Otomasi Perpustakaan Berbasis Web Menggunakan Inlislite Pada Sma Negeri 1 Lawang Kidul

Rani Tri Kurniasih
Maria Ulfa
Ilman Zuhri Yadi
M. Soekarno Putra


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4015

Abstract


Perkembangan teknologi digital semakin pesat dan semakin maju,teknologi ini kalau kita tidak bisa memanfaatkan nya dengan baik atau kita mengabaikan teknologi itu sangat disayangkan kenapa karna teknologi sangat berguna untuk mempermudah dan membantu kegiatan sehari-hari. Dimana perpustakaan sekolah sma negeri 1 lawang kidul belum menerapkan sistem manajemen pelayanan untuk mendukung operasional perpustakaan. hal tersebut menyebabkan lambatnya dalam pencarian data. Untuk memenuhi pelayanan yang baik dan efisien terhadap para pengguna perpustakaan, perpustakaan memerlukan suatu sistem informasi yang dapat membantu pengguna perpustakaan dalam mencari informasi atau referensi tentang data-data buku yang diperlukan. Otomasi perpustakaan ini dibangun menggunakan bahasa pemprograman php dengan bahasa pemrograman mysql serta inlistlite dengan menggunakan metode protytipe yaitu metode yang mengacu pada model dan proses yang digunakan untuk mengembangkan sistem perangkat lunak dan menguraikan proses. Manfaat dari penelitian ini adalah agar terciptanya perpustakaan yang selalu mengikuti teknologi, membantu pengelola perpustakaan Sma Negeri 1 Lawang Kidul agar pengelolaan data menjadi lebih efisien dan mudah dan dapat meminalisir resiko lain seperti kehilangan data.

Kata kunci : otomasi perpustakaan,inlislite,web


Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


A. Rahmi and N. Najamudin, “Efektivitas Penerapan Sistem Aplikasi INLISLITE (Integrated Library System) Pada Kegiatan Penginputan Data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Barat,” JSPG, vol. 4, no. 2, pp. 128–141, Dec. 2022, doi: 10.24076/jspg.v4i2.931.

A. Sulistyanto and A. Z. Sianipar, “IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN TERINTEGRASI MENGGUNAKAN INLISLITE VERSI 3 PADA PERPUSTAKAAN STMIK JAYAKARTA,” vol. 3, 2019.

N. Nurdin, A. Haris, and M. Mohammad, “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB (STUDI PADA STMIK BINA MULIA PALU),” 2019.

V. Sahfitri, “Prototype E-Katalog Dan Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile,” SISFOKOM, vol. 8, no. 2, pp. 165–171, Aug. 2019, doi: 10.32736/sisfokom.v8i2.665.

A. Setiawan, M. R. D. Ananda, R. Alvario, T. N. Hidayah, and J. Riyanto, “Pengujian Sistem Informasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web Di SMAN 1 Gunung Sindur Dengan White Box Testing,” vol. 2, no. 1, 2022.

E. M. Khoiriyah and M. S. Haq, “IMPLEMENTASI SISTEM OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS LARIS (LIBRARY AUTOMATION RETRIEVAL INFORMATION SYSTEM),” 2020.

A. Amiruddin, “Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mencapai Gelar Sarjana Ilmu Perpustakaan (S.IP.) Jurusan Ilmu Per-pustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Alauddin Makassar”.

R. Sudradjat, “PEMANFAATAN APLIKASI OTOMASI PERPUSTAKAAN INLISLITE PADA PERPUSTAKAAN UMUM PROVINSI DAN KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI JAMBI: PEMANFAATAN APLIKASI OTOMASI PERPUSTAKAAN INLISLITE PADA PERPUSTAKAAN UMUM PROVINSI DAN KABUPATEN / KOTA DI PROVINSI JAMBI,” newkiki, vol. 3, no. 2, pp. 489–504, Jan. 2020, doi: 10.37250/newkiki.v3i2.50.

M. Ridwan, “LAPORAN KERJA PRAKTEK PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN (DISPERSIP) BENGKALIS PENERAPAN SISTEM INFORAMASI INLISLITE DI DINAS PERPUSTAKAAN KABUPATEN BENGKALIS”.

Y. Rahmanto, D. Alita, A. D. Putra, P. Permata, and S. Suaidah, “PENERAPAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB PADA SMK NURUL HUDA PRINGSEWU,” JSSTCS, vol. 3, no. 2, p. 151, Sep. 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i2.2009.