EFEKTIVITAS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN G-SUITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Zainal Abidin
Hartono Hartono
Soegita Soegita


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.4034

Abstract


Permasalahan proses pembelajaran di setiap sekolah berbeda-beda sesuai dengan faktor lingkungan belajar didaerah tersebut, pada Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Mojokerto kebanyakan siswanya mempunyai minat yang rendah akan belajar terbukti dengan peningkatan hasil belajar yang masih minim. Setelah dilakukan analisis ternyata guru masih menggunakan media pembelajaran konvensional sehingga siswa merasa enggan belajar karena tidak adanya sesuatu yang dianggap menarik. Didapatkan bahwa hasil belajar siswa kelas 10 pada materi Fisika rata-rata siswa belum memenuhi nilai Kreteria Ketuntasan Minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan G-Suite terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di SMAN 3 Mojokerto. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dan populasi penelitian di SMAN 3 Mojokerto secara random 80 siswa. Hasil analisis diperoleh bahwa nilai F hitung untuk penggunaan media G-Suite dengan media konvensional sebesar 83,02. Pada F tabel didapatkan dF1 = 2, dF2= 5.37 sebesar 6,01, dengan tingkat signifikan 0,001 kurang dari 0,05. Maka didapatkan Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara media G-Suite terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fisika di SMAN 3 Mojokerto.

Keywords


Efektivitas; G-Suite; Hasil Belajar; Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Febyronita, D., & Giyanto. (2016). Survei Tingkat Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Tes Berbentuk Jawaban Singkat (Short Answer Test) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Kelas VII di SMP Negeri 1 Mesuji Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Swarnabhumi, 1(1), 17–21.

Kadji, Y., Ilmu, F., Universitas, S., & Gorontalo, N. (2012). Tentang teori motivasi. 9(1), 1–15.

Syafii, A. (2022). Implementasi Modul Digital Menggunakan Landing Page Desain Robot Bagi Siswa SMK. Jurnal Teknologi Dan Inovasi BBPPMPV BOE, 10, 1.

I Pt. Fira Kumartha, Md. Putra, I. W. S. (2013). Bernuansa Lingkungan Alam Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd Gugus 4 Selemadeg Timur Tabanan. Portal Garuda, 1(1), 1.

Gustiningrum, S. J., Budi, E., & Siswoyo, S. (2019). Pengembangan E-Modul Fisika Phyheart (Physics Heat and Temperature) Berbasis Android Dengan Pendekatan Learning Cycle 5E Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. VIII, SNF2019-PE-299–306. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.37

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.23605

Kolaboratif, K. K., Belajar, M., & Merdeka, K. (2022). J u r n a l penelitian k ebijak an pendidikan. 15, 1–8.

Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1185–1196.

Azizah, M. N. L., Isnaeni, W., & Supardi, K. I. (2020). Hasil Belajar Kognitif Dalam Control Variable Strategy (Cvs) Berbantuan Bahan Ajar Saintifik. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 87. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41560

Sengkey, D. F., Kambey, F. D., Lengkong, S. P., Joshua, S. R., & Kainde, H. V. F. (2020). Pemanfaatan Platform Pemrograman Daring dalam Pembelajaran Probabilitas dan Statistika di Masa Pandemi CoVID-19. Jurnal Informatika, 15(4), 217–224. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/31685

Ruth, Ivonne Oishi, V. (2020). PENTINGNYA BELAJAR MANDIRI BAGI PESERTA DIDIK DI PERGURUAN TINGGI. 4(2), 50–55.

Heryanto. (2018). Model penilaian hasil belajar dan karakter. Jurnal Kajian Penelitan Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 118–128.

Hermuttaqien, B. P. F., Sata, H. R., & Wadu, L. B. (2019). Jurnal Inspirasi Pendidikan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 39–44. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/3011

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Mustaji and Angko. (2013). Pretest Posttest Group . Kwangsan, 1(1), 1–15.

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). Penggunaan Media Google Site Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Akademika, 11(01), 163–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 75. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27906