PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN PRODUK UMKM “BATIK KAMSATUN” BERBASIS ONLINE

Karina Kamza Noormalita
Suprianto Suprianto
Ika Ratna Indra Astutik


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4025

Abstract


Batik tulis adalah salah satu karya seni yang terbuat dari lilin dengan motif tertentu pada kain mori. Batik tulis merupakan batik yang dibuat dengan cara manual menggunakan tangan serta alat bantu yaitu canting. Batik Kamsatun merupakan salah satu produsen batik terkenal yang beralamat di Jl. Diponegoro Jetis II No. 91A, Sidoarjo, Jawa Timur. Batik Kamsatun merupakan umkm yang memiliki fokus produksi pada kain batik. Sistem penjualan yang ada pada batik kamsatun ini masih menggunakan cara manual, sehingga kurangnya perluasan pemasaran dan jangkauan setiap wilayah, dan juga informasi terhadap Batik Kamsatun. Guna mencapai pemasaran dan penjualan produk batik, diperlukan sistem penjualan online berbasis website. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi penjualan produk berbasis online. Dalam pembuatan aplikasi ini, digunakan metode waterfall memungkinkan untuk mengkontrol sistem. Dengan adanya perancangan aplikasi penjualan ini, dapat memudakan masyarakat untuk mencari serta mendapatkan informasi tentang Batik Kamsatun mengenai produk yang ditawarkan tanpa perlu berbelanja ke toko. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi penjualan berbasis online yang diharapkan dapat membantu usaha Batik Kamsatun agar lebih berkembang dan dapat meningkatkan omset penjualan yang berpengaruh terhadap pelanggan serta manajemen administrasi.

Keywords


Application; Batik Kamsatun; Online; UMKM

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Nur A Febriyati, M. Yusuf Arnol, ‘Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Pada Batik Widi Nugraha Ngawi’, JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 3, pp. 153–158, Oktober 2020, doi: 10.33387/jiko.

R. T. Rachmat Destriana, Fatahillah Paweloi, M. Fajri Hidayatullah, and , Wulandari Algadri, ‘Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi E-Bisnis Menggunakan Swot Analisis Pada Usaha Kecil Menengah Berbasis Web E-Commerce’, Proceeding SENDIU, pp. 331–337, 2020.

Titi Marlina, ‘Sistem Informasi Penjualan Kain Batik Berbasis Web (E-Markteplace) Pada UMKM Batik Nagori Gunung Toar’, (JuPer-SaTeK) Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer, vol. 4, No. 1, pp. 1003–1010, Jul. 2021.

Alicia Amaris Trixie, ‘Filosofi Motif Batik Sebagai Identitas Bangsa Indonesia’, folio, vol. 1, Nomor 1, pp. 1–9, Feb. 2020.

Zainal Arifin, Husnul Muasyaroh, Annas Bagus Prasetya, Nurus Samsiyati, ‘Inovasi Penjualan Batik Berbasis Online Di Desa Paseseh Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan’, J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian kepada masyarakat), vol. 4, No. 2, pp. 81–90, Ok-tober 2020.

F. Reza Milady. ‘Perancangan Sistem Pemasaran Produk Berbasis Web pada CV. Niagara Group’

Polancik, G. (2009). Empiricial Research Method Poster. Jakarta.

Syaifan Nafisah. ‘Pengertian Perancangan’ p.2, 2003.

Drs. Hamzuri. 1989. Batik Klasik. Jakarta: Djambatan

Arini, Asti M., & Ambar, B. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Andi Offset. Yogyakarta

Lisbijanto, Herry. (2013). Batik. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Kementerian Perindustrian Rapublik Indonesia. Balai Besar Kerajinan dan Batik. Motif Batik dan Filosofinya.

R. Habibi and Aprilia Raymana. ‘Tutorial dan Penjelasan Aplikasi E - Office Berbasis Web Menggunakan Metode RAD’. Bandung: Krea-tive Industri Nusantara, 2019.

Lilis Indrayani, Feri Awopi, Suriani Zabir, ‘Sistem Informasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) Berbasis Website’, Jurnal DINAMIS, vol. 17, No. 1, pp. 111–116, Jul. 2020.

Sunarti, ‘Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Batik Berbasis E-Commerce’, EVOLUSI - Jurnal Sains dan Manajemen, vol. III, pp. 73–79, Mar. 2015.