PEMBANGUNAN APLIKASI MOBILE UNTUK PENCATATAN DAN LAPORAN PRE-ORDER UMKM KULINER

Wahyu Ridhoni
Meta Agustina Anggraini


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.4640

Abstract


UMKM Kuliner yang berjualan dengan sistem pre-order lebih merasa kesulitan dalam pencatatan pesanan dibandingkan yang berjualan dengan sistem ready stock. Namun aplikasi pencatatan penjualan yang tersedia seperti point of sale atau aplikasi kasir lebih diperuntukkan untuk transaksi penjualan Ready stock, dimana kurang sesuai untuk pencatatan pesanan Pre-order. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi mobile pencatatan pesanan yang dirancang khusus dengan sistem penjualan Pre-Order. Metode penelitian merupakan R&D dengan menggunakan kerangka Creative Critical Canvas. Subjek yang dilibatkan pada tahap mengurai problem yaitu UMKM Kuliner di Banjarmasin sebanyak 11 orang dan Barito Kuala sebanyak 34 orang, dan pada tahap pengujian aplikasi sebanyak 30 orang dari UMKM Kuliner dari Banjarmasin. Respon diperoleh dengan kuesioner dan analisis data menggunakan Technology Acceptance Model dengan SmartPLS. Hasil temuan menunjukkan Aplikasi yang telah dibangun dinilai mudah digunakan sehingga mampu mengatasi kesulitan pencatatan pre-order pada UMKM Kuliner di Kalimantan Selatan.


Keywords


aplikasi mobile; pre-order; UMKM kuliner

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


B. H. Winarno, D. Kusumawati, A. A. Subagyo, and R. Kartadie, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS MOBILE ANDROID BAGI PELAKU USAHA DESA MURTIGADING BANTUL,” JIPI J. Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 4, pp. 1363–1372, Nov. 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i4.3589.

G. Santoso and B. Soeherman, “Leanovation Sebagai Revolusi Akuntansi Manajemen Pada Sistem Crowdfunding,” J. Akunt. Multiparadigma, vol. 12, no. 2, Aug. 2021, doi: 10.21776/ub.jamal.2021.12.2.19.

R. Andriyanty and D. Lestari, “Analisis Strategi Bisnis Online Shop Hitz_Twinzshop,” Mediastima, vol. 28, no. 1, pp. 23–41, Apr. 2022, doi: 10.55122/mediastima.v28i1.395.

N. F. Asyik, M. Patuh, T. Triyonowati, W. Respatia, and N. Laily, “Aplikasi Digital Pengelolaan Keuangan, Sarana Meningkatkan Penjualan UMKM Makanan Minuman di Kabupaten Gresik,” J. Kreat. Dan Inov. J. Kreanova, vol. 2, no. 3, pp. 102–106, Sep. 2022, doi: 10.24034/kreanova.v2i3.5265.

Statcounter.com, “Mobile Operating System Market Share Indonesia Feb 2023,” statcounter.com, Mar. 19, 2023. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia (accessed Mar. 19, 2023).

F. A. Rizky and U. Wiyono, “Implementasi Strategi Digital Marketing Dengan Sistem Pre-Order Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Makanan Pada Kedai Dapur Tiwi Dalam Menghadapi Pandemi,” JIS (Jurnal Ilmu Siber), vol. 2, no. 1, 2023.

R. Syabania and N. Rosmawarni, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 10, no. 1, 2021.

W. Ridhoni, P. Setyosari, D. Kuswandi, and S. Ulfa, Creative Critical Canvas : Framework Untuk Problem Solving Dengan Berpikir Kreatif Dan Kritis. Ponorogo: CV. Calina Media, 2021.

K. Shively, K. M. Stith, and L. D. V. Rubenstein, “Measuring What Matters: Assessing Creativity, Critical Thinking, and the Design Process,” Gift. Child Today, vol. 41, no. 3, pp. 149–158, 2018, doi: 10.1177/1076217518768361.

V. K. Reynaldi and N. Setiyawati, “PERANCANGAN UI/UX FITUR MENTOR ON DEMAND MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING PADA PLATFORM PENDIDIKAN TEKNOLOGI,” JIPI J. Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 3, pp. 835–849, Aug. 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i3.3109.

S. A. Nikou and A. A. Economides, “Mobile-Based Assessment: Integrating acceptance and motivational factors into a combined model of Self-Determination Theory and Technology Acceptance,” Comput. Hum. Behav., vol. 68, pp. 83–95, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2016.11.020.

DongPing Tang and LianJin Chen, “A review of the evolution of research on information Technology Acceptance Model,” in 2011 International Conference on Business Management and Electronic Information, IEEE, May 2011, pp. 588–591. doi: 10.1109/ICBMEI.2011.5917980.

V. Sharma and A. K. Tiwari, “A Study on User Interface and User Experience Designs and its Tools,” World J. Res. Rev., vol. 12, no. 6, pp. 41–44, 2021.

O. D. Alao, E. A. Priscilla, R. C. Amanze, S. O. Kuyoro, and A. O. Adebayo, “User-Centered/User Experience Uc/Ux Design Thinking Approach for Designing a University Information Management System,” Ingénierie Systèmes Inf., vol. 27, no. 4, pp. 577–590, Aug. 2022, doi: 10.18280/isi.270407.

R. Prawita, W. Swasty, and P. Aditia, “Membangun Identitas Visual Untuk Media Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah,” J. Sosioteknologi, vol. 16, no. 1, pp. 27–42, 2017, doi: 10.5614/sostek.itbj.2017.16.1.3.

B. H. Harjono and N. Setiyawati, “EVALUASI VALUE PROPOSITION DAN PERCEIVED VALUE APLIKASI E-WALLET MENGGUNAKAN UX HONEYCOMB, UX QUESTIONNAIRE, DAN SYSTEM USABILITY SCALE (STUDI KASUS: OVO, DANA, DAN SHOPEEPAY),” JIPI J. Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 3, pp. 969–980, Aug. 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i3.3159.

J. Iskandar, A. Prasetya, Y. K. Sari, and T. A. Cahyono, “ANALISIS PENERIMAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI MENGGUNAKAN INTEGRASI MODEL TPB DAN TAM,” JIPI J. Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 1, pp. 254–263, Feb. 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i1.2739.

W. S. Luan and T. Teo, “Student Teachers’ Acceptance of Computer Technology: An Application of the Technology Acceptance Model (TAM),” in Technology Acceptance in Education, Sense Publishers, 2011, pp. 43–61.

F. Setianto and Suharjito, “Analysis the Acceptance of Use for Document Management System Using Technology Acceptance Model,” in 2018 Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC), IEEE, Oct. 2018, pp. 1–5. doi: 10.1109/IAC.2018.8780462.

R. Richardo et al., “The impact of STEM attitudes and computational thinking on 21st-century via structural equation modelling,” Int. J. Eval. Res. Educ. IJERE, vol. 12, no. 2, p. 571, Jun. 2023, doi: 10.11591/ijere.v12i2.24232.