PENGEMBANGAN APLIKASI ASESMEN DIAGNOSTIK BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) MENGGUNAKAN MOODLE

Faiqotul Himmah
Rufi’i Rufi’i
Yoso Wiyarno


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.4380

Abstract


Dalam perkembangan teknologi dimasa kurikulum merdeka saat ini, dibutuhkan sebuah inovasi yang dapat mendukung pelaksanaan kegiatan asesmen diagnostik berbasis CBT dilingkungan sekolah. Dari banyak sistem CBT yang ada, Moodle merupakan salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan, selain karena digunakan secara luas diberbagai sektor pendidikan, Moodle juga menyediakan berbagai fitur yang lengkap untuk verifikasi, evaluasi, dan juga analisis ujian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi asesmen diagnostik  dengan pemanfaatan Moodle dengan bentuk soal HOTS dan berfokus pada keefektivitas Moodle untuk meningkatkan pengalaman ujian bagi peserta didik dan guru dilingkungan sekolah. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four-D) dan observasi dengan memperhatikan kesesuaian dalam kurikulum merdeka dan karakteristik peserta didik. Studi ini dirancang dengan database berupa soal pilihan ganda dari 16 mata pelajaran berbasis HOTS yang kemudian diberikan kepada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Taman sebanyak 398 anak.  Tahapan pengujian validasi produk dilakukan oleh ahli media dengan hasil 95,67 %, ahli materi sebesar 87,49 %, teman sejawat 91,63%, dan peserta didik menunjukkan 89,04%. Dari data hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Moodle memenuhi kriteria sangat baik sebagai aplikasi asesmen diagnostik berbasis CBT. Moodle dengan fitur yang sederhana, efisien dan ringan, serta kompatibel dengan banyak browser. Tersedianya manajemen pengguna dan manajemen course yang baik.

Keywords


Asesmen Diagnostik; Computer Based Test (CBT); Moodle

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Azhar Arsyad, 2007, Media Pembelajaran, Jakarta:Raja Grafindo Persada, Halaman 3

Azhar Arsyad, 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Gravindo Persada, Halaman 3

AK Alhazmi, A Imtiaz, F Al-Hammadi, E Kaed, (2021), “Success and Failure Aspects of LMS in E-Learning Systems”, International Journal of Interactive Mobile Technologies, academia.edu

A Shdaifat, R Obeidallah, (2019), “Quiz tool within Moodle and Blackboard mobile applications”, learntechlib.org

E Shchedrina, I Valiev, F Sabirova. (2021), “Providing Adaptivity in Moodle LMS Course”s - Volume 16, Number 2, Jan 26, 2021 ISSN 1863-0383 Publisher: International Journal of Emerging Technology in Learning, Kassel, Germany, - learntechlib.org

F Yousaf, K Shehzadi, HA Aali. (2021), “Learning Management System (LMS): The Perspectives of Teachers” - Global Social Sciences Review, VI,

Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., Behrend, M. B., & Smith, E. J. (2019) dengan judul “Optimising Moo-dle quizzes for online assessments” International journal of STEM education, 2019, https://stemeducationjournal.springeropen.com/

Hanafi, 2014, Sejarah Indonesia / Kementrian Pendidikan dan kebudayaan, Edisi Revisi, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

J Cabero-Almenara, M Arancibia, A Del Prete, (2019), “Technical and didactic knowledge of the Moodle LMS in higher education. Beyond functional use”, Journal of New Approaches in Educational Research (NAER Journal), learntechlib.org

Lee, J., Song, H. D., & Hong, A. J. (2019) dalam penelitiannya yang berjudul “Exploring factors, and indicators for measuring students’ sustainable engagement in e-learning”.

M Zabolotniaia, Z Cheng, E Dorozhkin, A Lyzhin, (2020), “Use of the LMS Moodle for an effective implementation of an innovative policy in higher educational institutions”, International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), learntechlib.org

M.Haviz, 2013, Research and Development ; Penelitian di Bidang Kependidikan yang Inovatif, Produktif dan bermakna.. Jakarta: PT Gravindo Persada, Halaman 34.

Mlotshwa, N., Tunjera, N., & Chigona, A. (2020) dalam penelitiannya yang berjudul “Integration of moodle into the classroom for better conceptual understanding of functions in mathematics”.

N Mlotshwa, N Tunjera, A Chigona. (2020), “Integration of MOODLE into the classroom for better conceptual understanding of functions in Mathematics”, South African Journal of Education, ajol.info

N Popovic, T Popovic, I Rovcanin Dragovic, O Cmiljanic, (2018), “A Moodle-based blended learning solution for physiology education in Montenegro: a case study”, Advances in Physiology Education, journals.physiology.org

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung: Alfabeta, Cet. ke1, h. 9

RA Salas-Rueda, AL Eslava-Cervantes, E Prieto-Larios. (2020), “Teachers' perceptions about the impact of Moodle in the educational field considering data science”. Online Journal of Communication and Media Technologies, ojcmt.net

R Jeljeli, LA Alnaji, K Khazam, (2018), “A comparison between moodle, Facebook, and paper-based assessment tools: Students' perception of preference and effect on performance”, digitallibrary.aau.ac.ae

Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, Melvyn I. Semmel S Thiagarajan, (1974), “Development for Training Teachers of Exceptional Children” A Sourcebook - Council for Exceptional Children

Vaganova, O. I. (2020) dalam penelitiannya yang berjudul “Assessment tools in e-learning Moodle”.