SISTEM INFORMASI PENJUALAN TAS BERBASIS WEB PADA TOKO TAS UD. A&N COLLECTION TANGGULANGIN DENGAN METODE WATERFALL

Nicky Ibrahim Pamungkas
Ika Ratna Indra Astutik
Mochamad Alfan Rosid


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4039

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin tinggi menyebabkan kebutuhan akan informasi yang cepat tepat dan akurat dalam dunia usaha menjadi sangat dibutuhkan, kebutuhan akan informasi yang cepat, tepat dan akurat dalam dunia usaha menjadi sangat dibutuhkan. penjualan secara langsung kepada konsumen dan membutuhkan sistem penjualan secara online guna mengembangkan usahanya. sebagai media dalam membuat  kerajinan Tas sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Kerajinan tangan bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang yang berlebihan yang kemungkinan bisa diolah menjadi barang-barang yang multi fungsi dan bernilai guna.  masyarakat yang bertempat di toko tas yang terletak pada wilayah Jalan Utama Kedensari RT.10 RW.04 Nggodong, Kedensari Kec Tanggulangin dengan pemilik Erna wati, berinisiatif untuk penjualan secara online guna mengembangkan usahanya. Penulis mengamati proses jual beli yang berlangsung pada Toko Tas yang telah diobservasi., dan ini juga bisa menjadi solusi untuk mempermudah konsumen sehingga memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pembelian baik, lebih menghemat waktu, lebih terjangkau dan masih banyak lagi kelebihan yang dapat diambil dengan berjualan secara online, Permasalahan yang dihadapi adalah minimnya strategi pengembangan usaha.toko A&N masih mengandalkan penjualan secara ofline. sistem pemasaran produk masih manual, masih mengandalkan media komunikasi,interaksi secara langsung  dengan konsumen  dan  masih  berpusat  pada  lokasi tempat  tertentu seperti  datang langsung ke toko. Permasalahan lain yaitu calon pembeli seringkali kesulitan untuk mengakses informasi tentang produk dan informasi tentang harga produk. maka dari itu penulis berinisiatif membuatkan sebuah website toko Tas A&N yang nantinya akan mempermudah pelanggan untuk membeli Tas tampa harus datang ke toko. Sistem Informasi ini di bangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan Bahasa pemrograman MSQL serta framework Laravel dengan menggunakan metode SDLC (Systems development life cycle) yaitu metode yang mengacu pada model dan proses yang digunakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak dan menguraikan proses.

Keywords


Sistem Informasi, Penjualan, Berbasis Web

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. A. Nurdin and D. Djuniadi, “Securing audio chat with cryptool-based twofish algorithm,” J. Soft Comput. Explor., pp. 37–43, 2022, doi: 10.52465/joscex.v3i1.65.

A. Amirullah et al., “Penerapan Perencanaan Strategis SI/TI Dengan Metode Ward & Perppard Pada UMKM Kuliner,” J. Sist. Inf., vol. 14, no. 1, pp. 2599–2610, 2022.

Z. Sun, K. Strang, and S. Firmin, “Business analytics-based enterprise information systems,” J. Comput. Inf. Syst., vol. 57, no. 2, pp. 169–178, 2017, doi: 10.1080/08874417.2016.1183977.

D. Arnott, F. Lizama, and Y. Song, “Patterns of business intelligence systems use in organizations,” Decis. Support Syst., vol. 97, pp. 58–68, 2017, doi: 10.1016/j.dss.2017.03.005.

Y. Duan, G. Cao, and J. S. Edwards, “Understanding the impact of business analytics on innovation,” Eur. J. Oper. Res., vol. 281, no. 3, pp. 673–686, 2020, doi: 10.1016/j.ejor.2018.06.021.

T. H. Davenport, “From analytics to artificial intelligence,” J. Bus. Anal., vol. 1, no. 2, pp. 73–80, 2018, doi: 10.1080/2573234X.2018.1543535.

L. Fink, N. Yogev, and A. Even, “Business intelligence and organizational learning: An empirical investigation of value creation processes,” Inf. Manag., vol. 54, no. 1, pp. 38–56, 2017, doi: 10.1016/j.im.2016.03.009.

H. D. Yulianto and R. Fauzi, “Design of Web-based Online Sales Information System,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 879, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012007.

S. B. Montgomery, T. Lappalainen, M. Gutierrez-Arcelus, and E. T. Dermitzakis, “Rare and common regulatory variation in Population-Scale sequenced human genomes,” PLoS Genet., vol. 7, no. 7, 2011, doi: 10.1371/journal.pgen.1002144.

V. Apriana and S. Fauziah, “Applying Waterfall Method on Sales Information System,” J. Mantik, vol. 5, no. 36, pp. 820–826, 2021.

N. U. Nabilla and S. Hidayat, “Pengembangan Business Intelligence Pada Sistem Informasi Distributor,” Univ. Islam Indones. Yogyakarta, vol. 2, no. 2, pp. 1–5, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/19503.

T. Thesing, C. Feldmann, and M. Burchardt, “Agile versus Waterfall Project Management: Decision model for selecting the appropriate approach to a project,” Procedia Comput. Sci., vol. 181, pp. 746–756, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.01.227.

“https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-teknologi/issue/archive P-ISSN :2580-4308 E-ISSN :2654-8046,” vol. 7, no. 1, pp. 11–20, 2022

E. Damayanti, “Sistem Informasi Penjualan Obat Pertanian Berbasis Web pada Toko BUTANI Blora,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, p. 161, 2019, doi: 10.21580/wjit.2019.1.2.4520.

R. F. Ahmad and N. Hasti, “Sistem Informasi Penjualan Sandal Berbasis Web,” J. Teknol. dan Inf., vol. 8, no. 1, pp. 67–72, 2018, doi: 10.34010/jati.v8i1.911.