SISTEM INFORMASI PINJAMAN MODAL TANI BERBASIS WEB PADA PENGGILINGAN PADI BAROKAH MENGGUNAKAN METODE FAST

Asmaul Khasanah
Ika Ratna Indra Astutik
Yunianita Rahmawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4444

Abstract


Para perintis usaha kecil maupun besar pasti membutuhkan modal untuk melakukan usahanya seperti halnya pedagang, parapetani juga membutuhkan modal untuk mengolah dan memelihara tanamannya. Para petani memerlukan modal yang cukup besar sehingga kebanyakan petani di desa Mulya Agung Kabupaten Musi Banyu Asin Provinsi Sumatra Selatan ini melakukan pinjaman modal kepada para pengusaha penggilingan padi namun dalam sistem pencatatan pinjaman dan pelunasannya masih memakai sistem manual untuk mencatat pinjaman dan pelusan dari para peminjamnya menjadi satu dalam sebuah buku, jadi  sulit untuk menelusuri dan menyimpan semua data-data para petani yang sudah melakukan peminjaman dan pelunasannya. Tujuan penelitian ini ialah membuat sistem informasi pinjaman modal tani berbasis web  ini di buat untuk memudahkan pemilik usaha penggilingan padi melakukan pendataan para peminjam agar tidak terjadi kesalahan atau kehilangan data para petani yang telah melakukan pinjaman dan para petani dapat mendapatkan keamanan transaksi yang telah di lakukan di penggilingan padi Barokah. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode FAST. Sistem Informasi ini di bangun menggunakan bahasa pemrograman PHP  dan basis data MySQL. Dari penelitiian ini menghasilkan sistem informasi pinjaman modal bagi para petani di desa Mulya Agung yang dapat memfasilitasi dan mendanai para petani sesuai kebutuhan modal para pertanian dan juga dapat membantu mempermudah pemilik penggilingan padi Barokah dalam mengelola data para peminjam dan juga pelunasannya. Dapat disimpulkan bahwa sistem ini dibuat untuk mempermudah pemilik penggilingan dan juga para peminjamnya dalam melakukan transaksi pinjaman dan pelunasan yang lebih cepat dan lebih aman dibandingkan dengan sistem manual.

Keywords


Sistem informasi, Metode FAST, Pinjaman, Modal tani

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Musrifin, A., Buana, T., & Mardin, M. (2019). Faktor-Faktor Penghambat Kesejahteraan Petani Padi Sawah di Desa Sangia Makmur Kecamatan Kabaena Utara Kabupaten Bombana. Jurnal Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian, 4(1), 281377.

Dwiifanka, Roni Habibi S.Kom., M. T., Rahman, A., & Echa. (2020). Sistem informasi peminjaman ruangan. Sistem Informasi Peminjaman Ruangan, 1(1), 137. https://www.google.co.id/books/edition/Sistem_informasi_peminjaman_ruangan/BZTuDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1

Mariati, R., Mariyah, M., & Irawan, C. N. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN MODAL DAN SUMBER PERMODALAN USAHATANI PADI SAWAH DI DESA JEMBAYAN DALAM (Capital Needs Analysis and Capital Resources of Rice Paddy (Oryza sativa L.) Farming in Jembayan Village in Loa Kulu District of Kutai Kartanegara Regency). JURNAL AGRIBISNIS DAN KOMUNIKASI PERTANIAN (Journal of Agribusiness and Agricultural Communication), 5(1), 50-59.

Mohi, I. (2021). Sistem Informasi Peminjaman Modal Usaha Tani Pada Kelompok Tani Maju Bersama Di Kabupaten Goronta-lo. Diffusion: Journal of Systems and Information Technology, 1(1), 55-60.

Susanto, E. S., Julkarnain, M., & Irwansyah, F. (2022). Sistem Informasi Kredit Sahabat pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Moyo Berbasis Web. Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), 4(2), 94-100.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan metode studi kasus YIN dalam penelitian arsitektur dan perilaku. INERSIA lnformasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 92-104.

FRITZ, V. I. (2022). OPTIMALISASI PENGAMATAN AWAN UNTUK MEMPREDIKSI DATANGNYA BADAI DAN HUJAN DALAM KESELAMATAN PELAYARAN DI STASIUN METEOROLOGI MARITIM TANJUNG MAS SEMARANG. KARYA TULIS.

Harahap, A. S. (2019). Teknik Wawancara Bagi Reporter Dan Moderator Di Televisi. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komu-nikasi, 16(01).

Novianti, A., & Sari, R. P. (2022). Perancangan Sistem Gudang Material dengan Metode FAST pada PT. Samcon. Jurnal Teknologi dan Informasi, 12(1), 93-105.

BIAK, I. Y. (2020). PENERAPAN STUDI LAPANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA SOSIOLOGI IISIP YAPIS BIAK) IMPLEMENTATION OF FIELD STUDIES TO IMPROVE PROBLEM ANALYSIS ABILITY (CASE STUDY IN THE STUDENT SOCIOLOGY.

Saud, N. P., Kapalawi, I., & Noor, H. N. B. ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT WAHIDIN SUDIROHUSODO TAHUN 2013 REQUIREMENTS ANALYSIS OF OUTPATIENT INFORMATION SYSTEM DEVELOPMENT AT WAHIDIN SUDIROHUSODO HOSPITAL 2013.

Harsono, G. (2021). Analisa Dan Perancangan Sistem Manajemen Gudang Pada Perusahaan Jasa Maklon/E-Contract Manufacturing (Studi Kasus: CV. Sakura Satrya Jaya). JUSIBI (Jurnal Sistem Informasi Dan E-Bisnis), 2(3), 374-390.

Wibagso, S. S., & Lia, E. (2020). Desain model database layanan Panti Werdha dengan menerapkan metode Database Life Cycle. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi (JUTISI), 6(3), 573-588.

Novianti, A., & Sari, R. P. (2022). Perancangan Sistem Gudang Material dengan Metode FAST pada PT. Samcon. Jurnal Teknologi dan Informasi, 12(1), 93-105.

Khesya, N. (2021). Mengenal Flowchart Dan Pseudocode Dalam Algoritma Dan Pemrograman.

Safwandi, S. (2021). ANALISIS PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 1 GANDAPURA DENGAN MODEL DIAGRAM KONTEKS DAN DATA FLOW DIAGRAM. Jurnal Teknologi Terapan and Sains 4.0, 2(2), 525-539.