PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI SMK

Mochamad Cholik


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.4156

Abstract


Pendidikan di era digital mengalami perkembangan pesat dengan adanya berbagai teknologi inovatif. Salah satunya adalah Quizizz, platform pembelajaran interaktif yang populer di berbagai tingkat pendidikan. Penggunaan Quizizz di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki potensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, penelitian yang komprehensif mengenai efektivitas penggunaan Quizizz di SMK masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan pengetahuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X TKR di SMK Dharma Bahari Surabaya. Kelas eksperimen menggunakan Quizizz, sedangkan kelas kontrol menggunakan kuis berbasis Google Form. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di kedua kelompok. Namun, peningkatan hasil belajar yang paling signifikan terjadi pada kelompok yang menggunakan aplikasi game edukasi Quizizz. Penelitian ini mendukung hipotesis bahwa penggunaan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kompetensi alat ukur mekanik. Hasil ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman kita tentang penggunaan Quizizz sebagai alat pembelajaran di SMK dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Quizizz, Google Form, Sekolah Menengah Kejuruan

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Lulu Salma Fajria, S. Fitria, and T. H. S. A. Ramadani, “Quizizz as Distance Learning Tool: Effects and Students’ Opinion,” JournEEL (Journal English Educ. Lit., vol. 3, no. 2, pp. 60–70, 2021, doi: 10.51836/journeel.v3i2.261.

A. I. Lestari and K. Khairuna, “Developing Quizizz-Based Learning Media on Digestive System Materials,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8450–8457, Jul. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3837.

N. K. Dewi, I. G. . L. Utami, and M. Santosa, “Development of Digital Supplementary Material Using Quizizz-Based Learning Media in Intensive English Course,” JINOTEP (Jurnal Inov. dan Teknol. Pembelajaran) Kaji. dan Ris. Dalam Teknol. Pembelajaran, vol. 9, no. 1, pp. 14–22, Mar. 2022, doi: 10.17977/um031v9i12022p014.

I. B. A. Indrayana, “The Implementation of Learning Media: Quizizz Application in EFL Remote Learning,” J. Pendidik. Bhs. Ingg. undiksha, vol. 10, no. 1, pp. 1–6, Mar. 2022, doi: 10.23887/jpbi.v10i1.44748.

D. S. Sitorus and T. N. B. Santoso, “Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 12, no. 2, pp. 81–88, 2022, doi: 10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.

M. D. Kinanti and F. M. Subagio, “Pengembangan LKPD Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 8, no. 3, pp. 539–548, 2020.

A. Pujiati and F. Patimah, “Evaluasi Pemahaman Konsep Kimia Di Masa Pandemi Dengan Bantuan Quizizz,” in Prosiding Seminar Nasional Sains, 2021, vol. 2, no. 1, pp. 279–282.

M. Ardiansyah, “Efektivitas Penggunaan Platform Quizizz Dalam Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 6, no. 3, pp. 417–423, 2022.

A. Febriansyah, E. Nofrianda, A. Setiawan, and A. Lubis, “Pembelajaran E-Learning Dengan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran,” vol. 7, pp. 3942–3951, 2023.

A. C. Nisa, “Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantu Quizizz,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 9, no. 1, pp. 310–317, Mar. 2023, doi: 10.31949/educatio.v9i1.4459.

A. D. Harris et al., “The Use and Interpretation of Quasi-Experimental Studies in Medical Informatics,” J. Am. Med. Informatics Assoc., vol. 13, no. 1, pp. 16–23, Jan. 2006, doi: 10.1197/jamia.M1749.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, quantitative and mixed approaches (3rd Edition), 3rd ed. Los Angeles: SAGE Publications, Inc., 2009. doi: 10.2307/1523157.

H. Taherdoost, “Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research,” SSRN Electron. J., 2016, doi: 10.2139/ssrn.3205040.

P. Mishra, C. Pandey, U. Singh, A. Gupta, C. Sahu, and A. Keshri, “Descriptive statistics and normality tests for statistical data,” Ann. Card. Anaesth., vol. 22, no. 1, p. 67, 2019, doi: 10.4103/aca.ACA_157_18.

A. Ghasemi and S. Zahediasl, “Normality Tests for Statistical Analysis: A Guide for Non-Statisticians,” Int. J. Endocrinol. Metab., vol. 10, no. 2, pp. 486–489, Dec. 2012, doi: 10.5812/ijem.3505.

L. Yulastri and E. Herawati, “The Relationship of Learning Outcomes of Learning Competence with the Implementation of PKM in Training Schools,” KnE Soc. Sci., vol. 3, no. 12, p. 312, Mar. 2019, doi: 10.18502/kss.v3i12.4097.

U. Cahyana, M. Paristiowati, W. E. Pratiwi, and P. A. Zahari, “Development of mobile game base learning on buffer solution to improve student performance,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, p. 055063, Dec. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/5/055063.

S. R. Ariyanto and S. T. Umaroh, “Flipped Classroom: Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan Di Masa Pandemi Covid-19,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 7, no. 2, pp. 515–521, May 2022, doi: 10.29100/jipi.v7i2.2830.

R. S. Hidayatullah, S. R. Ariyanto, Muhaji, H. Mubarok, and A. Yohannes, “Collaborative Problem-based Learning: An Analysis of Problem-Solving Skills in Vocational Schools,” IJORER Int. J. Recent Educ. Res., vol. 1, no. 3, pp. 209–217, Oct. 2020, doi: 10.46245/ijorer.v1i3.62.

S. Soeryanto, W. Warju, M. Nurtanto, S. R. Ariyanto, and N. Kholifah, “The use of Google Classroom in improving Learning Achievement on Apprenticeship Program in Vocational Schools,” Interciencia J., vol. 46, no. 2, pp. 221–231, 2021.

H. A. Miot, “Avaliação da normalidade dos dados em estudos clínicos e experimentais,” J. Vasc. Bras., vol. 16, no. 2, pp. 88–91, Jun. 2017, doi: 10.1590/1677-5449.041117.

J. L. Gastwirth, Y. R. Gel, and W. Miao, “The Impact of Levene’s Test of Equality of Variances on Statistical Theory and Practice,” Stat. Sci., vol. 24, no. 3, pp. 343–360, Aug. 2009, doi: 10.1214/09-STS301.

E. Ellizar, S. D. Putri, M. Azhar, and H. Hardeli, “Developing a discovery learning module on chemical equilibrium to improve critical thinking skills of senior high school students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1185, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1185/1/012145.

E. Aritia and S. Suyanto, “The Effect of Problem based Learning Model and Concept Map Strategy for Problem Solving and Understanding of the Ecosystem Concept of High School Students,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1233, p. 012005, Jun. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1233/1/012005.

O. Chukwudi, O. Idochi, and I. O. Sylvia, “Effect Of Sample Sizes On The Empirical Power Of Some Tests Of Homogeneity Of Variances,” Int. J. Math. Trends Technol., vol. 65, no. 6, pp. 119–134, 2019, doi: 10.14445/22315373/ijmtt-v65i6p518.

B. B. Frey, “Levene’s Homogeneity of Variance Test,” in The SAGE Encyclopedia of Educational Research, Measurement, and Evaluation, 2455 Teller Road, Thousand Oaks, California 91320: SAGE Publications, Inc., 2018. doi: 10.4135/9781506326139.n392.