IMPLEMENTASI CLOTH SIMULATION PADA KARAKTER KERAJAAN CERITA RAKYAT

Rafi Kurnia Rachbini
M. Suyanto
Agus Purwanto


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.3970

Abstract


Animasi saat ini menjadi tren dalam penyajian baik informasi, fiksi maupun cerita rakyat. Animasi juga dapat memvisualkan sejarah yang sudah ada sehingga penonton dapat mempunyai persepsi sama dengan narasumbernya. Salah satu yang membuat cerita pada animasi hidup adalah simulasi kain. Simulasi Kain merupakan tahapan proses yang sering digunakan dalam produksi animasi 3D. Simulasi kain merupakan langkah penting dalam pembuatan film animasi 3D. Saat ini banyak animasi yang belum menggunakan simulasi Cloth sehingga animasi yang disajikan dengan pakaian atau aksesoris hanya terlihat menempel saja tanpa bergerak sesauai dengan karakternya dan lingkungan sekitar seperti angin atau udara, dan cuaca lainnya. Saat ini beberapa animator menggunakan script untuk membantu proses simulasi kain, namun simulasi yang diterapkan di divisi simulasi kain masih menghadapi beberapa tantangan produksi jika dibandingkan dengan proses simulasi manual. Pentingnya simulasi cloth ini akan membuat animasi lebih realistis pada real time animasi berjalan sehingga visual yang disajikan lebih baik untuk masing-masing gerakan karakter sesuai dengan yang diinginkan.

Keywords


Simulasi; Kain; 3D; Animasi; Karakter

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


H. S. Suratinoyo, H. Wowor, J. Robot, and S. Karouw, “Cerita Rakyat Daerah Minahasa : Implementasi Short Film Animasi 3D,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 2, 2013, doi: 10.35793/jti.2.2.2013.2709.

D. Julianto, F. Yasin, and M. Sulistiyono, “Penerapan Simulasi Kain (Cloth) Pada Karakter Visual 3D Animasi,” Semnasteknomedia …, pp. 13–18, 2017, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1675%0Ahttp://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/viewFile/1675/1981

H. Bertiche, M. Madadi, and S. Escalera, “CLOTH3D: Clothed 3D Humans,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 12365 LNCS, pp. 344–359, 2020, doi: 10.1007/978-3-030-58565-5_21.

A. Y. Safagi, K. Kusrini, and H. Al Fatta, “Analisis dan Pengembangan Pipeline Cloth Simulation Pada Produksi Animasi 3D di MSV Studio,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 7, no. 2, p. 107, 2021, doi: 10.24076/citec.2020v7i2.255.

D. Zhang, Y. Liu, J. Wang, and J. Li, “An integrated method of 3D garment design,” J. Text. Inst., vol. 109, no. 12, pp. 1595–1605, 2018, doi: 10.1080/00405000.2018.1436638.

A. Lepito, “Where animation and science meet,” Integr. Comp. Biol., vol. 58, no. 6, pp. 1279–1282, 2018, doi: 10.1093/icb/icy074.

N. Nagaraj, “Implementation of Cloth Simulation that can be Used in Games and Animation by Master of Science in Computer Science University of Dublin , Trinity College,” no. September, 2016.

L. Jiang, J. Ye, L. Sun, and J. Li, “Transferring and fitting fixed-sized garments onto bodies of various dimensions and postures,” CAD Comput. Aided Des., vol. 106, pp. 30–42, 2019, doi: 10.1016/j.cad.2018.08.002.

M. Tang, H. Wang, L. Tang, R. Tong, and D. Manocha, “CAMA: Contact-aware matrix assembly with unified collision handling for GPU-based cloth simulation,” Comput. Graph. Forum, vol. 35, no. 2, pp. 511–521, 2016, doi: 10.1111/cgf.12851.

E. Theses, “Office of Graduate Studies CLOTH - MODELING , DEFORMATION , AND SIMULATION,” 2016.

Y. Jiang, R. Guo, F. Ma, and J. Shi, “Cloth simulation for Chinese traditional costumes,” Multimed. Tools Appl., vol. 78, no. 4, pp. 5025–5050, 2019, doi: 10.1007/s11042-018-5983-8.

E. K. Hadi, “Perancangan Animasi 3D ‘Remember’ dengan Metode Pose to Pose,” Nuansa Inform., vol. 15, no. 2, pp. 14–20, 2021, doi: 10.25134/nuansa.v15i2.4260.

J. T. Elektro, U. Sam, R. Manado, and J. K. Bahu, “Interactive 3D Animation Design Of Manado City Clothes Introduction,” vol. 17, no. 2, 2022.