PENGEMBANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI STUNTING BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN)

Noliyanti Ria Letuna
Magdalena Ineke Pakereng


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4135

Abstract


Kejadian balita pendek atau biasa disebut dengan stunting merupakan salah satu masalah gizi utama yang dialami oleh balita di dunia saat ini. Pada Kabupaten Timor Tengah Selatan proses perekapan data balita stunting masih dilakukan secara manual. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan keakuratan data yang kurang tepat dalam melakukan pelaporan hasil status gizi, hal ini dapat berpengaruh terhadap keterlambatan proses intervensi dalam menangani permasalahan stunting. Berdasarkan kondisi tersebut maka dikembangkan sebuah Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Stunting untuk membantu dalam melakukan pengarsipan data agar data tidak mudah hilang dan selalu akurat serta mempermudah petugas kesehatan serta sektor terkait dalam proses intervensi monitoring dan evaluasi stunting di Kabupaten Timor Tengah Selatan dalam meningkatkan gizi balita sesuai dengan target yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini diterapkan metode penelitian Waterfall. Metode Waterfall yaitu metode pengembangan suatu sistem informasi yang diterapkan secara terurut dan sekuensial. Penelitian ini dibagi menjadi lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan sistem, perancangan dan desain sistem, pengkodean, pengujian, pendukung (support). Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu, agar dapat mengembangkan aplikasi mobile berbasis android untuk proses monitoring dan evaluasi oleh Dinas Kesehatan dalam melakukan pengarsipan data agar data tidak mudah hilang dan selalu akurat serta mempermudah tenaga kesehatan serta sektor terkait dalam proses intervensi monitoring dan evaluasi stunting di Kabupaten Timor Tengah Selatan dalam meningkatkan gizi balita sesuai dengan target yang telah ditentukan

Keywords


Android; Sistem Informasi; Stunting; Waterfall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Simaremare, Y. P., S, A. P., & Wibowo, R. P. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Manajemen Publikasi Ilmiah Berbasis Online pada Jurnal SISFO. JURNAL TEKNIK POMITS, Vol. 2, No. 3. 2013.

Losong, N. H., & Adriani, M. Perbedaan Kadar Hemoglobin, Asupan Zat Besi, dan Zinc pada Balita Stunting dan Non Stunting. Open access under CC BY - SA license, 117-123. 2017.117-123.

Loya, R. R., & Nuryanto. POLA ASUH PEMBERIAN MAKAN PADA BALITASTUNTING USIA 6 – 12 BULAN DI KABUPATEN SUMBA TENGAH NUSA TENGGARA TIMUR. Journal of Nutrition College, Volume 6, Nomor 1, 2017 Halaman 83-95.

Pusat Data dan Informasi, Kementerian Kesehatan RI. (2018). Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia. Jakarta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. (2018). LAPORAN NASIONAL RISKESDAS. Jakarta; 2018

Badan Pusat Statistik. (2019). LAPORAN PELAKSANAAN INTEGRASI SUSENAS MARET 2019 DAN SSGBI TAHUN 2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik, Jakarta; 2018

Syaroni, W., & Munir, Z. (2020, September-Desember). Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Mendiagnosa dan Memonitoring Kasus Stunting Lebih Dini. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol.9 no.3 , 2020(12) hal. 189 - 196.

Andarwulan, S., Iswati, R. S., Rihardini, T., & Anggraini, D. T. Penerapan Teknologi Deteksi Dini Stunting Sebagai Upaya Peningkatan Status Gizi Anak Di Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Surabaya. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), Vol. 1 No. 3, 2022:04(30):pp. 364-374.

Fahmi, A. Y., Rudiyanto, & Nazmi, A. N. (PENGARUH APLIKASI SIDIMES BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN IBU BALITA TENTANG STUNTING. Jurnal Keperawatan , Volume 12 No 4, 2020 (12) Hal 859 - 868.

Latifah, A., Fitriani, L., & Pratama, T. N. Media Pembelajaran Pencegahan Penyakit Stunting Pada Balita Berbasis Android. Jurnal Algo-ritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol. 17; No. 02, 2020 Hal 386-393.

Pressman, R S. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan. Yogyakarta. 2002

Suryati, I. Y., Rosha, B. C., & Masyarakat, P. U. (2016, Juni). HUBUNGAN STATUS GIZI, GAYA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN KETERLAMBATAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 2-5 TAHUN STUDI KASUS DI KELURAHAN KEBON KALAPA KOTA BOGOR. Jurnal Ekologi Kesehatan, Vol.15 No 1, 2016 (06)56-65.