PENGEMBANGAN UI/UX GAME “SWEET CITY” MENGGUNAKAN METODE UCD DAN UNITY GAME ENGINE

Oliver Vincent Tuah
Magdalena A. Ineke Pakereng


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4117

Abstract


Penelitian yang dilakukan adalah untuk mengembangkan game dari sisi UI/UX pada game edukasi “Sweet City” yang bergenre action-platformer dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD). Tujuan dalam pengembangan UI/UX pada game tersebut adalah untuk membantu user memahami bahaya konsumsi manisan berlebih dan diiringi dengan gameplay yang mudah. Maka untuk menghasilkan desain UI yang baik dan dapat memberikan user experience dari materi pembelajaran yang dikemas dengan menarik maka diputuskan menggunakan User Centered Design sebagai metode penelitian dalam perancangan UI/UX nantinya. Setelah proses desain selesai, komponen game dimasukkan ke dalam Unity Game Engine untuk merealisasikan desain menjadi game sepenuhnya. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan 66.7% dari 12 responden dapat memahami bahaya memakan manisan dengan baik dan 58.3% menyatakan game edukasi tersebut layak digunakan sebagai media edukasi.


Keywords


UCD, Game, Unity

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Kurniawan, A. Y. (2022). Rancangan UI/UX Pada Game Belajar Aksara Lampung Bersama Muli (Studi Kasus : Sekolah Dasar Swadhipa Natar). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 3(3), 266–277. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game as an Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012078

Ng, Y. Y. N., Khong, C. W., & Nathan, R. J. (2018). Evaluating Affective User-Centered Design of Video Games Using Qualitative Methods. Inter-national Journal of Computer Games Technology, 2018. https://doi.org/10.1155/2018/3757083

Jungherr, A., & Schlarb, D. B. (2022). The Extended Reach of Game Engine Companies: How Companies Like Epic Games and Unity Technolo-gies Provide Platforms for Extended Reality Applications and the Metaverse. Social Media and Society, 8(2). https://doi.org/10.1177/20563051221107641

Suparjan, S., Mariyadi, M. (2020). Proses Belajar Mengajar Selama Pandemi Covid-19 Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Kalimantan Barat. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3044

Assya’bani, R., Majdi, M. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Pasca Covid-19 Berdasarkan Pembelajaran Abad 21. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(2). https://doi.org/10.35931/aq.v16i2.903

Kurniawan, A., Bonafix, N., & Hartono, H. (2020). Design UI/UX Mobile Games for Left Hand Dominant People. In Journal of Game, Game Art and Gamification (Vol. 05, Issue 02).

Tasril, V., Zen, M., Fitriani, E. S., & Putra, A. D. (2023). Desain UI/UX Prototipe Pembelajaran Berbasis Game Kosakata Bahasa Inggris Dengan Metode Hcd UI/UX Design Of English Vocabulary Game-Based Learning Prototype Using The HCD Method. Journal of Information Technolo-gy and Computer Science (INTECOMS), 6(1).

Corell-Almuzara, A., López-Belmonte, J., Marín-Marín, J. A., & Moreno-Guerrero, A. J. (2021). Covid-19 in the field of education: State of the art. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 13, Issue 10). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/su13105452

Aleem, S., Capretz, L. F., & Ahmed, F. (2016). Game development software engineering process life cycle: a systematic review. Journal of Soft-ware Engineering Research and Development, 4(1). https://doi.org/10.1186/s40411-016-0032-7

Putra, P., Liriwati, F. Y., Tahrim, T., Syafrudin, S., & Aslan, A. (2020). The Students Learning from Home Experiences during Covid-19 School Closures Policy In Indonesia. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(2), 30–42. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.1019

Wang, A. I., & Wu, B. (2009). An application of a game development framework in higher education. International Journal of Computer Games Technology, 1. https://doi.org/10.1155/2009/693267

Ullah, M., Amin, S. U., Munsif, M., Safaev, U., Khan, H., Khan, S., Ullah, H. (2022). Serious Games in Science Education. A Systematic Literature Review. Virtual Reality and Intelligent Hardware, 4(3). https://doi.org/10.1016/j.vrih.2022.02.001

G. Tao, B. Garrett, T. Taverner, E. Cordingley, and C. Sun, “Immersive virtual reality health games: a narrative review of game design,” Journal of NeuroEngineering and Rehabilitation, vol. 18, no. 1. 2021. doi: 10.1186/s12984-020-00801-3.

S. K. Ghoman et al., “Serious games, a game changer in teaching neonatal resuscitation? A review,” Archives of Disease in Childhood: Fetal and Neonatal Edition, vol. 105, no. 1. 2020. doi: 10.1136/archdischild-2019-317011.