APLIKASI TRAVEL AGENT BERBASIS ANDROID DENGAN IMPLEMENTASI REST API MENGGUNAKAN RETROFIT

Dewa Asmara Putra
Suprihadi Suprihadi


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4271

Abstract


Setelah beberapa tahun Indonesia terkena dampak dari pandemi Covid 19 yang membatasi segala kegiatan orang-orang untuk berpergian. Membuat masyarakat menjadi lebih terbiasa menggunakan smartphone. Sementara itu, pasca pandemi bermunculan juga fenomena yang dikenal sebagai revenge travel atau perjalanan wisata balas dendam. Pada penelitian ini terdapat studi kasus untuk bisnis travel agent yang ada di kota Salatiga yang bernama Tenta Tour. Berdasarkan diskusi yang dilakukan, Tenta Tour membutuhkan sebuah aplikasi untuk membantu mempersingkat proses pertemuan dengan pelanggan saat pemesanan paket wisata. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model prototype dan untuk analisis pengumpulan data menggunakan System Usability Scale (SUS). Berdasarkan hal tersebut, hasil penelitian adalah aplikasi Travel Agent berbasis Android yang mengimplementasikan REST API (Retrofit). Dengan tampilan-tampilan lengkap yang ada pada aplikasi yakni Splash Screen, Home, Berangkat, Detail Paket Wisata, Detail Paket Custom, Pulang, Detail Pemesan, Detail Pesanan, Login, Daftar dan Riwayat Pesanan. Fitur unggulan yang diberikan aplikasi Travel Agent ini sendiri yaitu kemudahan custom paket wisata seperti transportasi, tempat wisata, tempat makan, dan hotel. Selain itu, aplikasi Travel agent memberikan output pdf rundown atau jadwal perjalanan dan auto send email ke customer dan admin. Selain itu, berdasarkan data black box testing dan penilaian dengan metode SUS menunjukkan bahwa fitur-fitur pada Aplikasi Travel Agent dapat berjalan sebagaimana mestinya serta layak digunakan dan diterima dengan baik oleh pihak client yakni Tenta Tour dan beberapa responden yang dapat artikan sebagai customer.

Keywords


Travel Agent; Java; Android; Fitur Custom; API

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


S. Syaharuddin, “Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19,” Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19, 2020.

C. K. Putri, D. Meidelfi, and A. Erianda, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Travel Antar Kota Di Sumatera Barat Berbasis Android,” Journal of Applied Computer Science and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 32–37, 2020.

M. G. Gunagama, Y. R. Naurah, and A. E. P. Prabono, “Pariwisata pascapandemi: Pelajaran penting dan prospek pengembangan,” LOSARI: Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman, pp. 56–68, 2020.

I. Fakhruddin, N. Rismawati, and R. Sriyanti, “Perancangan Sistem Aplikasi Penjualan Paket Wisata Pulau Seribu Berbasis Java Dengan Metode Scrum (Studi Kasus PT. Abarter Global Indonesia),” Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 1, 2022.

F. A. Hendraswara, T. Informatika, F. T. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “Perancangan Pemesanan Paket Wisata dengan Pembayaran Online Menggunakan Payment Gateway pada aplikasi Android (Studi Kasus: CV Am-barawa Raya Travel Agent),” no. April, 2016.

N. AZIZAH, “RANCANG BANGUN APLIKASI PANDUAN WISATA MAGELANG DI ERA MILLENNIAL BERBASIS ANDROID MOBILE APP”.

T. W. Harjanti and L. Lipindi, “Rancang Bangun Sistem Rekomendasi BIrotravel pada Fitur Custom Trip untuk Aplikasi Travel Vaithme Menggunakan Algoritma Weighted Product Berbasis Android,” in Seminar Nasional Teknologi, 2019, p. 704.

M. Rizki and L. Slamet, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Tiket Travel di Lima Puluh Kota (Mudiak) Berbasis Android,” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), vol. 8, no. 1, pp. 82–89, 2020.

E. Lumba, “PERTUKARAN DATA PADA APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN JAVA SCRIPT OBJECT NOTATION (JSON) DAN REST API DENGAN RETROFIT 2,” PROSIDING SNAST, pp. 118–127, 2021.

S. Syafril, Z. Asril, E. Engkizar, A. Zafirah, F. A. Agusti, and I. Sugiharta, “Designing prototype model of virtual geometry in mathematics learning using augmented reality,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Pub-lishing, 2021, p. 012035.

A. U. Zailani, A. Perdananto, and M. Ardhiansyah, “Penggunaan Model Prototype dalam Membuat Library System di SMPIT AL Mustopa,” SMARTICS Journal, vol. 6, no. 2, pp. 89–96, 2020.

S. Al-Fedaghi, “Validation: Conceptual versus Activity Diagram Approaches,” arXiv preprint arXiv:2106.16160, 2021.

M. S. Hartawan, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM,” JEIS: JURNAL ELEKTRO DAN INFORMATIKA SWADHARMA, vol. 2, no. 1, pp. 43–47, Jan. 2022, doi: 10.56486/jeis.vol2no1.161.

I. Ripai, “IMPLEMENTASI DAN USER ACCEPTANCE TEST (UAT) APLIKASI INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS Lite) DI MTs NEGERI 7 KUNINGAN,” ICT Learning, vol. 7, no. 1, 2023.

R. Supriatna, “IMPLEMENTASI DAN USER ACCEPTANCE TEST (UAT) TERHADAP APLIKASI E-LEARNING PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 KOTA BANDA ACEH,” UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh, 2019.