ANALISA TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP APLIKASI OJEK ONLINE DENGAN MENERAPKAN DASHBOARD BUSINESS INTELIGENCE

Asep Rohman Hidayat
Muhammad Hanif Kurniawan
Riski Bimo Hendrawan


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v9i1.4269

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi transportasi saat ini membuat penyediaan jasa transportasi menjadi sangat kompetitif, salah satunya dalam sektor ojek online. Permasalahan yang sering terjadi dalam penggunaan aplikasi ojek online adalah kurangnya visualisasi informasi tentang kepuasan pelanggan terhadap aplikasi ojek online. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengolah data kepuasan pelanggan menjadi Dashboard Business Intelligence. Manfaat dashboard business intelligence itu sendiri adalah mengolah data menjadi visualisasi informasi yang ditampilkan secara menarik sehingga memudahkan dalam mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap aplikasi ojek online. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dimana sampel yang digunakan adalah pelanggan aplikasi ojek online sebanyak 344 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap aplikasi ojek online yang selanjutnya melalui tahap visualisasi menggunakan bantuan aplikasi Microsoft power BI.

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


E. Miranda, “Pengembangan Business Intelligence Bagi Perkembangan Bisnis Perusahaan,” CommIT (Communication Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 111, 2008, doi: 10.21512/commit.v2i2.501.

M. S. Fathurrahman, Yupi Kuspandi Putra, “Implementasi Dashboard Microsoft Power BI untuk Visualisasi Data Covid 19 di Indo-nesia,” Teknol. infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 3, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.

V. Prafita, “Dampak Ojek Online (Pt Go-Jek Indonesia) Di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Terhadap Praktek Monopoli Dan Persaingan Usaha Tidak Sehat (Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 memberikan Larangan Praktek Monopoli Dan Persaingan Usah,” pp. 32–55, 2018.

A. A. Zikra, “Implementasi Business Inteligence pada ACCAbsensi Menggunakan Aplikasi Power BI,” 2021.

V. Wahana, R. T. Siregar, K. Harahap, and D. E. Putri, “Maker : Jurnal Manajemen PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS,” vol. 5, pp. 97–109, 2019.

Y. S. Saputra and S. W. Hati, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Ojek Online (Wakjek) Di Kota Batam,” J. Appl. Bus. Adm., vol. 1, no. 1, pp. 96–121, 2019, doi: 10.30871/jaba.v1i1.1271.

W. Jin, A. Khudoyberdiev, and D. Kim, “Visualization and Analysis of Safe Routes to School based on Risk Index using Student Survey Data for Safe Mobility,” Int. J. Informatics Vis., vol. 6, no. 3, pp. 593–596, 2022, doi: 10.30630/joiv.6.3.1163.

R. Akbar, D. Rasyiddah, M. Anrisya, N. F. Julyazti, and S. Syaputri, “Penerapan Aplikasi Power Business Intelligence Dalam Menganalisis Prioritas Pekerjaan di Indonesia,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 4, no. 1, p. 54, 2018, doi: 10.26418/jp.v4i1.25497.

R. Akbar, N. Abedi, R. Handayani, and U. M. Eka, “Analisis Hasil Implementasi Business Intelligence Menentukan Daerah Rawan Banjir dan Kebakaran di Indonesia,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 1, p. 65, 2017, doi: 10.26418/jp.v3i1.19878.

I. P. S. Handika, G. B. A. Tama, and N. P. M. Krisnayanti, “Penerapan Teknologi Datawarehouse Nosql Dan Business Intelligence Untuk Analisa Transaksi Penjualan,” J. Resist. (Rekayasa Sist. Komputer), vol. 3, no. 2, pp. 120–127, 2020, doi: 10.31598/jurnalresistor.v3i2.626.

R. M. Mahardhika, R. Rakhmayudhi, S. Purwanti, and S. Nasihin, “Sistem Informasi RAM (Reliability, Avaibility, Maintability) Ana-lisis Kinerja Peralatan Gerbang Tol Berbasis Dashboard,” J. Sist. Inf. dan Ilmu Komput. Prima(JUSIKOM PRIMA), vol. 5, no. 2, pp. 53–60, 2022, doi: 10.34012/jurnalsisteminformasidanilmukomputer.v5i2.2348.

D. Sugiarto et al., “Visualisasi Kinerja dan Persepsi Peserta Program Bangkit 2021 Menggunakan Microsoft Power BI,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 13, no. 1, p. 9, 2022, doi: 10.36448/jsit.v13i1.2311.

D. Hartanti, H. Lubis, and N. Hafsah, “Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Pegawai Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Website,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 9, no. 1, pp. 39–46, 2022, [Online]. Available: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jsi/article/view/840/822.

S. C. Supervisor, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Dosen Pembimbing Perlombaan Mahasiswa Decision Support Sys-tem for Selection of Student Competition Supervisor,” vol. 11, pp. 429–444, 2022.

E. Miranda, F. Firmansyah, and D. E. Emerald, “Desain Business Intelligence untuk Manajemen Rumah Sakit,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 62–69, 2021, doi: 10.21456/vol11iss1pp62-69.

2021 Herfandi, Arman Diansyah, Eri Sasmita Susanto, “JINTEKS ( Jurnal Informatika Teknologi dan Sains ) ISSN 2686-3359 ( Online ) JINTEKS ( Jurnal Informatika Teknologi dan Sains ) ISSN 2686-3359 ( Online ),” (Jurnal Inform. Teknol. dan Sains, vol. 3, no. 1, pp. 301–307, 2021.

Y. N. Marlim, “ANALISA MENGGUNAKAN METODE ANALITYCAL -=PELAYANAN Abstract kepuasan tidak semata-mata didapat dari kualitas jasa tetapi juga melalui kualitas pelayanan yang diberikan dengan memperhatikan keinginan dan keb,” vol. 1, no. 2, pp. 150–156, 2017.

R. Darman, “Analisis Visualisasi Dan Pemetaan Data Tanaman Padi,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 156–162, 2018.

J. C. Nugroho, I. N. Y. A. Wijaya, and A. A. N. Redioka, “Penerapan Aplikasi Business Intelligence Pada Manajemen Report Guna Menunjang Pengambilan Keputusan,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 10, no. 2, p. 335, 2021, doi: 10.35889/jutisi.v10i2.671.