PERANCANGAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI OLEH-OLEH KHAS KOTA PAGARALAM

Ela Nurlailah
Kiki Rizky Nova Wardani


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i4.4006

Abstract


Website merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memberikan informasi dan mempromosikan suatu produk dapat dikenal dan diketaui oleh masyrakat luas. Kota Pagaralam selain terkenal dengan keindahan alamnya, kota ini juga memeliki berbagai macam oleh-oleh khas, namun masih banyak wisatawan yang kurang mengetahui bagaimana cara mendapatkan oleh-oleh khas kota Pagaralam tersebut. Maka dari itu pemanfaatan teknologi dalam bentuk website dirasa dapat menjadi salah satu wadah untuk mendapatkan informasi mengenai lokasi dan jenis oleh-oleh apa saja yang ada di kota Pagaralam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membantu wisatawan memperoleh informasi mengenail oleh-oleh serta membantu penjual dalam memperkenalkan atau mempromosikan oleh-oleh khas kota Pagaralam serta dapat meningkatkan pendapatan perkonomian kota Pagaralam. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode extreme programming yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya, planning, design, coding dan testing. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi wisatawan mendapatkan informasi oleh-oleh dan memudahkan pejual dalam mempromosikan produknya. Hasil pengujian yang didapatkan dari hasil penelitian ini ialah Perancangan website sebagai media informasi dan promosi oleh-oleh khas Kota Pagaralam yaitu adanya aktor yang menjalankan sistem sebanyak 2 aktor yang berhak mengakses sistem yaitu Admin dan Pengunjung. Setiap aktor memiliki hak akses masing-masing setiap hak akses dibuat dengan disesuaikan kebutuhan pengelola sistem.

Keywords


website; promosi; oleh-oleh

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


H. S. Penda, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.

D. Ericson Manalu and D. Budi Kusuma, “Perancangan Prototype Visual Pada Bagian Desain Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pada Pt. Sulindafin,” pp. 37–42, 2017.

V. M. M. Siregar, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk,” TAM (Technology Accept. Model., vol. 9, no. 1, pp. 15–21, 2018.

Supriyanta and K. Nisa, “Perancangan Website Desa Wisata Karangrejo Sebagai Media Informasi dan Promosi,” Bianglala Inform., vol. 3, no. 1, pp. 35–40, 2015.

S. Adi and C. Irmawati, “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen,” IKRA-ITH Inform., vol. 3, no. 1, pp. 106–113, 2015.

N. Rini, “Desain Algorithma Operasi Perkalian Matriks Menggunakan Metode Flowchart,” J. Tek. Komput. Amik Bsi, vol. 1, no. 1, pp. 144–151, 2018.

E. Z. Henry Februariyanti, “Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik,” J. Teknol. Inf. Din., vol. 17, no. 2, pp. 124–132, 2012.

J. Winanjar and D. Susanti, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DESABERBASIS WEB MENGGUNAKANPHP DAN MySQL,” ProsidingSeminar Nas. Apl. Sains Teknol., pp. 3–3, 2021.

M. Abdurahman, “Sistem Informasi Data Pegawai Berbasis Web Pada Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kota Ternate,” vol. 1, no. 2, pp. 70–78, 2018.

W. Apriati and U. Maliha, “Sistem Informasi Kepadatan Penduduk Kelurahan Atau Desa Studi Kasus Pada Kecamatan Bati-Bati,” vol. 2, no. 2013, pp. 21–28, 2016.