IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI VIRTUAL GUIDE MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING

Alam Patria Utama
Siti Khomsah
Ummi Athiyah


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.3832

Abstract


Perkembangan teknologi informasi sangat siginfikan antara lain dibidang Augmented Reality (AR). Teknologi Augmented Reality telah berkembang akhir-akhir ini dan telah diterapkan di berbagai bidang seperti e-commerce, pemasaran, hiburan dan pariwisata. Teknologi AR memiliki potensi besar sebagai sarana pendidikan pariwisata untuk memberikan hal-hal baru kepada masyarakat. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan informasi yang interaktif menggunakan teknologi AR. Manfaat dari aplikasi ini adalah memberikan alternatif lain sebagai pengganti atau pelengkap pemandu tour yang lebih efektif dan menarik. Aplikasi ini menggunakan metode marker-based tracking, metode ini akan memunculkan objek Animasi 2D, 3D, video, audio, ataupun teks. Aplikasi   dengan cara scan dari kamera yang kemudian akan muncul dalam layar smartphone melalui pengenalan sebuah penanda. Pengembangan perangkat lunak ini menggunakan metode Waterfall, dimana pembuatan perangkat lunak dilakukan dengan cara berurutan dimulai dari Analisa, desain, penerapan dan pengujian. Hasil dari penelitian mengenai pembuatan aplikasi augmented reality sebagai media edukasi Candi Arjuna yaitu Aplikasi berjalan dengan baik minimal pada android 6 sampai dengan android 11. Serta intensitas Cahaya 20 lx – 500 lx dengan sudut 30 – 90 dengan jarak marker 30 cm – 90 cm adalah komposisi yang baik untuk menampilkan objek. Untuk pengujian fungsionalitas Black-Box menunjukan seluruh tombol antar muka berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Keywords


Pariwisata; Augmented reality; marker-based tracking; model Waterfall

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


Syamsuwardin, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Untuk Me-dia Promosi Objek Wisata Kabupaten Aceh Singkil Berbasis Android,” vol. 1, no. 3, pp. 99–106, 2020.

M. P. Taufiq Rohman, S.Pd.I, “Analisis Perbandingan,” Psikol. Perkemb., no. October 2013, pp. 1–224, 2019.

S. H. Al Ikhsan, S. Kom, and M. Kom, “Implementasi Augmented Reality Labs Tour Prodi TI dengan metode Marker Based Tracking berbasis Android,” Inova-Tif, vol. 1, no. 1, 2018.

A. N. ANDRIYANA, “Pengenalan Rambu Lalu Lintas Kepada Anak-Anak Berbasis Augmented Reality,” In-form. Jur. Komunikasi, Fak., 2017.

Alifah, Rida, Dyah Ayu Megawaty, and Muhammad Najib Dwi Satria. "Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Koleksi Kain Tapis (Study Kasus: Uptd Museum Negeri Provinsi Lampung)." Jurnal Teknologi dan Sistem In-formasi 2.2 (2021): 1-7.

P. Haryani and J. Triyono, “Augmented Reality (Ar) Sebagai Teknologi Interaktif Dalam Pengenalan Benda Cagar Budaya Kepada Masyarakat,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 807, 2017.

Supandi, Fandli, and Mat Sudir. "Analisis Resiko Pada Pengembangan Perangkat Lunak Yang Menggunakan Metode Waterfall dan Proto-typing." Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika. Vol. 2. No. 1. 2019.

M. A. Anshari, F. L. Samuel, and L. O. Gantatama, “NDALEM GONDOSULI : Aplikasi Pengenalan Kain Batik Berbasis Augmented Reali-ty NDALEM GONDOSULI : Application for Introduction of Augmented Reality Based Batik Cloth,” vol. 6, no. 2, pp. 4151–4160, 2020.

S. Bintarto, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Beberapa Bagian Candi Borobudur Berbasis Augmented Reali-ty,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 2, p. 8, 2017.

M. A. Barkah, “Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Can-di–Candi Di Malang Raya Berbasis Mobile Android (Doctoral dissertation. Universitas Kanjuruhan Malang.,” pp. 1–6, 2018.

B. C. Nugraha and B. Nurhadiyono, “Komparasi Marker Based Augmented Reality dan Markerless Augmented Reality Sebagai Media Periklanan Berbasis Website Dengan Menggunakan FLARToolkit,” J. Tek. Inform., pp. 1–4, 2014.

V. Yesmaya, J. D. T, K. Aspurua, and I. Prasetyo, “Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Menggunakan Aug-mented Reality Berbasis An-droid,” J. Telemat., vol. 13, no. 1, pp. 27–32, 2019.