlaku di sekolah sehingga hanya menggunakan Peta Pulau Ambon dan Peta Desa Layeni sebagai objek dalam penelitian. Hasil implementasi dari sistem AR yang dirancang menunjukkan bahwa pengenalan terhadap Peta Pulau Ambon memberikan hasil yang baik, tetapi tidak optimal untuk Peta Desa Layeni. Akan tetapi diharapkan implementasi terhadap pengembangan teknologi augmented reality pada pengenalan peta dapat memberikan pengalaman digital yang menyenangkan bagi siswa dan guru dalam mendukung kegiatan pembelajaran serta memberikan hasil yang baik terhadap proses belajar siswa.

Keywords


Augmented Reality; Pengenalan Peta; Kabupaten Maluku Tengah

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


J. Indrastoeti and T. Tribudiharto, “Analysis of Students’ Need for Augmented Reality As An Art Learning Medium in Primary School Teacher Education at Universitas Sebelas Maret,” Int. J. Educ. Res. Rev., vol. 3, no. 3, pp. 86–92, 2018, doi: 10.24331/ijere.451428.

A. C. Nugraha, K. H. Bachmid, K. Rahmawati, N. Putri, A. R. N. Hasanah, and F. A. Rahmat, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar,” J. Edukasi Elektro, vol. 5, no. 2, pp. 138–147, 2021, doi: 10.21831/jee.v5i2.45497.

M. H. Eriza, A. Pramono, and D. R. Novica, “Augmented Reality Character Topeng Malang Dewi as an Effort to Improve the Quality of Student Learning Media,” KnE Soc. Sci., vol. 2021, pp. 258–265, 2021, doi: 10.18502/kss.v5i3.8548.

T. Khan, K. Johnston, and J. Ophoff, “The Impact of an Augmented Reality Application on Learning Motivation of Students,” Adv. Human-Computer Interact., vol. 2019, 2019, doi: 10.1155/2019/7208494.

J. López-Belmonte, A. J. Moreno-Guerrero, J. A. López-Núñez, and F. J. Hinojo-Lucena, “Augmented reality in education. A scientific mapping in Web of Science,” Interact. Learn. Environ., vol. 0, no. 0, pp. 1–15, 2020, doi: 10.1080/10494820.2020.1859546.

A. Pramono and M. D. Setiawan, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Buah-Buahan,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, p. 54, 2019, doi: 10.29407/intensif.v3i1.12573.

S. D. Riskiono, T. Susanto, and K. Kristianto, “Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality,” CESS (Journal Comput. Eng. Syst. Sci., vol. 5, no. 2, p. 199, 2020, doi: 10.24114/cess.v5i2.18053.

R. Siwalette and H. Tuhuteru, “Augmented Reality Untuk Pengenalan Gedung Universitas Kristen Indonesia Maluku,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 4, pp. 1411–1417, 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i4.3927.

N. Wahyudi, R. A. Harianto, and E. Setyati, “Augmented Reality Marker Based Tracking Visualisasi Drawing 2D ke dalam Bentuk 3D dengan Metode FAST Corner Detection,” J. Intell. Syst. Comput., vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2019, doi: 10.52985/insyst.v1i1.28.

M. L. Hamzah, Ambiyar, F. Rizal, W. Simatupang, D. Irfan, and Refdinal, “Development of Augmented Reality Application for Learning Computer Network Device,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 15, no. 12, pp. 47–64, 2021, doi: 10.3991/ijim.v15i12.21993.

B. Satria and P. Prihandoko, “Implementasi Metode Marker Based Tracking Pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality,” Sebatik, vol. 19, no. 1, pp. 1–5, 2018, doi: 10.46984/sebatik.v19i1.88.

N. P. Dinayusadewi and G. N. S. Agustika, “Development Of Augmented Reality Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials,” J. Educ. Technol., vol. 4, no. 2, p. 204, 2020, doi: 10.23887/jet.v4i2.25372.

Y. H. Firdaus, J. Jaenudin, and H. Fajri, “Pengenalan Objek Museum dan Monumen PETA Menggunakan Markerless Augmented Reality Berbasis Android,” JUSS (Jurnal Sains dan Sist. Informasi), vol. 3, no. 2, pp. 1–16, 2020, doi: 10.22437/juss.v3i2.11036.

F. Arena, M. Collotta, G. Pau, and F. Termine, “An Overview of Augmented Reality,” Computers, vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.3390/computers11020028.

Debnath, N., Peralta, M., Salgado, C., Baigorria, L., Riesco, D., Montejano, G., & Mazzi, M. (2021). Digital transformation: A quality model based on ISO 25010 and user experience. EPiC Series in Computing, 75, 11-21.