SISTEM INFORMASI PENJUALAN KAVLING BERBASIS ANDROID PADA SHOJI LAND DENGAN METODE WATERFALL

Fariq Abdillah Maulana Putra
Ade Eviyanti
Nuril Lutvi Azizah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4298

Abstract


Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin tinggi menyebabkan kebutuhan akan informasi yang cepat tepat dan akurat dalam dunia usaha menjadi sangat dibutuhkan, kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat dalam dunia usaha menjadi sangat dibutuhkan. penjualan secara langsung kepada konsumen dan membutuhkan sistem penjualan secara online guna mengembangkan usahanya. Perusahaan perumahan ala Jepang SHOJI LAND belum dilengkapi dengan sistem yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi perusahaan. Dari sisi pencatatan data transaksi penjualan hingga transaksi pembelian, pengolahan data perusahaan masih dilakukan secara manual. Berdasarkan analisis kekhawatiran SHOJI LAND, salah satu solusinya adalah mengembangkan aplikasi berbasis Android untuk meningkatkan kinerja perusahaan SHOJI LAND. Tools Open Source IDE, yaitu Kodular, PHP sebagai bahasa pemrograman, dan MySQL sebagai sistem manajemen basis data digunakan untuk membuat aplikasi. Produk unggulan SHOJI LAND adalah sistem informasi penjualan kavling berbasis Android. Sistem ini dapat memberikan akses informasi penjualan properti secara online. Dan metode pengembangan sistem ini penulis menggunakan metode SDLC Waterfall yaitu proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem rekayasa perangkat lunak.

Keywords


Information System; PHP; MySQL; Kodular; Sales

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Triana, D. (2022). Strategi Marketing Di Era Teknologi Digital. Klaten: Lakeisha.

Latif, M., Herawati, S., & Anam, K. (2021). Mobile Progamming. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Indrawan, G. (2021). Database MySQL Dengan Pemrograman PHP. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Siahaan, V., & Sianipar, R. H. (2018). PHP/MySQL Untuk Pembelajar Mandiri. Jakarta: Sparta Publishing.

Fitri, R. (2020). Pemrograman Basis Data Menggunakan MySQL. Banjarmasin: Deepublish.

Hidayat, F. (2020). Konsep Dasar Sistem Informasi Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

Agung, A. (2021). The Fundamental of Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo

Wati, F.F.,& Khasanah, U. (2019). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada UD Dwi Surya Aluminium dan Kaca Yogyakarta. Paradigma, 149-156.

Sari, J. P. (2018). Sistem Informasi Penjualan Tanah Kavling Beserta Pengurusan Sertifikatnya Pada CV. Sajasa Banjarmasin Berbasis Web. Uniska, 1.

Sakti, E. M., & Eagiyanti, S. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Persediaan Barang (Kasus CV. Berkah Ananda). Ikraith, 24-28.

Hartono, S. B., & Shauqy, A. F. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Arus Kas Dengan Metode SDLC (System Development Life Cycle) pada Madin Al-Junnah. ISOQUANT, 4(1), 1-16.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem. STMIK, 1-5.

Kholifah, U., & Imansari, N. (2022). PELATIHAN MEMBANGUN APLIKASI MOBILE. ABDIMAS GALUH, 4(1), 549-553.

Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). APLIKASI INVENTARIS BARANG PADA MTS NURUL ISLAM DUMAI MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL. LENTERA DUMAI, 10(2), 46-57.

Fadila, R. R., Aprison, W., & Musril, H. A. (2019). Perancangan Perizinan Santri Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP/MySQL Di SMP Nurul Ikhlas. CSRID, 11(2), 84-95.