PERANCANGAN ULANG UI/UX PADA APLIKASI OSAGA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Yuhono Indra Pitarto
Nina Setiyawati


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4045

Abstract


Osaga adalah aplikasi ojek online lokal Salatiga yang memberikan banyak kemudahan dan mempunyai banyak kelebihan dibanding ojek lokal lainnya. Akan tetapi, banyak keluhan mengenai kekurangan aplikasi ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan desain ulang pada UI/UX aplikasi osaga untuk memberikan pengalaman terbaik dan dapat bersaing dengan aplikasi kompetitor. Proses pembuatan rancangan menggunakan pendekatan Design Thinking yang terdiri dari beberapa tahap meliputi tahap empathize untuk menemukan masalah dari pengguna lewat wawancara dan ulasan dari google play store. Kemudian tahap define untuk mendefinisikan dan mencari solusi permasalahan. Lalu melakukan brainstorming idea pada tahap ideate setelah itu melakukan proses desain dan membuat prototype aplikasi yang akan digunakan untuk tahap testing. Pada proses pengujian digunakan metode usability testing kepada 10 responden untuk mendapatkan feedback yang akan digunakan sebagai acuan perbaikan kedepannya.

 


Keywords


User Interface, User Experince, Design Thinking, Osaga

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


D. Tresiya, D. Djunaidi, dan H. Subagyo, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KENYAMANAAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA PERUSAHAAN JASA OJEK ONLINE GO-JEK DI KOTA KEDIRI),” JIMEK : Jurnal Ilmi-ah Mahasiswa Ekonomi, vol. 1, no. 2, hlm. 208, Apr 2019, doi: 10.30737/jimek.v1i2.310.

M. Y. Alfiqie, I. Aknuranda, dan N. H. Wardani, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi UBER Menggunakan Pengujian Usability,” 2018. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id

M. Ridwan dan S. Noviyanti, “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO-JEK,” Kinerja, vol. 4, no. 1, hlm. 53–66, Feb 2022, doi: 10.34005/kinerja.v4i1.1698.

F. Z. Ridwan, D. Hardianto, dan Y. G. Sucahyo, “Analisa Usability Untuk Mengetahui User Experience Pada Aplikasi Berbasis Web,” 2008.

A. Naser, J. Seni, R. F. Bahasa, dan D. Seni, “PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL,” 2018.

M. Subhan dan A. Dwi, “Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile,” JEISBI, vol. 02, hlm. 2021.

M. L. Lazuardi dan I. Sukoco, “Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek,” Orga-num: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, vol. 2, no. 1, hlm. 1–11, Jun 2019, doi: 10.35138/organum.v2i1.51.

E. C. Shirvanadi, M. Idris, S. Kom, dan M. Kom, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode De-sign Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).”

BRADLEY PALLISTER, “What Is Design Thinking, and How Does It Help Product Development?,” https://innovolo-group.com/uncategorized-en/what-is-design-thinking-and-how-does-it-help-product-development/, 25 November 2022.

Sashkia Dewi Ali, “Design Thinking,” https://sis.binus.ac.id/, 2017. https://sis.binus.ac.id/2017/12/18/design-thinking-2/ (diakses 28 April 2022).

R. V. Valqui Vidal, “Introduction to Idealized Design: Creating an Organization’s Future,” Eur J Oper Res, vol. 183, no. 1, hlm. 479–481, Nov 2007, doi: 10.1016/j.ejor.2006.11.005.

D. Kelley dan T. Brown, “An introduction to Design Thinking,” Iinstitute of Design at Stanford, hlm. 6, 2018, [Daring]. Tersedia pada: https://dschool-old.stanford.edu/sandbox/groups/designresources/wiki/36873/attachments/74b3d/ModeGuideBOOTCAMP2010L.pdf

Jonathan Livescault, “How to Use Design Thinking to Guide Your Company’s Innovation,” https://www.braineet.com/blog/design-thinking-innovation.

T. Brown dan B. Katz, Change by Design. New York: Harper Collins, 2009.

M. Strickfaden, P. Devlieger, dan A. Heylighen, “ Building Empathy through Dialogue,” Design Connexity: Eighth International Con-ference of the European Academy of Design Conference, vol. 8, hlm. 448–452, 2009.

R. Goonetilleke dan W. Karwowski, Advances in Physical Ergonomics and Human Factors, vol. 489. Cham: Springer International Publishing, 2016. doi: 10.1007/978-3-319-41694-6.

I. A. Tiawan dan L. Afuan, “APLIKASI PENGELOLAAN KERJASAMA PEMBUATAN PROJEK PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA BANYUMAS,” Jurnal Teknik Informatika (Jutif), vol. 1, no. 1, hlm. 13–18, Jul 2020, doi: 10.20884/1.jutif.2020.1.1.10.

Sobat Bersama, “Osaga,” Google Play Store, 2022. https://play.google.com/store/apps/datasafety?id=com.cakramedia.osaga&gl=US (diakses 31 Agustus 2022).

T. Brown dan J. Wyatt, “Design Thinking for Social Innovation,” Development Outreach, vol. 12, no. 1, hlm. 29–43, Jul 2010, doi: 10.1596/1020-797X_12_1_29.

Gavin Ambrose dan Paul Harris, Basics Design 08: Design Thinking, vol. 8. AVA Publishing, 2010.

K. Lee, “Innovative Design Thinking Process with TRIZ,” 2018, hlm. 241–252. doi: 10.1007/978-3-030-02456-7_20.

R. Fahrudin dan R. Ilyasa, “PERANCANGAN APLIKASI ‘NUGAS’ MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING DAN AGILE DEVELOPMENT,” 2021.

C. Eames, “What Is Wireframing?,” Interaction Design Foundation, 2018. https://www.interaction-design.org/literature/topics/wireframing (diakses 28 Maret 2023).

I. 20282-2:2013, “Usability of consumer products and products for public use — Part 2: Summative test method,” https://www.iso.org/, 2013. https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:ts:20282:-2:ed-2:v1:en (diakses 28 April 2022).

E. C. Shirvanadi, M. Idris, S. Kom, dan M. Kom, “Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode De-sign Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” 2021.

Westley Knight, UX for Developers: How to Integrate User-Centered Design Principles Into Your Day-to-Day Development Work., 1 ed. Apress, 2018.

J. Sauro dan J. Lewis, Quantifying the User Experience : Practical Statistics for User Research. Morgan Kaufmann, 2016.

A. Subiyakto, R. Aisy, B. G. Sudarsono, M. Sihotang, D. Setiyadi, dan A. Sani, “Empirical evaluation of user experience using lean product and process development: A public institution case study in Indonesia,” 2021, hlm. 060019. doi: 10.1063/5.0041676.